-->

iklan banner

√ Pengertian Dari Ip Address (Internet Protocol) Dan Fungsi-Fungsinya

Pengertian IP Address dan Fungsi IP Address – Bagi teman-teman yang sudah terlalu jauh berkecimpung dalam dunia jaringan komputer tentu sudah mengetahui atau pernah mendengar dari kata IP Address.


Tetapi bagi sobat lainnya yang masih awal memasuki dunia jaringan niscaya akan mencari-cari terkait apa itu IP, dan bagaimana cara kerja dan fungsinya, serta apa sih arti dari IP itu sendiri? yaa mungkin itu semua yang sedang kau pertanyakan dalam dirimu.

Baca Juga : Pengertian VPN Beserta Fungsinya


Nah terkait hal ini, feri tekno ingin sekali membuatkan gosip yang tengah kau cari tersebut, dan disini kami akan mengulasnya mulai dari pengertian dan fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya.


Untuk itu silahkan kau pahami terlebih dahulu mulai dari pengertian gres fungsinya, berikut ulasannya.



Pengertian dan Fungsi IP Address



Baca Juga : Perbedaan Notebook dan Netbook


Pengertian IP Address dan Fungsi IP Address  √ Pengertian dari IP Address (Internet Protocol) dan Fungsi-fungsinya


Pengertian IP Address


IP Address ini kependekan dari Internet Protocol Address, yang artinya ialah nomor unik yang berbentuk formasi bilangan binner yang dimana dipakai sebagai mengidentifikasi setiap host dalam sebuah jaringan berbasis TCP/IP.


Karena ip address ini merupakan berisfat bilangan unik, maka tidak ada yang bisa menduplikat atau mempunyai dua host yang sama dalam sebuah jaringan. Dan ia terbagi menjadi dua versi, yang pertama yaitu IP Address versi 4 (IPv4) dan mempunyai panjang 32 bit, dan yang kedua versi 6 (IPv6) dan mempunyai panjang 64 bit.

Baca Juga : Arti Bunyi Beep Pada Komputer


Kalau untuk ip address versi 4 ia dibagi bermacam-macam kelas yakni kelas A, B, C, D dan E yang dimana fungsinya masing-masing berbeda. Pada kelas A, B dan C merupakan alamat unicast yang mempunyai abjad pengiriman data satu persatu.


Sementara untuk kelas D, ia mempunyai alamat multicast dengan abjad pengirimannya satu untuk beberapa, dan untuk kelas E dipakai sebagai alat eksperimen atau percobaan.

Baca Juga : Cara Membagi Partisi Harddisk Local Disk C


Di lain tempat, ipv4 ini mempunyai kemampuan untuk 4 miliar host saja, dan dalam jumlah yang segitu tentu tidak sanggup menampung beberapa host diseluruh Dunia. Nah disitulah ipv6 dibangun untuk menjaga-jaga kalau ipv4 sudah tidak besar lengan berkuasa untuk menampungnya, alasannya ipv6 ini tidak mempunyai kelas menyerupai ipv4 yang mempunyai kelas-kelas tertentu. (Baca Juga : Pengertian Wireless dan Fungsinya)


Nah dari ulasan diatas merupakan pengertiannya, kalau kau sudah memahaminya silahkan kita lanjut untuk membahas dari fungsi-fungsi yang terdapat didalamnya, berikut ulasannya.


Fungsi IP Address



1. Sebagai Identitas Host dalam Jaringan


Fungsi utamanya ialah sebagai identitas atau alat untuk pengenalan, teladan sederhananya sebagai alamat rumah dalam wilayah kampung atau desa, dengan begitu maka orang akan gampang untuk mengirim sesuatu data supaya cepat prosesnya hingga tujuan tanpa kendala sama sekali.


2. Mengidentifikasi Skala Jaringan yang Dipakai


Menggunakan alamat ip bukanlah hal yang sepele atau sembarangan, hal tersebut dipakai sebagai memaksimalkan performa jaringan. Dengan begitu teman-teman dengan mudahnya  mengetahui skala jaringan yang tergolong kecil atau tergolong besar.


3. Mengetahui Host yang Terhubung di Jaringan


Fungsi ketiga dari ip ialah mengetahui keberadaan suatu perangkat atau melacak komputer yang sudah terhubung dalam jaringan, jadi teman-teman bisa memantau jumlah host yang terhubung dalam jaringan yang kau kelola.


4. Sebagai Jejak Pengguna Internet


Banyak sekali cyber crime atau penjahat dalam dunia internet menjadi perhatian khusus bagi pengelola jaringan, dengan begitu kita bisa mengetahui lokasi mereka berada dimana walaupun mereka memakai ip luar negeri tetap akan terdeteksi oleh tim andal dari Indonesia, jadi jangan coba-coba untuk melaksanakan tindakan yang kurang baik. Karena orang terpelajar niscaya ada lagi lebih terpelajar darinya, dan adalagi lebih cerdas darinya.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Pemrograman di HP


Mungkin itu saja pengertian dari ip address dan fungsinya, supaya dengan ulasan diatas bisa bermanfaat untuk teman-teman. Jika suka dengan situs ini, teman-teman juga boleh bantu kami share ke media umum kalian, supaya situs ini kedepannya akan lebih baik berkat derma teman-teman yang baik hati terhadap situs Feri Tekno.



Sumber https://www.feritekno.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Pengertian Dari Ip Address (Internet Protocol) Dan Fungsi-Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel