-->

iklan banner

Cara Menciptakan Daftar Isi Di Dalam Tulisan

Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan – Setelah sebelumnya saya sudah pernah membahas wacana cara membuat daftar isi seluruh artikel di dalam sebuah website/blog WordPress, kali ini saya memandu Anda jikalau ingin menciptakan daftar isi di dalam goresan pena Anda yang mungkin panjang dan Anda ingin mengatur strukturnya.


Jika Anda membahas satu topik lewat goresan pena yang cukup panjang dan terstruktur, ada baiknya Anda memakai daftar isi/table of contents semoga si pembaca lebih simpel dalam mengakses bagian-bagian goresan pena tersebut. Bagian-bagian tersebut sanggup Anda susun bagaikan daftar isi yang kerap Anda lihat di artikel-artikel Wikipedia dan artikel Wiki lainnya, di mana dikala judul di daftar isi itu diklik, akan secara otomatis diarahkan kepada bab tersebut di dalam isi tulisan.


Agar Anda lebih simpel memahaminya, coba buka salah satu artikel di Wikipedia. Tampilan daftar isinya akan terlihat ibarat berikut, dan coba klik salah satu judul di daftar isi tersebut, contohnya pada bab yang ditandai:


Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan


Setelah meng-klik salah satu judul di daftar isi tadi, Anda akan secara otomatis ‘diseret’ ke bab tersebut seperti:


Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan


Uniknya, kita juga sanggup menciptakan daftar isi di dalam goresan pena dengan prosedur yang sama ibarat di dalam Wikipedia. Membuat daftar isi di dalam goresan pena sanggup diwujudkan dengan 2 metode, yakni secara manual atau pun otomatis. Untuk yang lebih suka memakai plugin WordPress semoga lebih gampang, berikut cara menciptakan daftar isi di dalam goresan pena dengan plugin rekomendasi saya.


Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan WordPress Dengan Plugin


Klik Untuk Skip ke Cara Manual



  1. Install dan aktifkan plugin Table of Contents Plus sebagaimana yang biasa Anda lakukan dikala menginstall plugin WordPress.

  2. Setelah mengaktifkan plugin tersebut, masuk ke Settings => TOC+


Halaman setting TOC+ akan terlihat ibarat ini :


Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan


3. Lakukan konfigurasi di bab Main Options dan Sitemap. Berikut lebih rincinya:


Main Options



  • Position: Secara default pilihan ini akan diset ke Before first heading (default). Jika dipilih maka daftar isi di dalam goresan pena akan tampil sebelum Heading/sub-judul pertama artikel Anda. Anda sanggup mengaturnya ke Top, Bottom, atau After, tergantung selera Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan tes tampilannya satu per satu sesuai pilihan.

  • Show When: Jika sebelumnya Anda mengatur letak daftar isi yang ingin ditampilkan, di sini Anda akan mengatur kapan daftar isi itu akan tersusun dan tampil di dalam goresan pena Anda. Jika menentukan 4, maka sehabis terdapat 4 heading/sub-judul di goresan pena Anda, daftar isi akan secara otomatis tersusun dan tampil di dalam goresan pena Anda.

  • Untuk pilhan selanjutnya di bagian ‘Auto insert for the following content types’ Anda tinggal sesuaikan saja sesuai keinginan, cek opsi Posts dan Pages semoga daftar isi secara otomatis terbentuk baik untuk Artikel (Posts) maupun Halaman (Pages) atau pilih salah satu.

  • Di bab Heading Text biarkan tetap terceklis pilihan yang ada, dan ubah Contents menjadi Daftar Isi atau apapun yang Anda inginkan. Selebihnya, biarkan pilihan yang ada sesuai default dan mari pindah ke bab Appearance.

  • Di bab Appearance Anda sanggup menentukan tampilan daftar isi yang nantinya akan tersusun sesuai cita-cita Anda. Di bab Presentation silahkan pilih skin yang Anda inginkan. Biar lebih jelas, silahkan coba skin satu per satu.

  • Di bab Advanced, biarkan saja pilihan yang ada, atau jikalau masih kurang jelas, silahkan hubungi kami.


Sitemap


Seperti pada bab Advanced sebelumnya, hal yang sama juga sanggup Anda lakukan pada bab Sitemap ini. Biarkan saja secara default dan jikalau ada pertanyaan/kendala silahkan hubungi kami.


Cara Kerjana?


 


Jika sebelumnya Anda menentukan Auto insert for the following content types, maka plugin ini akan secara otomatis menciptakan daftar isi di dalam tulisan Anda sesuai dengan Heading/sub-judul yang ada. Misalnya di beberapa bab tertentu Anda menciptakan sub-judul dengan Heading 2, Heading 3, dan sebagainya, maka sub-judul tersebut akan secara otomatis disematkan menjadi bab dari daftar isi di dalam goresan pena Anda.


Jika Anda tidak mengecek opsi Auto insert for the following content types, maka plugin ini tidak akan menciptakan daftar isi di dalam artikel Anda, dan Anda sanggup menempatkan daftar isi dengan shortcode berikut:


[toc]

Tempatkan shortcode di atas di mana pun Anda ingin menampilkan daftar isi untuk goresan pena Anda.


Jika Anda mengecek opsi Auto insert for the following content types di beberapa artikel tertentu Anda tidak ingin menampilkan daftar isi di dalam goresan pena Anda, maka gunakan shortcode berikut untuk tidak menampilkan daftar isi di dalam artikel Anda:


[no_toc]

Tempatkan shortcode di atas di dalam goresan pena Anda.


Jika Anda ingin menampilkan daftar isi di dalam widget, maka Anda hanya perlu menempatkan TOC+ widget ke sidebar blog Anda. Ketika menempatkannya, cek opsi Show the table of contents only in the sidebar jikalau Anda tidak ingin daftar isi tampil di dalam artikel/halaman Anda, melainkan hanya di Sidebar sebagai sebuah widget.


Sampai pada tahap ini, selamat, Anda sudah sanggup menciptakan daftar isi di dalam goresan pena WordPress Anda dengan dukungan plugin.


Cara Manual Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan WordPress 


Jika Anda lebih suka cara yang manual tanpa dukungan plugin, Anda sanggup mengikuti metode manual ini untuk menciptakan daftar isi di dalam goresan pena Anda. Caranya memang sedikit ribet, tapi paling tidak Anda tidak memberatkan server blog Anda alasannya eksistensi plugin tambahan, apalagi Anda tidak selalu membutuhkan daftar isi untuk goresan pena Anda. Silahkan ikuti cara berikut.


1. Yang perlu Anda siapkan yaitu Heading/Sub-judul. Kira-kira sanggup ibarat ini:



  1. Latar Belakang

  2. Sejarah

  3. Pembahasan

  4. Kesimpulan


2. Anda tidak perlu membuatnya sekarang, hanya perlu disiapkan saja. Silahkan lengkapi artikel/tulisan Anda dengan banyak sekali sub-judul. Jika sudah maka tempatkanlah Heading/Sub-judul goresan pena Anda ibarat yang di atas, tempatkan di manapun Anda ingin daftar isi tersebut terlihat, contohnya di bawah paragraf pertama.


3. Kemudian buat format sub-judul, contohnya Latar Belakang, menjadi Heading 3 atau Heading 4 atau terserah Anda. Di dalam editor kawasan Anda menulis artikel WordPress ibarat biasa, Anda sanggup melihat terdapat dua label yakni Visual dan Text. Klik bab Text. Jika Anda menciptakan sub-judul Latar Belakang menjadi Heading 3, maka di bab Text akan terlihat tag ibarat ini:


<h3>Latar Belakang</h3>


Nah, triknya, Anda tinggal merubahnya menjadi tag ibarat ini:


<h3 id=”bagian1″>Latar Belakang</h3>


bagian1 merupakan id dari heading yang akan kita konfigurasi. Anda sanggup mengubahnya menjadi apapun, namun jangan lupa pada perubahan yang Anda buat untuk tahap selanjutnya.


4. Kembali ke bab Visual dan pastikan bahwa tidak ada kesalahan terutama di bab Latar Belakang, atau apapun yang Anda tentukan. Jika terjadi kesalahan maka Anda harus mengulang langkah sebelumnya sampai benar.


5. Sekarang kita hanya perlu menciptakan link ke bab Latar Belakang. Sematkan link untuk bab Latar Belakang dengan #bagian1, kemudian pilih Add Link, ibarat gambar berikut:


Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan Cara Membuat Daftar Isi di Dalam Tulisan


Lakukan juga sebaliknya dan ke sisa seluruh Heading daftar isi Anda.


6. Sekarang mari kita uji coba link-nya. Di dalam artikel ini saya sudah menyiapkan pola konkret yang sanggup Anda peragakan.


Kembali ke Metode Plugin (<= klik goresan pena berikut dan lihat hasilnya)


Bagaimana? Sudah sanggup mempraktekkannya? Cara manual ini tidak hanya sanggup diaplikasikan di WordPress saja, melainkan juga di Blogspot maupun platform blogging lainnya yang mendukung susukan HTML dalam pembuatan tulisan.


Kesimpulan


Bagi Anda yang kerap menulis artikel yang relatif panjang, mungkin sangat mempunyai kegunaan jikalau Anda menciptakan daftar isi di dalam goresan pena Anda semoga selain pembaca sanggup melihat citra isi dari ‘tulisan panjang’ Anda, pembaca juga sanggup eksklusif skip ke bab yang ingin mereka baca dengan cepat tanpa harus repot mencari bab tersebut. Untuk metodenya sendiri Anda sanggup menentukan dua cara, silahkan pilih cara mana yang paling simpel berdasarkan Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Tentang menciptakan daftar isi di dalam tulisa WordPress ini, saya ingin mengetahui jawaban dari Anda, jadi silahkan berkomentar di bawah ini.


 



Sumber https://www.seniberpikir.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Daftar Isi Di Dalam Tulisan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel