Prosedur Penerimaan Barang Di Gudang
Berikut ini yakni 10 mekanisme penerimaan barang di gudang :
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Akhir kata wassalamualaikum wrwb.
Referensi :
Sumber http://matematikaakuntansi.blogspot.com
- Menerima salinan order dari departemen pembelian sebelum barang datang/dikirim.
- Barang yang dikirim harus disertai faktur dan dihitung ulang oleh peserta sesuai dengan satuannya yang ada dalam order.
- Diterima; diukur (lakukan investigasi spesifikasi; jumlah dll) yabg sesuai dengan order bab pembelian.
- Bandingkan harga barang yang disampaikan oleh faktur dengan harga yang ditentukan oleh order harus sama.
- Bila ada kergauan perihal mutu; harga; jumlah hubungi pejabat yang berwenang ( sesuai dengan santunan order).
- Bila barang tidak disertai faktur maka lakukan memorandum invoice (pengganti faktur).
- Bila terdapat barang rusak atau cacat, maka pihak peserta harus mengembalikannya kepada pemasok dan buatkan credit memorandum yang ditanda tangani oleh pihak peserta barang dan pihak pemasok serta dicap oleh prusahaan.
- Barang yang diterima dibuatkan slip penerimaan (delivery slip).
- Departmen accounting tidak akan membayar tanpa dilengkapi dengan delivery slip. Delivery slip bukti bahwa barang telah diterima oleh bab pembelian.
- Bagian penerimaan barang mengembangkan laporan perihal semua barang yang telah diterima ke dalam bentuk laporan harian penerimaan (Daily Receiving List Report).
Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata. Akhir kata wassalamualaikum wrwb.
Referensi :
- S. Pandiangan
0 Response to "Prosedur Penerimaan Barang Di Gudang"
Posting Komentar