Mengenal Fungsi Tab Sajian Excel 2007 (Layout Dan Formulas)
Tulisan ini merupakan lanjutan Mengenal fugsi Tab Menu Excel, Home dan Insert. Dimana pada bab ini, ada 2 tab sajian yang sering dipakai dalam pengolahan memakai aplikasi pengolah angka excel, ialah tab sajian page layout dan tab sajian formulas.
3. Tab Menu Page Layout
Untuk mengaktifkan sajian ini, Anda sanggup pribadi mengklik sajian page layout atau menekan secara bersamaan di keyboard komputer Alt + P, dan akan tampil halaman ibarat di bawah ini:
Pada gambar di atas, terdapat 5 toolgroup yang ada pada sajian page layout excel, yaitu: Themes, page setup, scale to fit, sheet options dan arrage..
Untuk detail setiap bagian, berikut ulasannya..
a. Themes
Themes dipakai untuk mengubah desain dokumen secara keseluruhan, seperti: jenis huruf, warna, dan lain sebagainya. Ada 4 simbol sajian yang terdapat dalam Themes, diantaranya:
1) Themes, berfungsi untuk pengaturan desain workbook
2) Colors, berfunsi untuk pengaturan warna pada tema
3) Fonts, berfungsi untuk pengaturan abjad pada tema
4) Effets, berfungsi untuk pengaturan dampak pada tema
Artikel lain: cara memakai rumus VLOOKUP dan HLOOKUP MS. Excel 2007
b. Page Setup
Page Setup merupakan bab page layout yang dipakai untuk mengatur ukuran serta batas dari workbook dan worksheet. Ada 7 Simbol sajian yang terdapat pada page setup, yaitu:
1) Margins, berfungsi untuk mengatur batas kiri, kanan, atas dan bawah suatu worksheet (lembar kerja excel)
2) Orientation, berfungsi untuk mengatur orientasi kertas untuk mencetak. Ada 2 orientasi yang digunakan, ialah landscape (horizontal) dan portrait (vertikal).
3) Size, berfungsi untuk menentukan ukuran kertas untuk mencetak. Contoh ukuran yang paling sering dipakai dalam pengetikan: letter/kuarto, legal, dan A4.
4) Print Area, berfungsi untuk menentukan area tertentu untuk dicetak.
5)Breaks, berfungsi untuk menciptakan tampilan kolom ibarat di jurnal
6) Background, berfungsi untuk menentukan gambar sebagai background di worksheet
7) Print titles, berfungsi mengatur baris atau kolom dicetak pada setiap halaman
c. Scale to fit
Scale to fit, dipakai untuk mengatur opsi pencetakan workbook. Ada 3 sajian yang terdapat pada scale to fit, yaitu:
1) width, berfungsi untuk mengatur lebar halaman sebelum dicetak
2) Height, berfungsi untuk mengatur tinggi halaman sebelum dicetak
3) Scale, berfungsi untuk mengatur persentase tampilan halaman
d. Sheet Options
Sheet options, dipakai untuk mengatur properti yang ada pada sheet ibarat grid dan headings (nama kolom).
e. Arrange
Untuk mengatur tampilan objek yang ada pada sebuah worksheet, Anda sanggup memakai Arrange, dimana ada 6 sajian yang terdapat dalam arrange, yaitu:
1) Bring to font, berfungsi untuk meletakkan objek gambar di atas atau depan objek lain
2) Send to back, berfungsi untuk meletakkan objek gambar di belakang atau bawah objek lain
3) Selection pane, berfungsi untuk membantu menentukan suatu objek, dengan menampilkan dafar semua objek yang ada dalam suatu sheet
4) Align, berfungsi untuk mengatur perataan beberapa gambar dari beberapa objek
5) Group, berfungsi untuk mengelompokkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan
6) Rotate, berfungsi untuk memutar objek yang dipilih.
Baca juga: Pengaturan Microsoft Word Dalam Pembuatan Tulisan (Makalah, Skripsi, Jurnal)
4. Tab Menu Formulas
Untuk mengaktifkan sajian formulas, Anda cukup mengklik sajian formulas atau menekan secara bersamaan di keyboard komputer Alt + M, akan tampil halaman ibarat berikut ini:
Ada 4 grup yang dipakai untuk melaksanakan pengolahan data mengunakan tab sajian formula ini, yaitu:
a. Function Library
Function Library berisikan banyak sekali kelompok fungsi yang ada pada excel. Setiap fungsi dikelompokkn ke dalam satu kelompok dengan fungsi yang sama. Ada 10 sajian di dalam fungsi ini, diantaranya:
1) Insert function, berfungsi untuk menyisipkan fungsi dan rumus
2) AutoSum, berfungsi untuk menampilkan hasil penjumlahan secara otomatis
3) Recently, berfungsi untuk menampilkan rumus terakhir yang digunakan.
4) Financial, berfungsi untuk pengolahan data keuangan
5) Logical, berfungsi untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan-pilihan logika
6) Text, berfunsi utuk pengolahan data numerik
7) Date and Time, berfungsi untuk pengolahan data tanggal dan waktu
8) Lookup and Reference, berfungsi untuk pengolahan data dengan fungsi-fungsi khusus maupuan rujukan dalam suatu tabel
9) Math and Trig, berfungsi untuk pengolahan data matematika dan trigonometri
10) More Function, berfungsi untuk menampilkan kelompok-kelompok fungsi yang lain
b. Named cells
Untuk mengatur penamaan ibarat range, anda sanggup mengunakan named cells. Ada 4 sajian yang terdapat pada named cells ini, yaitu:
1) Name manager, berfungsi untuk membuat, mengedit, menghapus, dan mencari semua isi sel yang diberi nama dalam suatu workbook
2) Define name, berfungsi untuk pengaturan pembuatan nama workbook
3) Use in formula, berfungsi untuk menamai suatu cell menentukan nama yang akan dipakai workbook dan menyisipkan dalam rumus
4) create from selection, berfungsi untuk menamai secara otomatis cell atau range yang ketika itu sedang dipilih.
c. Formula Auditing
Formula auditing, dipakai untuk melaksanakan pelacakan terhadap kesalahan fungsi dan rumus yang digunakan. Ada 5 sajian yang terdapat dalam formula auditing ini, yaitu:
1) Trace precedents, berfungsi untuk menampilkan tanda panah pada cell yang melaksanakan rujukan ke cell lain
2) Trace dependents, berfungsi untuk menampikan tanda panah pada cell yang dipakai sebagai rujukan oleh cell lain
3) Remove arrows, berfungsi untuk menghapus tanda panah yang ditampilakn oleh kedua tombol tersebut.
4) Show formulas, berfungsi untuk menampilkan formula pada seluruh cell suatu worksheet
5) error checking, berfungsi untuk mengecek kesalahan ketika memasukkan nilai-nilai argumen.
d. Calculation
Anda sanggup memakai sajian calculation, untuk melaksanakan pengaturan perhitungan rumus atau fungsi yang anda gunakan pada sel. Berisi akomodasi untuk menentukan metode kalkulasi yang dilakukan oleh Excel dengan pilihan kalkulasi secara otomatis, tetapi tanpa menghitung ulang isi tabel, atau dilakukan secara manual.
Selain itu, terdapat akomodasi untuk mengulang kembali perhitungan yang biasa dilakukan. Caranya dengan menekan tombol F9 maupun mengakulasi pada isi sheet aktif saja memakai perintah shift + f9 pada keyboard komputer/laptop yang Anda gunakan.
Lanjut ke bab ketiga: mengenal tab sajian data excel 2007 dan fungsinya
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Mengenal Fungsi Tab Sajian Excel 2007 (Layout Dan Formulas)"
Posting Komentar