-->

iklan banner

√ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Semoga Terus Eksis!

 Menggunakan batik merupakan sebuah pujian √ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Agar Terus Eksis! Menggunakan batik merupakan sebuah kebanggaan. Bukan hanya sebab batik itu sangat Indonesia, melainkan juga cermin identitas kebangsaan. Terus melestarikan dan merawat keberadaannya pun menjadi tanggung jawab bersama.


Barito Hakim Putra, Ketua Komunitas Batik Bekasi, sadar betul hal ini. Dengan Komunitas Batik Bekasi atau biasa disingkat Kombas, Batik Bekasi senantiasa dilestarikan, dikembangkan dan dipasarkan ke masyarakat luas.


Ito sapaan akrabnya beserta kawannya dikala itu mendirikan Kombas pada tahun 2009. Lahir berkat kegelisahan bahwa di Bekasi belum mempunyai ciri khas orisinil Bekasi. Ito dan kawan-kawan pun lantas melaksanakan riset dan mencari pengrajin batik di sekitar Bekasi. “Bisa dibilang Kombas lahir sebab kepedulian kita terhadap batik, khususnya nasib para pengrajin batik Bekasi.” kata Barito.


Lewat Kombas, Ito Kumpulkan Pengrajin Batik Bekasi!


 Menggunakan batik merupakan sebuah pujian √ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Agar Terus Eksis!Kombas pun lambat laun menjadi wadahnya pecinta dan pengrajin batik Bekasi. Batik Bekasi dikembangkan menjadi perjuangan bersama/ Koperasi, Kombas merangkul para pengrajin batik Bekasi. Batik-batik yang ditampung dalam koperasi Kombas merupakan batik hasil karya para pengrajin lokal yang tersebar di wilayah Bekasi. Batik Bekasi terus dilestarikan dan diperkenalkan ke masyarakat luas lewat banyak sekali macam bazar dan pelatihan.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Seperti batik lainnya, Batik Bekasi kata Barito, mempunyai ciri khasnya tersendiri. Ciri khasnya itu terlihat dari 12 Pakem yang dimiliki Batik Bekasi. Untuk motif Batik Bekasi, floranya ibarat bambu, bunga Teratai, pohon kecapi. Dan faunanya ada gabus, burung mandar, ikan betok, ikan sepat, lele dan lainnya. Dari budayanya ibarat Blantek, alat musiknya ibarat terompet.


“Untuk yang 12 pakem Batik Bekasi telah dipatenkan tanggal 10 Maret 2014 pada Ditjen HAKI. Dan motif-motif dalam Batik Bekasi terus berkembang,” tuturnya. Menggunakan batik merupakan sebuah pujian √ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Agar Terus Eksis!


Warna Cerah Kaprikornus Ciri Khas Kain Batik Bekasi


 Menggunakan batik merupakan sebuah pujian √ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Agar Terus Eksis!Motif yang membedakan Batik Bekasi, selain motif juga adanya macam-macam warna, ada ungu, oranye, dan merah muda. Warna cerah ini berkaitan dengan kota Bekasi sebagai kota patriotik. Barito menyampaikan dengan warna cerah dibutuhkan yang memakai Batik Bekasi akan semangat dan termotivasi.


Di Kombas sendiri tersedia banyak sekali jenis batik. Ada batik cap dan tulis, printing yang semuanya akan dibentuk tergantung dari konsumen. Untuk harga nya Ito menyampaikan batik tulis harganya kisaran Rp 250 – 300 ribu , batik cap kisaran Rp 150 ribu dan batik printing seharga Rp 80 – 200 ribu. “Untuk menengah ke atas kita arahkan ke batik tulis dan cap,” imbuhnya.


Untuk distribusi batik Bekasi, Ito berujar usul di dalam kota akan Batik Bekasi cukup lumayan, bahkan hampir tidak mencukupi. “Untuk wilayah Bekasi sendiri, permintaannya cukup banyak,” kata Ito yang menambahkan kain yang dipakai didatangkan dari Bandung, Solo dan Pekalongan. Untuk pewarnaannya sendiri, pengrajin batik Bekasi memakai pewarna alami.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



Nah, Ito bersama Kombas punya impian kedepan untuk Batik Bekasi biar sanggup terus eksis dan dilestarikan, tidak hanya oleh masyarakat Bekasi melainkan juga masyarakat luas.


Tim Liputan BisnisUKM

(/Harry)

Kontributor BisnisUKM.com wilayah Jakarta



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Begini Cara Barito Rangkul Pengrajin Batik Bekasi Semoga Terus Eksis!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel