-->

iklan banner

14 Cara Menanam Biji Nepenthes (Kantong Semar) – Tips Gampang Dan Perawatan

Ada yang belum pernah mendengar tumbuhan Nepenthes 14 Cara Menanam Biji Nepenthes (Kantong Semar) – Tips Praktis dan PerawatanAda yang belum pernah mendengar tumbuhan Nepenthes? Bagaimana kalau tumbuhan Kantong Semar?


Nepenthes dan Kantong Semar yaitu tumbuhan yang sama. Tumbuhan dengan ciri khusus menyerupai mempunyai kantong untuk tempatnya menjebak mangsanya sebagai sumber nutrisi Cara Menanam Venus Flytrap Dari Biji. Tumbuhan Nepenthes ini biasa hidup di habitat yang mempunyai kelembaban yang tinggi dan sinar matahari yang cukup.


Banyak masyarakat yang memanfaatkan tumbuhan Nepenthes ini sebagai tumbuhan hias di rumahnya. Jika kau tertarik ingin menanam Nepenthes di rumah, dibawah ini akan dijelaskan cara menanam biji Nepenthes.


Cara Menanam Biji Tanaman Nepenthes (Kantong Semar)


Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk menanam Nepenthes, salah satu caranya yaitu dengan menyemai biji tumbuhan itu sendiri Cara Menyemai Biji Jeruk Nipis. berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menyemai biji Nepenthes:



  1. Yang pertama kita perlu siapkan kotak plastic (yang bahwanya sudah dilubangi semoga air sanggup keluar dan tidak menggenang di dalam kotak), materi media untuk menyemai menyerupai sphagnum moss/lumut yang sudah diblender atau dihancurkan kalau tidak ada sanggup diganti dengan cocopeat yang dicampur dengan sekam bakar, dan yang tidak kalah penting yaitu biji Nepenthes yang akan ditanam.

  2. Setelah bahan-bahan siap, isi kotak atau box plastik tersebut dengan media tanam (campuran sphagnum moss/lumut yang sudah diblender atau dengan adonan cocopeat dan sekam bakar).

  3. Saat materi sudah didalam kotak, kita sanggup membasahi atau menyiram media tanam tersebut dengan air, pastikan bahwa media tanam lembap dan lembab sehingga baik untuk tempat tumbuh bagi biji Nepenthes.

  4. Setelah air tidak terlalu banyak menggenang dalam kotak plastik, kita sanggup menaburkan beberapa biji Nepenthes diatas permukaan media. Setelah itu kita basahi biji-biji Nepenthes dengan cara spray larutan b1 dan fungisida. Cairan ini berfungsi untuk mencegah biji menjadi rusak.

  5. Biji sudah ditempatnya dan sudah disemprot dengan larutan khusus, kita sanggup tutup kotak atau nox plastik tersebut dengan plastic transparan yang sudah dilubangi dengan tusuk gigi. Pastikan bahwa kotak plastik tertutup dengan rapat semoga sanggup menciptakan uap air tetap berada didalam kotak dan memberi kelembaban pada biji Nepenthes.

  6. Letakkan kotak plastik tersebut di tempat yang lembab dan mendapat cukup sinar matahari di pagi hari. Jika tidak sebagai alternative pengganti cahaya matahari kita sanggup memakai neon dan menempatkan kotak plastic menyerupai berada dalam incubator.

  7. Tunggu sampai 4 ahad atau 1 bulan lamanya, bari kita sanggup melihat biji Nepenthes tersebut mulai berkecambah/tumbuh tunas kecil. Tapi meskipun biji Nepenthes sudah berkecambah, jangan pribadi dipindah ke dalam pot lain. Tunggulah sampai biji mempunyai tunas agak besar (berukuran 4 – 7 cm) alasannya yaitu biji Nepenthes ini populer sangat rawan.

  8. Ketika tunas biji Nepenthes sudah siap untuk dipindah, kita siapkan pot berukuran sedang yang sudah kita isikan tanah dengan adonan pupuk kompos atau pupuk sangkar dan sudah dibasahi dengan air Cara Merawat Pot Gantung dan Tanaman Hiasnya Agar Terlihat Indah. Pastikan pemilihan pot mempunyai drainase yang baik dengan adanya lubang-lubang didasar pot untuk tempat keluarnya air.

  9. Setelah media tanam siap, buat lubang untuk meletakkan tunas atau biji Nepenthes dalam media yang gres memakai jari. Buatlah lubang sedalam sampai 3 cm semoga tidak terlalu dalam.

  10. Kemudian pindahkan biji Nepenthes yang sudah bertunas tersebut ke dalam pot dnegan hati-hati. Hal ini dilakukan alasannya yaitu biji Nepenthes yang gres tumbuh tersebut rawan sekali untuk rusak.






  11. Pastikan biji tertutup tanah sedikit kemudian sirang dengan cara spray semoga air yang diharapkan tumbuhan tidak berlebihan dan kelembaban yang Nepenthes terima juga sesuai.

  12. Membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 tahun untuk melihat dan menciptakan tumbuhan Nepenthes ini benar-benar remaja dan menjadi tumbuhan yang cantik terlihat wujud kantong semarnya.

  13. Cara merawat tumbuhan ini juga terbilang sederhana tetap menyiram dengan air secara rutin 1 – 2 kali sehari dan menunjukkan nutrisi rutin kalau di kawasan rumah atau tempat Nepenthes tidak ditemukan banyak serangga. Nutrisi yang sanggup diberikan berupa pupuk yang mengandung fosfor, garam, atau kalium.

  14. Pemberian antifungi dan pestisida juga diberikan kalau memang dibutuhkan saja alasannya yaitu zat kimia yang terlalu banyak juga sanggup merusak tumbuhan Pupuk Kimia Bermanfaat Tapi Membahayakan Tanah. Beberapa anti serangga atau anti jamur memang terbuat dari zat kimia. Bila dipakai dengan bijak tentu beberapa obat tersebut akan bermanfaat bagi tanaman. Tetapi kalau diberikan secara berlebihan, tumbuhan akan mengalami keracunan sampai berujung pada selesai hidup tumbuhan Nepenthes Alasan Pupuk Kimia Membahayakan Lingkungan dan Cara Menanggulanginya.


Itulah cara menanam biji Nepenthes mulai dari proses menyemai biji sampai tumbuh tunas, memindahkan kedalam pot, sampai cara perawatannya.


Tidak hanya dari penanaman biji saja, pengembangbiakkan tumbuhan Nepenthes ini sangat bermacam-macam mulai dari penanam biji (generatif), stek (memotong cuilan batang tumbuhan dewasa), pemisahan anakan sesudah mempunyai akar sendiri, dengan cangkok, dan dengan cara merunduk (menimbun sulur Nepenthes dengan media tanam).


Tinggal kita menentukan cara mana yang ingin kita lakukan yang sanggup mempermudah kita dalam proses memperbanyak tumbuhan Nepenthes



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "14 Cara Menanam Biji Nepenthes (Kantong Semar) – Tips Gampang Dan Perawatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel