-->

iklan banner

Rosary Pea: Tanaman Eksotis Nan Beracun

 alasannya ialah bijinya sangat menyerupai dengan mata kepiting Rosary Pea: Tanaman Eksotis nan Beracun


Rosary pea (Abrus precatorius) dikenal dengan nama terkenal Jequirity Bean dan crab’s eye (mata kepiting, alasannya ialah bijinya sangat menyerupai dengan mata kepiting). Selain itu dikenal juga dengan nama John Crow Bead, Indian licorice, Akar Saga, gidee gidee, prayer bead, atau di Trinidad dan Tobato disebut Jumbie bead. Aslinya berasal dari India, beberapa orang menyebut asalnya dari Florida dan Caribbean.


 alasannya ialah bijinya sangat menyerupai dengan mata kepiting Rosary Pea: Tanaman Eksotis nan Beracun


Mungkin Anda heran, kok namanya banyak yang kata ‘bead’ ya? Bead sendiri dalam Bahasa Inggris berarti manik-manik. Disebut John Crow Bead (manik-manik John Crow) atau Jumbie bead (manik-manik Jumbie) memang alasannya ialah bijinya sangat atraktif, indah terlihat menyerupai manik-manik. Coraknya menyerupai mata kepiting (karena itu dinamakan crab’s eye). Selain bijinya, pohonnya pun juga unik dan menarik. Mengenai pohonnya, silahkan baca selengkapnya disini!


 alasannya ialah bijinya sangat menyerupai dengan mata kepiting Rosary Pea: Tanaman Eksotis nan Beracun


Tanaman ini sangat terkenal dengan bijinya yang fenomenal alasannya ialah 2 hal:



  1. Bijinya BERACUN (Toxic alasannya ialah ada kandungan abrin)

  2. Bijinya dipakai di embel-embel (jewelry)


Bijinya indah sehingga sangat terkenal di dunia menjadi materi untuk aneka perhiasan. Namun bijinya juga sangat beracun alasannya ialah mengandung Abrin. Bahkan jikalau Anda cek di google, mengetik kata rosary pea sendiri akan terkait dengan pencarian-pencarian menyerupai rosary pea poisoning, rosary pea poisonous plant, deadly plant, dan sebagainya. Ini menandakan biji tumbuhan ini sangat tidak sanggup dianggap remeh, alasannya ialah sangat beracun. Tidak sedikiti jeweler (pembuat perhiasan) yang meninggal dunia hanya alasannya ialah mengebor biji rosary pea untuk dibentuk manik-manik pada perhiasan.


Sejarah mencatat, pada tahun 2012 Bulan Maret, Eden Project (salah satu vendor penjual embel-embel yang ternama) melaksanakan recall atas embel-embel gelang (bracelet) yang dibentuk dengan memakai jequirity bean ini. Baca artikel beritanya disini.


 alasannya ialah bijinya sangat menyerupai dengan mata kepiting Rosary Pea: Tanaman Eksotis nan Beracun
Produk EDEN PROJECT yang ditarik kembali alasannya ialah memakai materi utama yang beracun, yaitu rosary pea.

Abrin, racun yang terkandung dalam biji rosary pea, menawarkan efek keracunan yang menyerupai dengan racun ricin (ricin merupakan salah satu racun ampuh untuk membunuh secara pelan-pelan dalam serial TV Breaking Bad).


Gejala keracunan abrin: pusing, muntah, gagal liver, kematian. Menghirup bubuk dari biji rosary pea atau masuk lewat luka iris, sanggup menjadi sangat fatal.


Link yang mungkin berkhasiat untuk referensi: halaman Wikipedia wacana Abrus precatorius.


Untuk melihat aneka tumbuhan rosary pea Anda sanggup klik disini.



Sumber https://bibitbunga.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rosary Pea: Tanaman Eksotis Nan Beracun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel