-->

iklan banner

Rupiah Semakin Bersemangat Dengan Tampilan Barunya

Antusiasme masyarakat terhadap dirilisnya uang gres yang dikeluarkan Bank Indonesia (BI) begitu tinggi. Peluncuran uang desain gres tersebut sempurna pada hari senin 12/19 diresmikan eksklusif presiden repubilk indonesia jokowidodo yang didampingi menteri keuangan sri-mulyani, SetKab promono anung, menteri koordinator kemaritiman luhut binsar panjaitan serta gubernur bank indonesia sekarang Agus Martowardoyo. Untuk jumlah pecahan uang NKRI yang gres tersebut ada 11 pecahan yang menampilkan banyak sekali foto satria nasional.

Dari 11 pecahan tersebut terdiri dari 7 uang kertas dan 4 dalam bentuk logam, dimana tukaran 100rb dimuat foto presiden pertama republik indonesia ir seokarno berdampingan dengan M.Hatta, pecahan 50ribu pada gambar utama terdapat foto Ir. H. Djuanda Kartawidjaya, pecahan 20rb di isi dengan foto Dr. G.S.S.J Ratulangi, untuk pecahan 10ribu juga perubahan terjadi 100% dari terdahulu dimana gambar utama diisi dengan foto Frans Kaisiepo, untuk pecahan 5rb sendiri di isi dengan foto K.H Idham Chalid, pecahan 2 ribu dimuat foto Mohammad Hoesni Thamrin dan untuk pecahan seribu ada foto Tjut Meutia.

 Untuk pecahan logam terdiri dari pecahan serribu terdapat foto  I Gusti Ketut Pudja, pecahan lima ratus ada foto Letjend Tentara Nasional Indonesia T.B Simatupang, pecahan 200 pada gambar utama di muat foto Tjiptomangunkusumo, dan yang terkecil pecahan 100 dimuat foto Herman Johannes.

Antusiasme masyarakat terhadap dirilisnya uang gres yang dikeluarkan Bank Indonesia  Rupiah semakin bersemangat dengan tampilan barunya

Sebenarnya peluncuran uang gres bukan kali ini dirilis bank indonesia, setiap 1 hingga dengan 3 tahun biasanya bank indonesia merilis uang gres dengan nilai dan tempilan yang baru, lantas apa kelebihan uang yang gres dirilis BI kini yang menciptakan masyarakat berbondong bondong menukarkan uang gres tersebut. Berikut kelebihan uang gres dibandingkan dengan uang terdahulu.

  • Color Shifting

 Kelebihan pertama yang terdapat pada rupiah yang gres terdapat pada Color Shifting, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda  tampilannya akan memberikan efek begitu kontras. Disisi lain (rainbow feature-nya) terdapat gambar + tersembunyi multiwarna berupa angka nominal

  • Latent Image

Dari segi laten image juga berbeda dengan uang terdahulu, jika dilihat pada sudut yang pandang yang berbeda akan terlihat teks teks BI, sementara pada pecahan belakang terdapat nilai nominal.

  • Ultraviolet Feature

Untuk memperlihatkan tampilan yang lebih menarik BI juga memperlihatkan penguatan desain  Ultraviolet Feature dimana pada uang sebelumnya ini tidak terdapat. Desain ini sanggup memendar menjadi dua dibawah sinar  Ultraviolet.

  • Rectoverso

Bila diterawang dan diperhatikan secara secama dari  Rectoversonya uang ini akan memunculkan gambar yang saliing mengisi berupa logo bank indonesia (BI)

  • Blind Code

Salah satu kelebihan yang paling disambut meriah kehadiran desain gres ini yaitu ramah terhadap orang yang mempunyai keterbatasan penglihatan (tuna netra). Dengan memakai desain tahun emisi (TE) telah mengalami banyak penyempurnaan dimana penyandang tunanetra berupa imbas perabaan yang berfungsi membantu membedakan pecahan rupiah.

  • Terdapat 17 pengaman

Uang yang gres dirilis ini sekali gus sebagai tanggapan Maraknya pemalsuan uang yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Hadirnya uang gres ini tentu semakin sulit bagi mereka yang kerap meniru secara ilegal. Meski begitu kuag pengamanan yang diberikan BI tidak ada salahnya anda tetap berhati-hati dalam mendapatkan uang sebab penjahat selalu mencari jalan untuk mengelabui korbannya.

BAGAIMANA NASIB UANG LAMA DENGAN HADIRNYA UANG BARU

Antusiasme masyarakat terhadap dirilisnya uang gres yang dikeluarkan Bank Indonesia  Rupiah semakin bersemangat dengan tampilan barunya

 

Ada beberapa pecahan rupiah yang sudah jarang bahkan sudah tidak tampak lagi beredar ditengah masyarakat contohnya pecahan kertas Rp100 yang bergambar kapal p3enisi, pecahan kertas Rp500, pecahan kertas Rp5000 dan lain sebagainya. Salah satu kiprah bank indonesia ialah selain mencetak uang bank indonesia berwenang menarik uang yang beredar jika diperlukan. Pertanyaannya akankah uang usang dengan banyak sekali pecahan akan ditarik BI dari peredaran digantikan dengan uang gres yang mempunyai 11 pecahan ?

Melalui gubernur bank indonesia, hingga kini BI belum ada rencana untuk menarik uang usang dan menggantikannya dengan uang gres sekarang. Masyarakat masih sanggup memakai uang usang tersebut sebagaimana mestinya sebagai alat tukar yang sah. Makara anda tidak perlu khawatir dan pergi kebank untuk menukarkan uang usang anda sebab takut uang tersebut tidak laris lagi.

CINTA INDONESIA BERARTi CINTA Rupiah

 Menurut saya bohong besar jika seseorang menyampaikan cinta indonesia tetapi kenyataannya ia lebih suka produk luar, misalkan makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya (papan-pangan dan sandang) semua berasal dari luar. Begitu juga dengan mata uang jika anda mengaku cinta indonesia jangan pernah besar hati mengantongi mata uang doalr $ (US), akan tetapi banggalah mempunyai uang rupiah. Cintailah ploduk – ploduk dalam negeri!!!


Sumber https://www.cekkembali.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rupiah Semakin Bersemangat Dengan Tampilan Barunya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel