-->

iklan banner

Kenapa Pokok Tomat Layu? Inilah Penyebab Dan Cara Merawatnya


Tomat yaitu salah satu tumbuhan yang bermanfaat bagi insan dan mempunyai peranan penting sebagai penyedap rasa makanan. Menanam tomat menjadi sebuah hal yang tidak gampang untuk dilakukan, lantaran tumbuhan tomat sangat gampang terjangkit penyakit atau hama.





Buah tomat termasuk dalam sayuran musiman dan tomat menjadi tumbuhan yang mempunyai fungsi yang sangat banyak mirip untuk menambah varian rasa makanan, dijadikan sebuah jus, dijadikan masakan penyegar verbal dan banyak sekali kegunaan buah tomat lainnya.





Buah tomat yang matang mempunyai rasa yang sangat bagus dan menciptakan tubuh menjadi sehat. Berikut ini yaitu penyebab pokok tomat layu:





1. Layu Fusarium





Tanaman tomat yang tiba-tba layu sanggup disebabkan oleh layu fusarium dan kondisi ini seringkali menciptakan tumbuhan menjadi mati. Salah satu penyebab layu fusarium yaitu adanya patogen Fusarium oxysporum dan patogen ini akan menyerang akar tumbuhan tomat.





Layu fusarium akan menyerang seluruh bagiantanaman dan akan menciptakan tumbuhan menjadi sulit untuk berkembang. Adajenis pupuk buatan yang memakai materi kimia dan pupuk mempunyai peranan yang penting buat tanaman.





2. Bercak Daun





Bercak Daun yaitu salah satu penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh cendawan Cercospora capsici dan kondisi ini akan menciptakan daun tomat layu serta timbul bintik-bintik bulat. Bercak daun mempunyai warna hitam yang kecoklatan dan kondisi daun usang kelamaan akan menguning sampai rontok.





Penggunaan pupuk menjadi salah satu cara menyuburkan tanah pertanian dan dengan kondisi tanah yang baik, akan menciptakan tumbuhan tumbuh dengan subur. Dengan pupuk proses pertumbuhan tumbuhan tomat menjadi lebih cepat dan tomat akan berpengaruh terhadap banyak sekali kondisi cuaca.





3. Layu Bakteri





Layu Bakteri yaitu salah satu penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh serangan basil dan penyakit ini akan menciptakan pucuk tumbuhan menjadi layu atau renta menguning. Ketika batang pohon tomat dipotong, maka akan keluar sebuah cairan yang ibarat lendir dan kondisi ini seringkali terjadi pada dataran rendah, dikala animo hujan.





Layu basil akan menciptakan kondisi daun menjadi tidak segar dan usang kelamaan cenderung akan mati. Ada banyak jenis pupuk untuk mempercepat pertumbuhan akar dan penggunaan pupuk seringkali menawarkan dampak positip bagi perkembangan tumbuhan tomat.





4. Tomato Yellow Leaf Curl Virus





Tomato Yellow Leaf Curl Virus yaitu salah satu virus yang seringkali menyerang tumbuhan tomat dan virus ini seringkali terlihat dari daun tomat yang bewarna kuning keriting. Tomat yang terjangkit virus ini akan mempunyai tanda-tanda daun muda yang mengkerut atau keriting dan warnanya akan semakin menguning.





Penyebab utama hadirnya virus ini pada tumbuhan tomat yaitu adanya kutu kebul dan kondisi ini sanggup diatasi dengan memakai pupuk. Pupuk menjadi salah satu cara menyuburkan tanah pertanian dan dengan penggunaan pupuk yang baik, virus akan cepat pergi menjauh dari tanaman.





5. Busuk Buah





BUat tomat mempunyai rasa yang sangat nikmat dan buah tomat juga mempunyai banyak sekali manfaat. Busuk pada buah tomat seringkali terjadi dan menciptakan kondisi tumbuhan menjadi cepat mati.





Busuk buah timbul jawaban adanya cendawan Thanatephorus cucumeris dan tanda-tanda ini terlihat dengan banyak sekali ciri mirip bercak kecil bewarna coklat serta kondisi ini akan usang kelamaan membusuk. Ada banyak alasan kenapa tumbuhan layu kalau kekurangan air dan kondisi ini sangat merugikan bagi tumbuhan tomat.





Demikian ulasan lengkap mengenai kenapa pokok tomat layu dan supaya artikel ini sanggup bermanfaat bagi para pembacanya.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenapa Pokok Tomat Layu? Inilah Penyebab Dan Cara Merawatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel