-->

iklan banner

Ini Perbedaan Grup Band Indie Dan Grup Band Label Bro ‘N Sis!

Apa artinya hidup tanpa musik? Lewat bunyi yang dihasilkannya, musik membuat kehidupan kita menjadi lebih berwarna. Suasana perasaan kita bisa dimainkan dengan apik oleh alunan musik yang merdu. Anda yang ingin merasa lebih senang, gembira, dan bersemangat cukup dengarkan saja musik yang mempunyai irama cepat. Sedangkan jika Anda ingin lebih menghayati suasana, musik yang berirama pelan bisa dipakai untuk menemani.
Orang-orang yang membuat musik biasanya tergabung dalam sebuah band. Band ialah kumpulan musisi yang mempunyai maksud dan tujuan yang sama. Berdasarkan sifatnya, grup band sanggup dibedakan menjadi dua macam yaitu grup band indie dan grup band label. Band indie merupakan grup band yang bergerak sendiri dan bersifat bebas/merdeka (independence). Sebaliknya grup band label ialah grup band yang berada di bawah naungan perusahaan label.
 musik membuat kehidupan kita menjadi lebih berwarna Ini Perbedaan Band Indie dan Band Label Bro ‘n Sis!
Lantas, apa sih bedanya grup band indie dengan grup band label?
Band Indie
Indie merupakan kata pelesetan dari independence yang artinya kebebasan dan kemerdekaan. Yang dimaksud kemerdekaan/kebebasan di sini tentu saja dalam berkarya di bidang musik. Kaprikornus grup band indie akan mengusung musik yang benar-benar mereka sukai, murni tanpa adanya campur tangan oleh pihak lain, terutama dari para pembisnis di industri musik. Kelihatannya memang sangat menarik, tetapi grup band indie harus siap berjuang sendiri.
Yap, grup band indie secara garis besar membutuhkan usaha yang jauh lebih berat daripada band-band di dalam label. Terutama ketika usaha di awal kariernya. Untuk memproduksi musik saja, grup band indie ini harus mengeluarkan biaya yang sangat banyak lantaran semua aspek yang diharapkan dalam pembuatan musik tersebut ditanggung sendiri. Namun lantaran dana yang tersedia terbatas, mereka biasanya akan berpikir kreatif guna menyiasatinya.
Di sini bukan berarti grup band indie tidak mampu, pelit, atau tidak mau mengeluarkan uang yang banyak loh ya. Tetapi lebih ke arah perhitungan untung ruginya. Bagaimana pun pemusik niscaya mengharapkan laba dari karyanya, bukan sekedar kecintaan saja. Tetapi faktanya grup band indie hampir selalu merugi di awal kariernya. Kemampuan grup band tersebut dalam bertahan di industri musik yang membuatnya lama-kelamaan semakin populer.
Band Label
Pada intinya, grup band label itu ialah grup band yang berada di dalam naungan suatu label perusahaan musik. Kaprikornus grup band ini mempunyai kontrak perjanjian dengan perusahaan yang sifatnya mengikat. Keuntungan utama menjadi grup band label ialah semua kebutuhan dalam grup band akan dibantu oleh pihak perusahaan. Mulai dana pembuatan musik, ide-ide, dan promosi semuanya bakal didampingi oleh perusahaan oleh orang-orang profesional yang bekerja di sana.
Oleh alasannya ialah itu, masuk akal sekali jika grup band label ini gampang dikenal oleh masyarakat luas. Semua hal yang diharapkan oleh grup band akan disediakan oleh perusahaan label semaksimal mungkin. Tentu tidak sembarang grup band bisa diterima oleh perusahaan. Bagaimana pun juga perusahaan akan mencari grup band yang kelihatannya menguntungkan baginya. Selain itu, tidak ada jaminan bahwa grup band label niscaya bisa sukses atau terkenal. Hal ini kembali lagi ke kualitas grup band tersebut dan penerimaan masyarakat.
Perbedaan
Faktor utama yang membedakan antara grup band indie dan grup band label terletak pada administrasi di dalamnya. Band indie itu mirip seorang wirausahawan. Band indie bebas berbuat apapun. Band ini akan membiayai seluruh produksinya sendiri dari mulai pembuatan lagu, packaging album, promosi, dan operasional lainnya. Band indie memang membutuhkan usaha yang jauh lebih keras dan peluang terkenalnya lebih rendah, tetapi kepuasan hati yang dirasakan lebih tinggi alasannya ialah tidak terkekang oleh apapun.
Sementara itu, grup band label mirip seorang karyawan yang bekerja di perusahaan. Pekerjaan grup band label ditujukan untuk perusahaan label tempatnya bernaung. Sudah niscaya ada perjanjian yang dibentuk dengan pihak label. Musik yang akan diusung pun harus disepakati terlebih dulu oleh perusahaan. Namun kelebihan menjadi grup band label ialah semua pekerjaan akan dibantu tim khusus. Anda tidak akan kerepotan dalam melaksanakan pekerjaan selain bermusik. Dana yang Anda butuhkan pun bakal mengalir deras selama grup band milik Anda memberi laba bagi perusahaan tentunya.

Sumber http://farof.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Perbedaan Grup Band Indie Dan Grup Band Label Bro ‘N Sis!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel