-->

iklan banner

√ 4 Jurus Jitu Untuk Memulai Bisnis Kuliner, Berani Coba?

 Salah satu problem besar bagi setiap orang yang ingin membuka perjuangan ialah takut dan bing √ 4 Jurus Jitu Untuk Memulai Bisnis Kuliner, Berani Coba?

sumber gambar: Unsplash.com/Whitney Wright


Bisnis kuliner? Salah satu problem besar bagi setiap orang yang ingin membuka perjuangan ialah takut dan bingung. Ketakutan jikalau perjuangan yang dirintis gagal. Atau galau harus memulai semuanya dari mana dan bagaimana. Apalagi kini sudah banyak orang yang mulai berbisnis. Mulai dari bisnis rumahan hingga tingkat pabrik. Semua tentu ada prosesnya, nggak serta-merta jadi besar. Maka, kau nggak perlu risau, yuk sama-sama berguru dan simak ulasan berikut ini.


1. Mematangkan Konsep Bisnismu Sebelum Mengambil Langkah Lebih Lanjut


Hai, milenial? Kamu harus tahu bisnis menyerupai apa yang akan kau kerjakan. Kalau sudah tahu mau terjun perjuangan kuliner, ya matangkan jenisnya apa? Makanan berair atau kering? Makanannya apa atau apa saja? Ditujukan untuk kalangan apa saja? Apakah semua kalangan masyarakat sanggup menikmati atau hanya tertentu saja, itu juga perlu diperhatikan.


Kamu boleh merundingkan ini dengan rekanmu. Maka, sudah sangat terperinci apabila dalam sebuah perjuangan tidak sanggup dijalankan seorang diri. Kamu butuh sahabat untuk sharing apa yang sekiranya belum ada. Dengan mendiskusikan bersama teman, niscaya akan lebih terperinci arahnya. Kalau sudah berdiskusi, pastikan hasil diskusinya terperinci dan memang sanggup diaplikasikan, bukan sesuatu yang hanya sanggup diawang.


Kalau kau ingin memulai usaha, harus sesuatu yang memang sanggup direalisasikan. Tidak usah terlalu muluk-muluk. Awali usahamu dengan ekskpektasi yang tidak terlalu tinggi, tapi kau harus tetap optimis ya!


2. Selanjutnya Kamu Perlu Riset Pasar


Masyarakat lagi butuh apa sih? Sekarang mungkin tidak sekadar butuh, tetapi juga sesuatu yang menarik. Kamu perlu menghadirkan masakan yang meninggalkan kesan ‘wah’ bagi konsumen. Biasanya, kau sanggup melaksanakan riset lewat jejak pendapat yang disebar melalui media sosial. Kalau yang tidak berbayar, kau sanggup manfaatkan pengikut media sosialmu, misalnya Instagram. Fitur di Instagram menyerupai polling sanggup dijadikan sarana menghimpun data soal selera masyarakat.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Kamu juga sanggup menyiapkan kuesioner kecil-kecilan, untuk selanjutkan akan disebarkan melalui banyak sekali platform media sosial. Sekarang ini segala sesuatunya serba digital, jadi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sekarang juga sudah banyak sekali grup menyerupai WhatsApp atau Line yang sanggup dijadikan wadah untuk share link kuesioner. Pastikan, sebelum sebar kuesioner kau ubah dulu url-nya supaya lebih gampang dibaca dan dicerna dalam sekali baca.


Selain memanfaatkan media sosial, supaya lebih afdol, kau sanggup terjun pribadi ke masyarakat. Kamu sanggup tiba ke pasar, kedai, atau kawasan makan dan melihat selera masyarakat lewat kuliner yang mereka pesan. Ini sanggup menjadi salah satu sumber akurat buat usahamu.


3. Paham Betul Dengan Keputusan Yang Kamu Ambil


Kamu mau bisnis masakan yang sedang hits? Biasanya sasarannya bawah umur muda, milenial. Kamu juga harus memikirkan, bisnismu ini bentuknya kedai kuliner atau take away semoga nggak pusing mikirin bangunan? Ya, kalau kau memang mau punya kedai kuliner atau sejenisnya, berarti kau juga harus memperhatikan dekorasi ruangan. Jaman yang serba Instagram ini menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis untuk menciptakan ruangannya nyaman bagi pengunjung. Selain nyaman, pokoknya nggak malu-maluin kalau masuk Instagram.


Nggak susah kok untuk mendekorasi ruangan. Kamu sanggup lihat contoh-contohnya melalui internet. Intinya jangan memalsukan pola desain yang sudah ada. Kamu boleh adaptasi, asal ada pengembangan. Supaya apa? Kalau kita pembiasaan tapi menghadirkan sesuatu yang baru, itu yang akan jadi ciri khas dari dekorasi ruangan bisnis yang kau kelola.


Kamu suka hal-hal berbau Korea? Nggak ada salahnya tambahin ornamen Korea di setiap sudut ruangan. Atau kau penggemar benda-benda luar angkasa? Kamu juga sanggup mendekorasi ruangan dengan hiasan ala di luar angkasa. Hal itu tentu akan menjadi poin plus untuk bisnismu. Bisa jadi seni administrasi pemasaran terselubung alasannya secara nggak langsung, pelanggan yang puas sama suasana kawasan makan niscaya akan mengunggahnya ke media sosial.


4. Kemasan, Salah Satu Strategi Pemasaran Bisnis Kulinermu


Kamu niscaya ingin totalitas kan dalam berbisnis? Kalau begitu, selain perhatikan konsep bisnis dan desain ruangan, kau juga perlu memperhatikan kemasan makananmu. Jangan hingga keindahan atau keunikan dekor ruanganmu jadi sia-sia. Kemasan penting diperhatikan tidak hanya untuk kau yang memutuskan untuk bisnis kedai makanan, tapi juga buat kau yang mempersiapkan untuk pengunjung membawa pulang makanannya.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Pastikan kemasan yang kau pilih itu ada ornamen yang memperlihatkan kalau itu bisnismu. Caranya sanggup dengan memperlihatkan stiker atau sablon pada setiap peralatan makan. Kamu juga sanggup custom kemasan yang akan kau pakai untuk bisnismu. Jadi, kalau ingin buat bisnis itu harus melihat ke semua aspek. Nggak cuman memperhatikan rasa, tapi mengabaikan penyajian, ataupun sebaliknya.


Jadi, kau sudah makin yakin ingin memulai bisnis kuliner? Share yuk soal ide-ide brilian kamu. Pokoknya jangan dipendam sendiri ya. Realisasikan mimpimu mulai dari sekarang. Karena kalau bukan sekarang, kapan lagi?



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ 4 Jurus Jitu Untuk Memulai Bisnis Kuliner, Berani Coba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel