-->

iklan banner

Penyebab Dan Cara Mengobati Kutu Air Di Telapak Kaki | Tangan

Obat kutu air – Kutu air atau bahasa ilmiahnya tinea pedis merupakan infeksi yang terjadi pada kulit disebabkan jamur parasit. Umumnya kutu air yang terjadi pada telapak kaki/sela jari kaki maupun tangan dikarenakan adanya kuman yang melekat hingga terasa amat gatal serta mengeluarkan basi kaki yang tidak sedap.

Kutu air bisa saja terjadi dibagian telapak kaki, sela sela jari kaki, kuku,tangan,muka muapun pada kulit kepada yang menimbulkan rasa gatal yang berlebihan yang disebabkan jamur  trichophyton rubum. Disarankan kepada anda untuk lebih menjaga kebersihan supaya terhindari dari jenis jamur ini. Selain itu salah satu penyebab kutu air yakni menggunakan sepatu atau sendal dalam keadaan basah. Untuk lebih jelasnya lanjutkan terus untuk membaca untuk mengetahui gejalan, penyebab kutu air hingga dengan obat kutu air secara alami maupun dengan membeli salap ke apotik terdekat

Tanda/gejala kutu air

  • Adanya rasa gatal pada potongan kaki maupun sela jari kaki hingga mengelupas
  • Kulit kaki maupun tangan mengering bahkan bersisik
  • Untuk sebagian penderita akan terasa panas, nyeri terlebih kena air
  • Kuku kaki maupun tangan akan terlihat lebih tebal dari biasanya bahkan bisa berubah warna.
  • Bila semakin parah akan menimbulkan benjol dalam kulit yang terjangkit kutu air

Penyebab kutu air

  • Suhu yang lembab

Suhu yang lembab secara terus menerus memungkinkan jamur berkembang lebih cepat serta lebih beresiko terjangkit kutu air. Selain kondisi lembab jamur akan lebih cepat berkembang bila kondisi lembab dan hangat secara terus berganti

  • Menggunakan ganjal kaki yang basah

Penggunaan ganjal kaki baik sepatu, kaos maupun sandal dalam keadaan berair sanggup menimbulkan terjadinya jamur dengan cepat yang memungkinkan timbulnya kutu air yang rentan terjadi potongan badan anda.

  • Menggunakan sepatu dalam waktu cukup lama

Memakai sepatu lebih dari 12 jam sehari sanggup menimbulkan lembam yang memungkinkan jamur  tumbuh dan berkembang biak hingga menimbulkan terjadinya kutu air.

  • Kaki/tangan terlalu usang dalam keadaan berair dengan air bekas cucian

Air bekas cucian sangat beresiko berkembangnya jamur, air sabun yang melekat pada kulit rentan terjadinya kutu air ibarat bekas cucian baju, atau piring, dan yang paling sering penderitanya petugas steam lantaran hampir tiap jam bersentuhan dengan air sabun bahkan air sabun sangat usang melekat pada telapak kaki maupun tangan mereka. Meski telah menggunakan obat kutu air akan tetapi kulit anda masih sering berair dengan air bekas cucian tampaknya sulit untuk sembuh.

  • Terkena air banjir

terkena air banjir atau genangan air sangat memungkinkan seseorang untuk menderita kutu air lantaran air yang kondisinya kotor meluap kedaratan sehingga sulit untuk dihindari terkecuali menggunkan pelindung kaki

Sistem Penularan

Kutu air merupakan penyakit kulit yang sanggup ditularkan antara insan dengan manusia baik secara eksklusif maupun tidak langsung. Contoh penularan secara lansung, bila anda menyentuh potongan kulit penderita tinea pedis maka anda akan tertularkan. Semetara penularan secara tidak eksklusif sanggup ditularkan berupa benda benda yang dipakai bersama, misalkan penggunaan handuk secara bersama, kolam renang dipakai secara bersama, sepatu, sandal dan masih banyak lagi yang sanggup ditularkan melalui benda. 

Untuk menghindari hal ibarat di atas upayakan penggunaan benda secara bersama yang sanggup menularkan tinea pedis.

Obat Kutu Air

Pengobatan terhadap kutu air sanggup berupa salep, tablet, cream, shampo anti jamur maupun pengobatan secara tradisional. 

  • Salep kutu air

Ada beberapa jenis salep anti jamur tentunya sanggup membasmi jamur dermatofita yang memicu terjadinya kutu air yakni miconazole, ketoconazole, clotrimazole, terbinafine, dan sulconazole. Untuk pemelihan jenis brand tergantung tingkat seberapa parah jenis penyakit
Andai penyakit tinea pedis yang diderita tergolong ringan anda bisa membeli ke anti jamir/tine pedis ke apotik terdekat, namun bila penyakit yg diderita disarankan untuk obat kutu air yang di resep dokter.

 merupakan infeksi yang terjadi pada kulit disebabkan jamur benalu Penyebab dan cara mengobati kutu air di telapak kaki |  tangan

tersedia dalam bentuk salep, krim, bedak dan gel

 

Bilamana tingkat penyakit yg kau derita tergolong parah sanggup menggunakan salep hidrokortison untuk mengurangi rasi sakit. Selain sanggup mengurangi rasa sakit, hidrokortison sanggup menghindari terjadinya iritasi dan peradangan. Akan tetapi perlu di ingat salep ini bukan untuk mengobati melainkan untuk menghilangkan rasa sakit dan iritasi, untuk menghilangkan gunakan anti jamur.

Obat kutu air secara tradisional

 Selain menggunakan obat kutu air yg berasal dari apotik maupun resep dokter andapun sanggup mengobatinya sendiri secara tradisional, lantaran jenis penyakit tinea pedis sudah ada semenjak usang dan sanggup diobati secara tradisional. 

  •  Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa sanggup dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu air yg terdapat pada sela-sela jari kaki, lantaran dalam minyak kelapa tersebut terdapat kandungan zat Asam laurat anti jamur dan anti inflamasi. Untuk cara pengobatannya cukup dengan mengoleskan minyak kelapa kepada kaki/tangan yang terkena kutu air.

  • Garam Dapur

Mungkin anda tidak tau jikalau garam sanggup mengobati kutu air, alasannya garam mempunyai anti antiseptik sanggup membunuh jamur yang melekat pada kulit. Untuk cara pengobatannya sediakan air hangat di dalam baskom/wadah yang sudah dicampur dengan garam, selanjutnya silahkan rendah kaki/tangan yang terinfeksi kutu air selama 25-30 menit. Lakukan secara rutin selama 1- 2 ahad kutu air yang kau derita akan sembuh.

  •  Bawang putih

Bawang putih merupakah rempah sekaligus obat kutu air herbal yang sanggup dimanfaatkan untuk antiseptik, anti bakteri, serta anti inflamasi. Kandungan yang terdapat pada bawang putih sanggup membunuh jamur  dan kutu air yang melekat bila di oleskan pada kulit. Dilain sisi kandungan anti inflasi didalamnya bisa menangkal rasa perih dan gatal. Cara penggunaannya silahkan haluskan 1 hingga 2 siung bawah putih kemudian tempelkan pada kulit yang di terjangkit kutu air, upayakan membungkusnya dengan kain atau lainnya supaya tetap menempel. biarkan selama 6 jam. Setelah itu lakukan hal yang sama hingga jamur yg ada pada kaki maupun tangan anda benar benar mati.

  • Pasta gigi

Pasti gigi juga sanggup mengobati kutu air, cara cukup mudah, sebelum tidur tempelkan niscaya gigi pada kulit yang terinfeksi kutu air secara rutin. Pasta gigi juga sanggup dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar.

  • Daun sirih

Daun sirih merupakan salah obat herbal yang mempunyai antiseftik untuk menangkal sekaligus membasmi kuman yang menimbulkan kutu air. Cara pengobatannya, sediakan beberapa lembar daun sirih dan rebus jangan lupa dicampur dengan garam. Kombinasi antara garam dengan daun sirih sangat ampuh membunuh kuman/kutu air. Langkah selanjutnya rendam kaki/tangan atau kulit lainnya yang terinfeksi kutu air selama 2 – 3 jam.

  • Daun talas

Daun talas juga sanggup dipakai untuk mencegah sekaligus membasmi jenis jamur yang menimbulkan kutu air. Selain itu daun talas juga mengandung zat antioksidan (polifenol) yang sanggup menangkis jamur dan polifenol untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikian wacana  obat kutu air dan cara mengobatinya baik secara alami maupun dengan membeli obat dari apotik

 


Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengobati Kutu Air Di Telapak Kaki | Tangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel