-->

iklan banner

Apa Itu Seo ? Pembahasan Lengkap Wacana Seo

Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang SEO,-


Search Engine Optimization yaitu suatu teknik dimana sanggup membantu website/artikel Anda terlihat dan muncul di hasil pencarian oleh seseorang…


Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang blogger atau internet marketer, Maka SEO yaitu hal yang wajib hukumnya untuk dipelajari.


Apa sih laba menerapkan SEO pada website kita?


Keuntungan yang paling kentara yaitu kita sanggup mendapat visitor organik (Hasil search engine) secara berkala, Selain itu kita tidak perlu mengeluarkan modal sepersenpun untuk menerapkan SEO.


Berbeda dengan metode Iklan, Selain berbayar juga mempunyai jangka waktu tertentu sehingga kurang efektif bila Anda tidak mempunyai dana yang cukup.


Secara sederhana, SEO akan sangat membantu Anda secara terjadwal dan tidak hanya dalam kurun waktu tertentu, sehingga lebih efektif sekaligus efesien.


Apa itu SEO ? SEO yaitu teknik untuk menaikkan visitor organik pada website


Siapa Saja Yang Harus Belajar SEO?


Semua orang yang punya website HARUS mencar ilmu SEO!


Apa Untungnya Belajar SEO?


Secara sederhana yaitu kita sanggup mendapat traffic organik (dari search engine), Dan akan saya bahas lebih dalam di artikel ini, jadi pastikan membacanya hingga selesai.


Saya punya website e-commerce apakah saya perlu SEO?


Wajib!! Dan biasanya website e-commerce minim keyword yang sanggup dibidik, oleh lantaran itu para pemilik website e-commerce memakai blog (artikel) untuk menunjang SEO mereka.


Saat ini saya sendiri juga sedang develop website e-commerce, Dan akan saya buatkan sebuah artikel khusus website e-commerce di kesempatan lain.


Saya tidak arif bermain imers, Apakah saya sanggup menyewa jasa SEO?


Bisa, dan sangat disarankan bila memang Anda “niat” untuk mengurus website.


Bahkan perusahaan traveloka pun menyewa orang khusus untuk mengurus SEO mereka, walaupun promosi mereka sudah gencar di media digital.


Bagaimana cara tercepat mencar ilmu SEO?


Jawabannya cuma 1, yaitu Praktek, gak usah banyak tanya sebelum mencoba.


Jika buntu, gres silahkan mencari tahu di forum, grup sosial media, atau bertanya pada mastah.


Secara umum, SEO terbagi menjadi 2 tahapan :


On-page SEO


Apa itu Seo On-page


Adalah segala sesuatu yang bekerjasama dengan isi dalam website kita, Segala sesuatu yang perlu kita setting dan tambahkan untuk optimasi website kita.


On-page seo meliputi beberapa hal berikut :



Off-page SEO


Apa itu SEO off-page


…Secara ringkas, off-page SEO yaitu segala sesuatu yang berada diluar website kita. Atau sanggup juga menyebutnya dengan istilah link building.


Pengaplikasian off-page SEO sering juga disebut dengan backlink, Tentunya backlink yang berkualitas alasannya yaitu dengan salah menentukan backlink justru sanggup menurunkan kualitas webste Anda.


off-page seo meliputi beberapa hal berikut :



ok done, setidaknya kini Anda sudah paham Apa itu SEO secara singkat.


[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]


Sekarang mari kita lanjutkan pembahasan artikel ini lebih mendalam…



Setelah melaksanakan meningkatkan secara optimal diatas, Setidaknya Anda mempunyai peluang lebih besar (dari sebelumnya) untuk menciptakan artikel Anda berada di halaman pertama.


Namun, niscaya timbul pertanyaan menyerupai ini…


Saya sudah melaksanakan meningkatkan secara optimal diatas, Tapi kenapa tidak kunjung menempati halaman pertama?


Jawaban singkatnya adalah, Berarti website tentangan Anda mempunyai off-page SEO yang lebih powerfull daripada Anda.


Bagaimana cara mengetahui off-page SEO website orang lain?



  • Buka website mereka, Kemudian lihat berapa banyak follower dari sosial media mereka

    Walaupun visitor dari sosial media bukan merupakan organic traffic, Namun kebanyakan dari mereka lebih praktis tertarik untuk membaca artikel Anda alasannya yaitu mereka melaksanakan follow fanspage Anda dengan sukarela dan menganggap website Anda berkualitas.

  • Cek backlink mereka dengan memakai tools dari moz ini.

    Kemudian bandingkan dengan milik Anda, bagaimana hasilnya?


Kenapa off-page SEO itu “lebih” penting?


Pertama, Search engine, khususnya google setiap tahun selalu memperbarui algoritma mereka.


Sebagai contoh, Beberapa tahun yang kemudian banyak para imer yang memanfaatkan backlink melalui komentar yang ada di website milik orang lain.


Google mengetahui bahwa hal tersebut banyak dimanfaatkan untuk memasang backlink secara brutal, Dan kesudahannya memutuskan untuk tidak menciptakan link pada komentar menjadi backlink berkualitas.


Kedua, off-page SEO memperlihatkan kesan pertama pada search engine dan menilai apakah website Anda layak untuk menempati peringkat pertama.


Contoh sederhananya yaitu menyerupai ini, Ketika Anda melihat sebuah fanspage atau posting pada facebook (atau sosial media lainnya) niscaya postingan yang mempunyai lebih banyak like atau +1 terlihat lebih kredibel di mata Anda.


Ketiga, Apa saja laba website dengan off-page SEO yang bagus?



  • Peningkatan pada ranking, Website akan mendapat rank lebih tinggi pada SERP dan berarti juga visitor yang lebih banyak

  • PageRank yang tinggi, Pagerank yaitu algoritma yang dipakai oleh Google untuk menilai website Anda “dianggap” penting oleh Google (pagerank bernilai 1 – 10)


Keempat, Website lebih sering terekspose


Maksudnya yaitu website Anda lebih praktis dikenal orang lain secara menyeluruh, Dari search engine, sosial media, dan mention (backlink) secara sukarela dari website lain.


Yang artinya, Rantai promosi yang tak akan pernah habis.


Bayangkan saja ketika Anda mempublish posting dengan jumlah like puluran ribu bahkan lebih pada fanspage Anda dan ada orang lain (dengan teman sebanyak 1000) yang share artikel Anda di sosial media berarti +1000 “calon visitor” website Anda.


Belum lagi organic visitor dari hasil search engine juga.


Link Building


Setelah memahami penerapan diatas, Sekarang saatnya membahas link building…


Penjelasan yang paling ringan bagi link building yaitu bagaimana Anda berusaha untuk mendapat lebih banyak like, +1, mention, retweet atau apa saja yang terang sanggup menciptakan Anda mendapat peringkat lebih tinggi daripada tentangan Anda.


Beberapa metode yang paling terkenal yaitu :


Inbound link, Atau lebih singkatnya yaitu link yang menuju ke link lain dalam website Anda sendiri (inbound link).


Forum, Walaupun banyak lembaga yang melarang menempatkan link aktif dan follow, Tapi tidak ada salahnya untuk mempromosikan website Anda pada lembaga untuk meningkatkan merk awareness milik Anda.


Blogwalking, Sama menyerupai cara diatas, Dengan melaksanakan blogwalking Anda sanggup meningkatkan merk awareness milik Anda. Tentunya dengan blogwalking yang berkualitas dan sesuai topik website Anda.


Sosial share, Adalah memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan konten Anda.


Jika Anda melihat beberapa cara diatas, Pasti Anda memahami bahwa cara diatas tidak menghasilkan link follow pada website Anda.


Memang benar, ketika ini Google lebih mengedepankan untuk menilai backlink yang baik dan benar. Istilahnya yaitu backlink yang diberikan secara sukarela.


 yaitu suatu teknik dimana sanggup membantu website Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang SEO
Apa itu SEO,- SEO lawas & baru

[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]


White Hat Vs Black Hat


Pertanyaan gres lagi, Lalu kenapa kini masih banyak yang menjual jasa backlink dan sebagainya?


Mari lebih blak-blakan…


Dalam dunia imers, Ada istilah yang berjulukan white hat, black hat, grey hat.


White hat yaitu istilah yang dipakai untuk menyebut para pelaku SEO yang sesuai aturan, Sedangkan Black Hat yaitu mereka yang memanfaatkan setiap celah yang ada di search engine, Sedangkan Grey Hat yaitu setengah dari mereka.


Saya tidak akan membahas lebih dalam mengenai para “topi” tersebut, Tapi akan saya jelaskan secara ringkas…


Para pelaku White Hat dalam SEO biasanya mendapat hasil dari tekniknya terbilang usang (kisaran 1 – 3 bulan gres terasa), Namun bila sukses akan bertahan usang dan worthed.


Sedangkan pelaku Black Hat, mendapat buah hasilnya secara cepat namun cepat pula terkena pinalty oleh Google.


Jadi…


… Membeli backlink yaitu cara black hat, Tentunya dengan resiko bahwa website Anda sanggup deindex kapanpun google mengetahui kecurangan Anda.


Setelah mengetahui jenis “topi” diatas, kini kita sanggup lebih mengerucutkan bahasan mengenai link building ini, Yaitu apa saja faktor yang perlu Anda ketahui Mengenai Backlink ini :


1. Follow or No Follow?


Google menilai backlink dari jenis “rel” pada link aktif yang terdapat pada setiap website yang terdaftar di webmaster.


Secara default, semua link yang ada di website kita yaitu follow. Atau lebih gampangnya yaitu Anda menyetujui mempromosikan link yang Anda pasang di website Anda.


Jika Anda memakai platform wordpress, Anda sanggup memakai plugin WP Eksternal Link untuk menambahkan tag rel=no follow pada setiap link aktif yang ada di website Anda.


Namun bila Anda memakai platform lain, Anda harus memperlihatkan tag no follow secara manual pada link tersebut.


Saya menyarankan untuk memperlihatkan tag rel no follow pada setiap link yang ada di website Anda, terutama link yang tersemat di kolom komentar website Anda.


2. Bagaimana Backlink Yang Bagus?


Backlink yang manis yaitu backlink yang diberikan secara sukarela oleh pemilik website tersebut, Tidak secara berbayar, tidak pula secara diminta. Tentunya yang sesuai dengan topik/niche website Anda.


Sebab Google juga mempunyai algoritma untuk mendeteksi bahwa backlink yang ada di suatu website tersebut yaitu hasil dari pertukaran link.


3. Bagaimana Mendapatkan Backlink?


Setelah membaca poin ke-2 diatas, Pasti kita memahami bagaimana sulitnya mendapat backlink yang berkualitas.


Dan memang benar, Hal tersebut sangat sulit didapatkan, Saran saya yaitu lupakan backlink ini. Fokuslah menciptakan sesuatu yang bernilai sehingga orang lain menganggap Anda layak untuk dipromosikan orang lain.


4. Kemudian, Apakah blogwalking sudah tidak bermanfaat lagi?


Jawabannya sanggup iya sanggup tidak, tergantung tujuan Anda melaksanakan blogwalking itu sendiri.


Google memang sudah tidak menilai link yang tertanam pada kolom komentar pada website, Namun blogwalking yang benar sanggup membantu Anda meningkatkan merk awareness website Anda pada orang lain.


Silahkan baca : 7 tips blogwalking yang baik dan benar


5. Apakah Guest post cara yang baik untuk menaikkan backlink?


Jawabannya ada pada pemilik website itu sendiri, Jika pemilik website tersebut memperbolehkan Anda untuk memasang link maka Anda beruntung.


Tapi biasanya para pemilik blog tidak mengijinkan Anda untuk memasang link aktif pada website mereka, Dan sebagai gantinya Anda sanggup memasang URL website Anda secara inactive.


Jika Anda mempunyai artikel yang manis dan ingin menciptakan guest post pada website bacaanku.com, Silahkan Menghubungi saya.


6. Sosial Media


Pada setiap sosial media menyerupai facebook misalnya, Mereka tidak menyematkan tag follow pada link yang tersebar di sosial media tersebut.


Namun jangan salah, hingga ketika ini promosi melalui sosial media masih sangat besar hasilnya untuk website.


7. Sosial bookmark


Sayangnya di Indonesia, sosial bookmark kurang begitu dikenal. Tapi bukan berarti Anda tidak sanggup memanfaatkannya. Mungkin saja Anda sanggup menciptakan postingan di sosial bookmark menyerupai kompasiana atau pulsk.


Jika Anda mempunyai website berbahasa inggris, Saran saya jangan lupakan Pinterest!!


[divider style=”dotted” top=”5″ bottom=”5″]


Kesimpulan…


Setelah membaca artikel Apa itu SEO kali ini, beberapa kesimpulan yang sanggup diambil yaitu :


Walaupun Anda sudah melaksanakan meningkatkan secara optimal yang sedemikian rupa terhadap on-page SEO pada website Anda, Jangan pernah lupakan sisi off-page SEO.


Akan tetapi jangan over focus, Lupakan mencari backlink terlebih dahulu, fokuslah menciptakan website Anda berkualitas. Mulai dari diri sendiri dulu, Biarkan orang lain yang menilai.


Tugas Anda sebagai imers yaitu mempromosikan konten Anda dengan baik, promosi yang baik akan berimbas baik pula kepada Anda.


[divider style=”double” top=”5″ bottom=”5″]

[]


Sekian artikel kategori SEO mengenai Apa itu SEO ? Pembahasan Lengkap Tentang Apa itu SEO yang sesungguhnya kali ini, Semoga sanggup memberi ilham kepada Anda, Terima Kasih.


Jika Ada yang ingin ditambahkan atau ditanyakan silahkan mengisi kolom komentar.


Silahkan Like Fanspage kami dan Share artikel ini Jika Menurut Anda Bermanfaat Untuk Anda dan Orang Lain.



Sumber https://bacaanku.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Seo ? Pembahasan Lengkap Wacana Seo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel