-->

iklan banner

3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows

Inilah sebuah tips dan trik sederhana mengenai 3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows. Adapun tujuan dari menyembunyikan file tersebut yaitu untuk alasan keamanan sebuah data. Artikel ini ditulis untuk memenuhi komitmen saya di artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mem Password File AutoCad. Di artikel tersebut saya sudah mengambarkan bagaimana memperlihatkan password kepada sebuah file AutoCad. Namun pertolongan password tidak sanggup mencegah pengguna lain untuk menghapus file tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, dalam artikel ini saya akan memperlihatkan tahapan bagaimana caranya menyembunyikan file yang telah diberi password tersebut semoga tidak gampang dihapus pengguna lain. Anda penasaran? pribadi simak saja tutorial dibawah ini.


Cara Pertama

Cara pertama ini merupakan trik sederhana yang prinsipnya yaitu kita menyimpan file tersebut di kawasan yang tidak biasa atau jarang dikunjungi orang. Anda tentu punya pendapat bab mana saja di kompter yang jarang dibuka orang, itu tidak menjadi soal. Kalau berdasarkan saya bab yang jarang dikunjungi tersebut salah satunya yaitu drive C.


 Berikut ini akan saya berikan contoh:

C:Program FilesVisual EditorSampleContoh Menyembunyikan Filetes1.dwg


Anda lihat saya menciptakan sebuah folder gres dalam Program File yang namanya menyerupai sebuah aktivitas pada umumnya yaitu Visual Editor , padahal itu hanyalah nama rekaan saja. Kemudian saya menciptakan folder gres lagi hingga dua kedalaman, gres menyimpan file yang ingin disembunyikan tersebut.


Cara Kedua (Menyembunyikan file di dalam gambar)

Buka Windows Explorer → Pilih sajian Tools → Folder Options → Pilih Tab View → hilangkan tanda centang pada opsi Hide extension for know file types → Klik OK. Langkah ini dilakukan untuk memudahkan mengetahui ekstensi sebuah file. Jika anda sudah tahu ekstensi file Autocad dan gambar yang digunakan, langkah pertama ini sanggup dilewati.


 Simpan file yang akan disembunyikan dan sebuah gambar di dalam folder yang sama.

Sebagai contoh, Saya menyimpan file berjulukan tes1.dwg dan sepanjang3.jpg dalam folder Contoh Menyembunyikan File


Kompres file yang akan disembunyikan memakai aktivitas yang ada di komputer anda (contoh aktivitas untuk kompres yang biasa dipakai orang: Win Zip, Win rar, IZArc). Caranya klik kanan pada file → klik Add to “tes1.rar” (catatan: dalam komputer saya memakai aktivitas kompres winRAR archiver).


Inilah sebuah tips dan trik sederhana mengenai  3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows



 Copy code berwarna merah dibawah ini kedalam notepad kemudian Save As pada folder Contoh Menyembunyikan File dengan nama hide.bat


 @echo off


ren tes1.rar tes1.dwg.rar

copy /b sepanjang3.jpg+tes1.dwg.rar PantaiSepangjang.jpg

del tes1.dwg

del sepanjang3.jpg

del tes1.dwg.rar

del hide.bat


Apabila berhasil hingga dengan tahap ini, maka kini dalam folder Contoh Menyembunyikan File terdapat empat buah file. Agar lebih terang lihat gambar di bawah ini:


Inilah sebuah tips dan trik sederhana mengenai  3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows



 Sekarang double klik file hide.bat. Apabila berhasil maka dalam folder Contoh Menyembunyikan File kini hanya ada file PantaiSepanjang.jpg. Sampai dengan tahap ini maka perjuangan kita untuk menyembunyikan file telah berhasil, alasannya yaitu apabila file PantaiSepanjang.jpg diklik yang muncul hanyalah gambar Pantai Sepanjang. Sementara file tes1.dwg nya tidak akan terbuka.


Cara membukanya: klik kanan pada file PantaiSepanjang.jpg → Pilih Open With → Pilih Choose Program… → Pilih winRAR archiver → Klik OK → Klik dua kali file tes1.dwg

Cara Ketiga


Buka Windows Explorer → Pilih sajian Tools → Folder Options → Klik Tab View → Pilih Opsi Do not show hidden files and folders → Klik OK. Agar lebih terang lihat gambar di bawah ini:


 Inilah sebuah tips dan trik sederhana mengenai  3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows


 Langkah selanjutnya yaitu kita menuju Folder yang akan kita sembunyikan. Saya memakai Folder Contoh Menyembunyikan File sebagai percobaan. Kemudian klik kanan pada Folder Contoh Menyembunyikan File → Pilih Properties → Centang opsi Hidden → Klik OK → Klik OK. Selanjutnya selamat folder anda sudah menghilang…


Cara menampilkan kembali file yang dihilangkan : Buka Windows Explorer → Pilih sajian Tools → Folder Options → Klik Tab View → Pilih Opsi show hidden files and folders → Klik OK


Itulah tiga cara menyembunyikan sebuah file dalam Sistem Operasi Windows. Menurut saya anda memakai salah satu saja dari ketiga cara diatas, tampaknya sudah cukup untuk melindungi file anda semoga tidak dibuka orang lain. Akan tetapi apabila anda masih merasa kurang kondusif dan ingin lebih mantap, Saya akan tunjukkan trik nya. Trik nya sederhana, gabungkan semua cara yang telah saya tunjukkan.


Pertama berikan Password untuk file yang ingin anda kunci. Untuk cara mem password file Autocad saya sudah mengambarkan di artikel sebelumnya.

Untuk langkah Kedua, ketiga, dan keempat, gunakan urutan yang saya berikan dalam artikel ini. Dengan demikian anda telah menerapkan empat lapis keamanan. Kalaupun suatu ketika ada yang menemukan file diam-diam anda, beliau akan tetap kesulitan untuk menembus pertahanan terakhir yaitu password dalam sistem Autocad.


 Demikian…semoga tutorial 3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows ini bermanfaat bagi anda dan apabila ada pertanyaan atau bagi anda yang punya cara lain saya akan bahagia sekali jikalau anda mau membaginya melalui kolom komentar. Ok hingga jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya ya…



Sumber https://www.asifah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3 Cara Menyembunyikan File Dalam Sistem Operasi Windows"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel