-->

iklan banner

Biaya Sehari-Hari Dan Biaya Peluang

Sahabat bangkusekolah.com, pada kesempatan ini, bahan yang akan kita ulas yaitu biaya sehari-hari dan biaya peluang. Untuk lebih jelasnya, simak ya.


Biaya merupakan segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan untuk memperoleh sesuatu. Biaya sanggup merupakan pengeluaran berbentuk uang atau hal lain yang tidak berkaitan eksklusif dengan uang. Biaya yang bekerjasama dengan uang ini kita sebut sebagai biaya langsung.


Misalnya, ketika kau mempunyai dua pilihan sehabis lulus SMU, yaitu; bekerja atau kuliah. Kalau kau menghitung semua uang yang kau keluarkan ketika kuliah( uang semester, uang buku, uang transportasi dan lain-lain). Lalu kau akan membandingkannya dengan uang yang sanggup kau peroleh dengan bekerja.


 bahan yang akan kita ulas yaitu biaya sehari Biaya Sehari-hari dan Biaya Peluang


A. Biaya Sehari-hari


Biaya eksklusif bekerjasama dengan biaya-biaya sehari-hari alasannya yaitu biaya sehari-hari yaitu biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup insan yang vital. Bahkan dalam keadaan ekonomi yang sulit sekalipun, insan tetap akan berusaha untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meskipun untuk itu ia harus mengorbankan kepentingan lainnya.


Ciri khas biaya sehari-hari:

• Merupakan prioritas utama

• Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak sanggup ditunda

• Bila perlu mengorbankan kepentingan lainnya


Misalnya saja:

Seorang ibu rumah tangga berjulukan Tuti. Tuti mendapatkan uang Rp.1.200.000 setiap bulannya untuk dibelanjakan kebutuhan keluarga yang terdiri dari suami dan satu anak. Bagaimanakan model perhitungannya?


Biaya sehari-hari (Rp.1.200.000 untuk 1 bulan)

Makanan Rp.650.000

Rekening listrik dan air Rp.100.000

Biaya sekolah anak Rp.150.000

Transportasi Rp. 100.000

Lain-lain Rp. 200.000

Jumlah Rp. 1.200.000


Biaya peluang memilikiarti yang berbeda dengan biaya sehari-hari. Sebagaimana sudah kau lihat kasus di atas, sumber daya yang ada sangatlah terbatas sehingga insan dipaksa untuk menciptakan pilihan dalam hidupnya. Dengan menciptakan sebuah pilihan, berarti kita mengorbankan hal yang lain. Ketika kau tetapkan untuk belajar, berarti kau telah mengorbankan waktumu untuk yang sanggup kau gunakan untuk bersenang-senang dengan temanmu. Ketika kau tetapkan untuk membeli makanan, berarti kau telah mengorbankan kesempatan peluang lain yang sanggup kau gunakan contohnya membeli barang lain selain makanan.


Contoh lainnya ketika ada seseorang yang antri membeli minyak, ia telah mengorbankan dua hal yaitu waktu untuk mengantri dan juga uang untuk membayar minyak tersebut.


Dari kekerabatan itulah maka muncul istilah yang disebut sebagai biaya peluang (opportunity cost).


B. Biaya Peluang


Biaya peluang yaitu biaya yang dilakukan oleh seseorang alasannya yaitu mengambil sebuah pilihan. Berbedau dengan biaya eksklusif yang bekerjasama dengan uang, biaya peluang tidak harus bekerjasama dengan uang. Coba lihat kembali pola di atas. Kita sanggup membandingkan pilihan bekerja atau kuliah dengan uang yang didapat dan uang yang dikeluarkan. Selain itu, kita juga sanggup membandingkan pengorbanan lainnya menyerupai waktu yang telah digunakan, kesenangan, pergaulan, pengalaman, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Inilah biaya peluangnya.


Setiap orang mempunyai perhitungan biaya peluang yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lain. Hal itu dipengaruhi oleh kondisi dan situasi yang dihadapinya. Bagi seorang pelajar yang mempunyai sumbangan finansial yang baik, ia akan menganggap kuliah merupakan pilihan yang rasional. Namun, bagi pelajar yang keuangan keluarganya pas-pasan, mungkin bekerja merupakan pilihan yang lebih sempurna alasannya yaitu sanggup menunjukkan laba yang lebih baik daripada kuliah.


Itulah ulasan mengenai bahan biaya sehari-hari dan biaya peluang. Semoga dengan membaca artikel di bangkusekolah.com, kau sanggup paham. Yuk like dan share biar temanmu juga sanggup ikut membacanya.



Sumber https://bangkusekolah.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Biaya Sehari-Hari Dan Biaya Peluang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel