-->

iklan banner

Sering Membaca Ebook? Ini Ia 11 Jenis Formatnya

Pengertian dan Jenis Format Buku Digital (Ebook) Ebook yaitu sebuah buku elektronik yang berisikan informasi digital yang sanggup berisi gambar, teks, audio dan video, yang sanggup dibaca melalui komputer, laptop, tablet atau smartphone. Dan di masa yang serba digital kini ini, peranan Ebook telah menggeser kebiasaan membaca yang lebih praktis/simpel dibandingkan dengan buku fisik/biasa.

Fungsi dan Tujuan Ebook (Buku Digital)

Berikut 2 fungsi yang bisa dapatkan dari buku digital :

1. Sebagai Media banyak sekali informasi.

Dengan mudahnya mengakses internet, tentunya untuk mendapat buku digital semakin mudah. Ebook bisa ditulis melalui media blog, disebarkan melalui email atau diuplod ke situs mirip slideshare. Sehingga bagi siapa saja yang membutuhkan, tentunya akan lebih mudah mendapat informasi yang dicari.

2. Sebagai salah satu alternatif media belajar.

Kelebihan dari ebook yaitu bisa menyajikan konten yang lebih menarik, sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Sedangkan tujuan dari buku digital atau ebook, diantaranya:

1. Melindungi informasi yang disampaikan.

Buku fisik lebih mudah rusak, hilang ataupun terkena air (basah), sedangkan buku digital bisa kita simpan dimana saja, media internet dengan cara diuplod, flashdisk (memori lainnya), bila hilang? tinggal kita cari di internet dengan cara mend0wnl0adnya.

2. Memberikan kesempatan bagi pembuat konten untuk banyak sekali informasi dengan lebih mudah, dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.

3. Mempermudah proses memahami materi ajar.

Dengan buku digital anda sanggup menunjukkan catatan tertentu pada materi, mencari kata atau kalimat tertentu dalam materi.

Baca juga : 3 langkah mudah merubah file PDF ke Word (Doc, Docx) secara Online

Pengertian dan Jenis Format Buku Digital  Sering Membaca Ebook? Ini Dia 11 Jenis Formatnya

11 Jenis Format Ebook (Buku Digital)

Bagi Anda yang sering mengupload atau mend0wnl0ad tutorial gratis dalam bentuk Ebook. Tentunya tidak abnormal dengan format PDF. Ya, alasannya memang PDF merupakan salah satu jenis format buku digital yang paling banyak dicari di dunia maya. Selain PDF, sesungguhnya banyak format Ebook lainnya yang mungkin belum Anda ketahui.

Berikut 11 Jenis format buku digital yang saya kutip dari (http://wiki.mobileread.com/wiki/E-book_formats), yaitu:

1. AZW – Amazon World.

Sebuah format proprietary Amazon, yang ibarat format MOBI kadang kala dengan dan kadang kala tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan untuk Kindle Amazon.

2. EPUB – Electronic Publication.

Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (idpf). EPUB mengacu kepada standar XHTML dan XML. Ini yaitu standar yang sedang berkembang. Spesifikasi untuk EPUB sanggup ditemukan di situs web IDPF, Adobe, Barnes & Noble, dan Apple, masing-masing mempunyai DRM mereka sendiri. Format tersebut tidak kompatibel antara satu dengan yang lainnya. Saat ini sudah ada versi terbaru yaitu ePub 3, tetapi belum dipakai secara luas.

3. KF8 -Format Kindle Fire dari Amazon.

Hal ini intinya sama dengan prinsip ePub yang disusun dalam pembungkus Palm File Database (PDB) dengan Digital Right Management (DRM) milik Amazon.

4. MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan memakai perangkat lunak membaca sendiri.

MobiPocket tersedia pada hampir semua PDA dan Smartphone. Aplikasi Mobipocket pada PC Windows sanggup mengkonversi Chm, doc, Html, OCF, Pdf, Rtf, dan Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format mobipocket juga.

Artikel lain : cara buat resume untuk melamar kerja online dengan Ms.Word

5. PDB – Palm File Database.

Dapat menyertakan beberapa format buku digital yang berbeda, yang ditujukan untuk perangkat berbasiskan sistem operasi Palm. Pada umumnya dipakai untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) dan format eReader juga.

6. PDF – Portable Document Format yang diciptakan oleh Adobe untuk produk Acrobat mereka.

Format ini secara tidak eksklusif merupakan format yang dipakai untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak untuk format ini hampir mencakupi semua platform komputer dan perangkat genggam. Beberapa perangkat mempunyai duduk perkara dengan PDF alasannya kebanyakan konten yang tersedia akan ditampilkan baik untuk format A4 atau surat, yang keduanya tidak mudah dibaca saat diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa aplikasi pembaca buku digital sanggup menyusun ulang tampilan beberapa dokumen PDF, termasuk Sony PRS505, untuk mengakomodasi layar kecil.

7. PRC – Palm Resource File, Sering menyertakan alat baca Mobipocket tetapi kadang kala menyertakan eReader atau alat baca AportisDoc.

8. HTML – Hyper Text Markup Language yaitu tulang punggung dari World Wide Web.

Banyak teks yang didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yang intinya gaya utama panduan untuk halaman HTML.

9. CHM – Compressed HTML, sering dipakai untuk file derma Windows.

Hal ini telah menjadi sangat terkenal untuk distribusi teks dan materi pendukung lainnya melalui Web.

10. XHTML – versi khusus dari HTML dirancang biar sesuai dengan hukum konstruksi XML.

Ini yaitu format standar untuk data epub.

11. XML – tujuan umum markup language untuk pertukaran data.

Dalam konteks digital book umumnya terbatas pada XHTML dan RSS feed meskipun beberapa format lain yang telah ditetapkan.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sering Membaca Ebook? Ini Ia 11 Jenis Formatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel