-->

iklan banner

8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan – Beragam jenis diskon memang kerap dimanfaatkan oleh pemilik bisnis online untuk menarik pelanggan sekaligus meningkatkan penjualan.


Yang membedakan penerapan diskon di kalangan penjual hanyalah terletak pada bagaimana teknik yang mereka gunakan untuk menyuguhkan diskon tersebut.


Ada kalanya pebisnis online harus memutuskan untuk memasang diskon pada produk yang dijualnya, kapan dan bagaimana.


Pemilik bisnis online pun sering dihadapkan pada keputusan kapan ketika yang sempurna untuk menyuguhkan diskon untuk produk yang dijualnya entah itu untuk keperluan ‘menyegarkan kembali’ inventori dengan produk baru, menyambut musim-musim di mana penjualan biasa meningkat menyerupai momen Ramadhan, Lebaran, Natal, hingga Tahun Baru, dan sebagainya.


Memang, memperlihatkan diskon bisa menjadi teknik promosi yang sempurna untuk meningkatkan penjualan pada bisnis online Anda.


Hanya saja, teknik promosi menyerupai apa yang bisa menarik pengunjung menjadi pembeli? Itu yang kita jawab gotong royong di sini. Sebelumnya, mari kita kaji lebih lanjut kenapa penyuguhan diskon bisa menjadi salah satu teknik promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan bisnis online.


Diskon Sebagai Teknik Promosi yang Efektif Untuk Meningkatkan Penjualan


Sebelum kita membahas wacana bagaimana teknik promosi terbaik yang bisa digunakan, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan diskon dalam meningkatkan penjualan.


Kelebihan



  • Mampu menarik pelanggan baru

  • Meningkatkan konversi dari pengunjung hingga menjadi pembeli

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah ada untuk terus membeli produk di toko online Anda


Kekurangan



  • Bisa mengurangi margin keuntungan

  • Citra brand bisa saja menjadi buruk lantaran terlalu banyak memasang diskon

  • Kecenderungan untuk mendapat pelanggan yang tidak loyal alasannya yaitu mereka hanya membeli produk Anda lantaran sedang ada diskon


Apakah Diskon Merupakan Teknik Promosi yang Tepat Untuk Anda?


Anda harus menjawab ini sendiri. Pertimbangannya, apakah memakai teknik promosi diskon sesuai dengan taktik pemasaran bisnis online Anda?


Seperti yang sudah dibahas di atas, penerapan teknik promosi dengan diskon bisa menarik pelanggan gres dan meningkatkan konversi, hanya saja, bisa mengurangi margin laba sekaligus mengundang pelanggan yang tidak loyal.


Bila Anda mempunyai sebuah brand yang high end atau menjual produk dengan margin laba yang lebih sedikit, Anda tentu harus menargetkan pelanggan yang nantinya loyal untuk membeli produk dari Anda.


Teknik promosi dengan diskon yang Anda gunakan tentunya harus bersifat loyalty type offers ketimbang diskon secara mingguan bahkan harian.


Sebaliknya, jikalau Anda memang lebih fokus untuk meningkatkan penjualan dengan margin laba yang lebih besar, diskon rutin menyerupai diskon mingguan bisa Anda coba.


Pada dasarnya, Anda memang harus bereksperimen untuk mengetahui teknik promosi mana yang paling baik untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Anda juga harus memastikan teknik promosi mana yang cocok untuk brand Anda.


Salah satu langkah terbaik untuk mengetahuinya yaitu dengan memilih tujuan yang terperinci di setiap teknik promosi terbaik untuk bisnis online yang Anda gunakan, mulai dari hal yang kecil dan penilaian hasilnya.


Jenis-Jenis Diskon yang Bisa Dimanfaatkan Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online


Ada beberapa jenis diskon yang bisa Anda manfaatkan, dan mari kita lihat teknik promosi dengan diskon mana yang paling umum digunakan:



  1. Diskon Berbasis Persentase: Teknik ini merupakan salah satu teknik yang paling umum digunakan. Anda bisa memulai dengan mengatakan insentif kepada pelanggan Anda berupa serpihan harga sebesar 5% atau 10% untuk setiap produk.

    Atau, jikalau Anda ingin membuat perputaran arus penjualan lebih lancar, coba juga diskon yang lebih besar menyerupai 40% atau 50% dengan pertimbangan bahwa serpihan harga tersebut sudah sesuai dengan margin laba yang Anda harapkan. Jangan hingga merugi!

  2. Potongan Harga Langsung Berupa Rupiah: Dengan teknik promosi ini Anda bisa eksklusif menerapkan serpihan harga tanpa persentase. Misalnya, beli 2 produk eksklusif sanggup serpihan harga sebesar Rp 100.000. Atau, berikan pelanggan Anda serpihan harga sebesar Rp 250.000 setiap kali nilai belanja mencapai Rp 1.000.000.

  3. Beli Produk Gratis Produk: Tidak hanya bisnis online, teknik promosi yang satu ini pun kerap dipakai di dept. store menyerupai yang ada di mall atau sentra perbelanjaan lainnya. Yang perlu Anda lakukan yaitu mengatakan produk gratis setiap kali pelanggan membeli produk tertentu dengan jumlah tertentu.

    Contoh, jikalau Anda menjual gitar di toko online Anda, Anda bisa mengatakan sepaket senar gitar gratis untuk produk gitar tertentu yang dibeli. Atau, coba juga teknik ‘Beli 3 Gratis 1’.

    Teknik ini juga sangat ampuh dipakai apabila Anda mempunyai produk yang kurang laris namun stoknya masih banyak tersedia di inventori Anda. Ketimbang produk yang kurang laris tersebut hanya memenuhi inventori Anda saja, lebih baik dibagikan secara gratis sebagai bab dari teknik promosi Anda.

  4. Pengiriman Gratis: Biaya pengiriman yang cenderung mahal bisa menjadi alasan utama kenapa pelanggan tidak jadi membeli dari toko online Anda. Alhasil, produk yang ada di keranjang belanjaan pembeli tidak lanjut ke tahap pembayaran, artinya dibiarkan begitu saja.

    Nah, gunakan teknik promosi Pengiriman Gratis untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Anda bisa memakai teknik promosi yang satu ini dengan taktik pemasaran yang sesuai dengan bisnis online Anda.

    Contoh, berikan promo Pengiriman Gratis di momen tertentu menyerupai selama Ramadhan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Atau, berikan promo tersebut apabila pembeli berbelanja dengan nominal tertentu.


Kapan dan Bagaimana Teknik Promosi Terbaik Dengan Diskon?


Ada aneka macam teknik promosi terbaik yang bisa kita manfaatkan dengan memakai diskon untuk meningkatkan penjualan dan mendapat pelanggan gres yang sangat potensial untuk menjadi pelanggan loyal.


Teknik promosi terbaik ini hanya akan menjadi ‘yang terbaik’ apabila dimanfaatkan dengan perencanaan dan taktik yang sudah matang dan tentu sesuai dengan brand bisnis online Anda.


Mari kita simak selengkapnya menyerupai apa teknik promosi terbaik yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan penjualan.


8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online yang Mampu Meningkatkan Penjualan


1. Diskon Mingguan/Bulanan Untuk Meningkatkan Penjualan Sekaligus Memenuhi Target Pendapatan


Bila memakai metode diskon menyerupai ini, artinya Anda mengatakan serpihan harga secara rutin kepada pelanggan Anda, menyerupai diskon mingguan dan bulanan.


Metode ini tentu bisa menarik pelanggan yang lebih banyak, bahkan mereka yang belum tahu brand Anda pun bisa menjadi pelanggan potensial.


Dalam hal ini, kita contohkan penyedia layanan hosting lokal Niaga Hoster yang rutin mengatakan diskon setiap simpulan pekan.


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Dengan teknik promosi ini, terbukti Niaga Hoster bisa meningkatkan penjualan dan mengakuisisi pelanggan gres dari waktu ke waktu.


2. Diskon Khusus Musim Tertentu Seperti Liburan/Hari Besar


Metode diskon ini pastinya sering Anda jumpai ketika trend liburan datang menyerupai Ramadhan, Lebaran, Natal dan Tahun Baru.


Musim belanja lain menyerupai Harbolnas (lokal) dan Black Friday (internasional) hingga HUT Kemerdekaan RI pun turut menjadi ajang ‘adu diskon’ bagi pemilik bisnis online.


Kita contohkan brand kemeja premium laki-laki De Quixote yang memanfaatkan trend libur Idulfitri untuk mengatakan diskon kepada pelanggannya:


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Khusus kepada pembaca Seni Berpikir, De Quixote mengatakan instruksi diskon DQ25OFF dengan serpihan harga 25% untuk setiap pembelian khusus di momen Idulfitri yang penuh berkah ini. Belanja sekarang!


3. Promo Diskon Dengan Berlangganan Email


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Email marketing masih menjadi senjata yang sangat ampuh untuk menarik pengunjung dan meningkatkan penjualan.


Teknik promosi ini dipakai untuk mengumpulkan email dari calon pelanggan dengan instruksi promo diskon sebagai imbalannya.


Jadi, setiap pengunjung toko online Anda yang berlangganan email akan mendapat instruksi diskon dari Anda.


Anda pun bisa mengirimkan promo-promo selanjutnya ke email mereka sesudah Anda mengumpulkannya.


4. Potongan Harga Khusus Mereka yang Baru Pertama Kali Belanja


Mereka yang gres mengetahui brand Anda dan gres pertama kali mengunjungi toko online Anda tentu wajib diberikan penghargaan dengan mengatakan diskon.


Hal tersebut pun ampuh untuk meningkatkan loyalitas dan first impression mereka terhadap bisnis online Anda. Metode ini juga dimanfaatkan dengan baik oleh Shopee untuk menarik lebih banyak pelanggan baru:


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Diskon menyerupai ini tentu saja bisa Anda tiru dengan menambahkan sedikit modifikasi menyerupai menggabungkannya dengan metode ‘berlangganan email’ yang bertujuan untuk email marketing jangka panjang.


5. Memanfaatkan Influencer Seperti Seleb Instagram, Youtuber, Maupun Blogger


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Menggandeng influencer yang mempunyai jumlah audiens yang besar kini ini merupakan teknik promosi yang sangat ampuh untuk meningkatkan penjualan bisnis online.


Selain memperbesar eksposur terhadap brand Anda, bekerja sama dengan influencer dalam teknik promosi endorsement juga sangat jitu untuk mendapat pelanggan potensial yang lebih spesifik dan loyal.


Ibarat kata, sosok favorit mereka saja memakai produk Anda, pastinya mereka yang mengidolainya pun terpacu untuk memakai produk Anda.


Tidak heran jikalau ketika membuka Instagram Anda sering menemukan seleb Instagram yang foto-fotonya sedang memamerkan atau memakai produk tertentu. Pun begitu dengan Youtube dan blog.


Memanfaatkan influencer untuk mempromosikan brand kerap disebut sebagai endorsement, dan teknik promosi ini merupakan satu dari teknik promosi terbaik yang bisa Anda gunakan kini juga.


Anda juga bisa mengatakan diskon khusus bagi follower sang influencer dengan instruksi voucher tertentu.


6. Diskon Khusus Pelanggan Setia


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Memberikan diskon secara khusus bagi pelanggan setia Anda bisa membuat ikatan yang besar lengan berkuasa antara brand Anda dengan pelanggan.


Metode ini bisa Anda manfaatkan dengan melihat berapa kali pelanggan yang sama membeli produk Anda. Misalnya si A sudah pernah membeli produk Anda semenjak tahun 2013, dan hingga tahun 2017 sudah 20 kali belanja di toko online Anda.


Pelanggan pun tentu ingin selalu disenangkan, jadi berikan diskon khusus kepada pelanggan setia tersebut sehingga bisa terus setia membeli barang dari toko online Anda.


7. Diskon Untuk Minimum Pembelian


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Memberikan diskon untuk minimum nominal pembelian juga terbukti efektif sebagai sebuah teknik promosi untuk toko online Anda.


Bila Anda sudah memastikan apakah diskon tersebut tidak terlalu mempengaruhi margin laba Anda dengan minimum nominal pembelian maka teknik ini wajib Anda coba.


Sebagai rujukan di atas, Fave juga memberlakukan sistem diskon dengan minimum transaksi di websitenya.


8. Jangan Lupa Tawarkan Cashback


 Teknik Promosi Terbaik Untuk Bisnis Online Demi Meningkatkan Penjualan 8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda


Tawaran cashback ini bahwasanya menyerupai dengan diskon, hanya saja, pelanggan berhak mendapat kembali sejumlah uang tertentu dari biaya yang telah dibayarnya ketika berbelanja.


Dari rujukan gambar di atas, cashback juga dipakai oleh BukaLapak untuk meningkatkan konversi dan pastinya penjualan. Teknik promosi ini tentunya bisa Anda manfaatkan kini juga.


Penutup


Itulah teknik promosi terbaik untuk bisnis online dalam meningkatkan penjualan bisnis online Anda. Teknik promosi terbaik tersebut hanya akan menjadi ‘yang terbaik’ apabila dibarengi dengan taktik yang matang dan tetap menguntungkan.


Untuk meningkatkan penjualan bisnis online, teknik promosi terbaik untuk bisnis online mana yang sedang dan akan Anda gunakan? Bagaimana efeknya? Apa rekomendasi Anda? Jangan sungkan untuk membagikan opini Anda lewat kolom komentar di bawah.


Bacaan Penting Untuk Anda:


1. Cara Memulai Bisnis Online Untuk Siapapun

2. 
Review Shopify: Membuat Toko Online dengan Mudah

3. Cara Membuat Toko Online dengan Shopify: Lengkap!

4. Cara Menginstall WordPress

5. Cara Membuat Toko Online Dengan WordPress

6. Coba 5 Situs Gratis Ini Untuk Membuat Logo Online

7. 5 Cara Agar Bisnis Online Dikenali

8. Coba 10 Alat Gratis Google untuk Digital Marketing

9. 5 Tool Gratis Untuk Membuat Postingan Gambar Media Sosial



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "8 Teknik Promosi Terbaik Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel