Cara Menciptakan Mail Merge Di Microsoft Word 2007
Mail merge adalah sebuah aplikasi surat menyurat yang disediakan oleh aplikasi menyerupai microsoft word untuk menciptakan user/penggunanya menciptakan banyak surat dengan format dan isi yang sama dengan cepat. Dengan adanya akomodasi mail merge di ms word ini, memudahkan user yang terbiasa menciptakan surat dengan isi atau konsep surat yang sama dengan nama dan alamat yang berbeda. kemudian bagaimana cara menciptakan mail merge di microsfot word 2007?
Langkah-langkah menciptakan mail merge di ms word
Untuk pembuatan mail merge sebagaimana fungsinya yaitu membantu mempermudah dalam pembuatan surat atau goresan pena dengan jumlah banyak tetapi dengan format yang sama, biasanya dibutuhkan dua file. Yang pertama dapat memakai aplikasi spreedsheet/excel atau database untuk meletakkan data menyerupai alamat, nama yang akan diolah. File yang kedua berupa isi surat, biasanya dibentuk dengan aplikasi pengolah kata menyerupai ms word.
Sebagai contoh mail merge kali ini aku akan mengambil contoh pembuatan surat seruan kepada klien/pelanggan, dimana “nama”, alamat”, “kota” yang menjadi acuannya/data, lihat gambar dibawah ini :
Lalu bagimana menciptakan mail merge menyerupai di atas, berikut tahap pembuatannya:
1.Bukalah program ms. word 2007 anda, Buatlah header terlebih dahulu dengan cara klik “insert”, kemudian pilih “header” kemudian pilih “blank” dengan terlebih dahulu mengklik tanda panah dibawah icon header.
2. Ketikkan teks sesuai gambar di bawah ini , kemudian klik kanan sesudah teks maka toolbar font akan muncul atau atur dengan klik “home”. Kemudian atur font menjadi “calibri”, size 14, alignment center. Untuk baris pertama silahkan anda hitamkan/bold.
3. Tambahkan garis dengan menentukan tab “insert” klik “shapes”. Kemudian anda pilih icon line, kemudian drag di bawah teks sambil sambil menekan shift semoga hasil garis lurus.
4. Untuk mengatur ketebalan garis, pilih Tab Format yang muncul otomatis sesudah menciptakan garis. Masuk sub sajian weight pilih 1 pt.
5. Hasil pengerjaan no. 4 menyerupai gambar di bawah ini:
6. Lalu lengkapilah/ketik surat anda menjadi menyerupai gambar di bawah ini, di bawah header tentunya.
7. Untuk menciptakan surat dengan Mailing List klik Tab Mailings klik icon Start Mail Merge pilih Step by step Mail Merge Wizard.
8. Akan muncul panel di sebelah kanan dokumen. Pilih Letters, klik Next. Kemudian kita pilih Use the current document, klik Next.
9. Karena daftar peserta belum kita miliki, maka buat gres dengan menentukan Type a new list, klik Create.
10. Akan muncul kotak obrolan New Address List kemudian klik customize colums untuk mengubah fieldnya menjadi Nama, Alamat dan Kota. Gunakan tombol delete untuk menghapus field yang tidak diperlukan. Lalu klik Ok
11. Isikan Address List dengan data peserta surat. Gunakan tombol New Entry untuk menambah data, kemudian klik Ok kalau sudah selesai.
12. Simpan data source anda ke dalam sebuah file, contoh data.mdb. Perhatikan posisi file. Defaultnya sebuah data source berada di dalam folder My Document/My Data Source. Anda dapat menentukan lokasi lain pada ketika proses penyimpanan.
13. Di bawah ini ialah daftar peserta surat yang sudah dibuat. Apabila ada yang tidak diperlukan, hilangkan tanda cek pada data.
14. Klik Next pada panel, kemudian masukkan field ke dalam surat dengan cara posisikan kursor sesudah teks Yth kemudian pada Tab Mailings klik icon Insert Merge Field, klik Nama, enter, klik Alamat, enter, kemudian klik Kota.
15. Akan muncul menyerupai di bawah ini:
16. Untuk melihat balasannya klik Next pada panel.
17.Akan muncul hasil menyerupai di bawah ini
18. Untuk melihat data yang lain, klik tanda panah pada Recipient menyerupai di bawah ini. Kemudian klik Next untuk mengakhiri Mail Merge. Surat dapat dicetak ke printer atau dicetak ke dalam sebuah file kemudian dapat diedit secara individual.
Sampai di sini tahap pembuatan mail merge telah selesai. Anda dapat mend0wnl0ad bahan pembuatan mail merge di atas, dan juga contoh pembuatan mail merge dalam surat undangan (mail merge untuk envelopes) dilengkapi soal-soal latihan. Silahkan klik di sini untuk mendapat materinya.
Demikian artikel tutorial mail merge, semoga bermanfaat.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Cara Menciptakan Mail Merge Di Microsoft Word 2007"
Posting Komentar