Kumpulan Rumus Excel Lengkap Semua Fungsi
Rumus Excel – Sedang mencari kumpulan rumus Microsoft Excel lengkap untuk semua fungsi dan perhitungan? Ulasan kali ini kami akan membuatkan kepada anda perihal banyak sekali macam rumus excel terlengkap beserta pola terbaru yang mungkin akan bermanfaat untuk anda. Siapa yang tak kenal microsoft Excel? kami rasa semua orang pastinya sudah tak absurd lagi dengan aplikasi komputer yang satu ini.
Setelah kita bahas artikel seputar rumus standard deviasi pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas perihal mengenal rumus dan fungsi penggunaan rumus pada excel. Mulai dari rumus average/ mencari rata rata di excel , pengurangan, sum, vlookup, if, hingga mencari persen di excel. Program Microsoft Excel sering disebut dengan spreadsheet (lembar kerja elektronik) yang beroperasi di bawah sistem operasi windows. Kegunaan Microsoft excel yaitu sebagai berikut.
Pengertian dan Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel yaitu sebuah aplikasi spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS X, dan iOS. Di dalam Microsoft Excel terdapat banyak sekali macam fitur yang sanggup dipakai menyerupai grafik, kalkulasi, tabel dan lainnya. Yang menarik dari Microsoft Excel yaitu banyaknya fungsi-fungsi yang sanggup membantu menuntaskan pekerjaan atau kiprah dengan cepat.
Bidang Akuntansi
Contoh dari penggunaan aktivitas microsoft excel dalam bidang akuntansi yaitu menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selamasatu tahun, menghitung honor karyawan, dan sebagainya.
Kalkulasi Matematis
Kalkulasi matematis dipakai untuk mencari data dari hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian, serta banyak sekali variasinya.
Pengelolaan Data
Penggunaan pengelolaan data yaitu untuk pengelolaan data base statistik, menghitung data, mencari nilaitengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum serta nilai minimum sebuah data.
Pembuatan Grafik
Excel sanggup dipakai untuk menciptakan grafik, contohnya grafik perkembangan nilaikomputer siswa dalam lima tahun, grafik perkembangan jumlah penduduk selama satutahun, grafik kunjungan siswa ke perpustakaan selama satu tahun, grafik kelulusan siswaselama 10 tahun, dan sebagainya.
Operasi Tabel
Dengan jumlah baris pada microsoft excel yang mencapai 1.084.576 dan jumlah kolom16.384, maka tidak akan merasa kesulitan apabila melaksanakan input data yang membutuhkan jumlah kolom dan baris yang sangat banyak.
Selain beberapa fungsi dan kegunaan microsoft excel menyerupai yang telah kami tuliskan diatas, tentunya untuk mengoperasikan aktivitas buatan microsoft ini anda perlu mengetahui rumus microsoft excel. Nah, berikut yaitu rumus lengkap excel yang sanggup anda pelajari dibawah ini.
Kumpulan Rumus Excel Lengkap :
SUM
Rumus SUM ini paling sering di gunakan, fungsi utamanya yaitu untuk penjumlahan /menjumlahkan. Misal :
=SUM(B12:B25) artinya menjumlahkan data di kolom B12 hingga B25
AVERAGE
Fungsi untuk mengabil nilai rata-rata suatu variable, misal :
= AVERAGE(D7:E7) artinya menngambil nilai rata-rata dari D7 hingga E7.
AND
Fungsi Menghasilkan nilai TRUE kalau semua argument yang di uji bernilai BENAR DAN FALSE kalau semua atau salah satu argument bernilai SALAH.
Contohnya : Peserta ujian dinyatakan lulus kalau nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, kalau kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.
NOT
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE kalau kondisi yang di uji SALAH dan FALSE kalau kondisi yang di uji BENAR.
OR
Fungsi Menghasilkan TRUE kalau beberapa argument bernilai BENAR dan FALSE kalau semua argument SALAH.
SINGLE IF
Fungsi Menguji kebenaran suatu kondisi, pola perkara serbagai berikut:
MULTI IF
Fungsi hampir sama dengan fungsi IF akan tetapi di ambil dari dua kondisi. pola perkara sebagai berikut:
AREAS
Fungsi Menampilkan jumlah area (range atau sel) dalam suatu rujukan (alamat sel atau range yang di sebutkan). Contoh perkara sebagai berikut:
CHOOSE
Fungsi Menampilkan hasil pilihan menurut nomor indeks atau urutan pada suatu rujukan (VALUE) yang berisi data teks, numeric, formula atau nama range.
HLOOKUP
Fungsi Menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format mendatar. syarat penyusunan tabel ; data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau abjad A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. pola perkara sebagai berikut:
VLOOKUP
Fungsi menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format tegak atau vertikal. syarat penyusunan tabel data pada baris pertama harus menurut urutan dari kecil ke besar /menaik. misal ; 1,2,3,4…. atau abjad A-Z. Jika anda sebelumnya mengetikkan secara acak silhakan urutkan dengan sajian Ascending. pola perkara sebagai berikut:
MATCH
Fungsi menampilkan posisi suatu alamat sel yang di memutuskan sebelumnya yang terdapat dalam sekelompok data. pola perkara sebagai berikut:
COUNTIF
Fungsinya untuk menghitng jumlah cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu. adapun rumus yang sering dipakai yaitu =COUNTIF(range;kriteria).
Misalnya: menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari pola tadi keterangan siswa berada di range D1 hingga D45 dimana keterangannya remidi. maka karenanya yaitu total siswa yang remidi.
VALUE
Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya yaitu sebagia berikut: =VALUE(text).
Fungsi MID
digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya : =MID(text,posisi awal,jumlah karakter).
CONCATENATE
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya sebagai berikut =CONCATENATE(text1,text2,…).
MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya yaitu sebagai berikut: =MAX(number1,number2,…).
STEDEV
Digunakan untuk memilih standart devisiasi dari suatu range, penulisannya sebagai berikut: =STEDEV(number1,number2,…).
Fungsi VAR
Digunakan untuk memilih nilai varience dari suatu range, penulisannya sebagai berikut: =VAR(number1,number2,…).
UPPER
Fungsi ini akan menciptakan semua text yang ada di sel menjadi abjad besar semua. penulisannya sebagai berikut: =UPPER(text).
LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu mengakibatkan abjad kecil semua. penulisannya sebagai berikut: =LOWER(text).
PROPER
Fungsi ini akan menciptakan teks menjadi abjad besar di karakter pertama di setiap kata. Penulisannya yakni sebagai berikut: =PROPER(text).
FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan. Penulisan sebagai berikut: =FACT(…).
RAND
Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan real gres secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerja dihitung. Penulisan sebagai berikut: =RAND(…).
Catatan : Dalam beberapa perkara rumus excel yang memakai koma “,” tanpa petik atas ” tidak sanggup di gunakan, jadi teman ganti tanda koma”,” dengan tanda titik koma “;” tanpa tanda ” begitupun sebaliknya. Sekian ulasan yang sanggup kami sampaikan berkaitan dengan Kumpulan Rumus Excel Lengkap semua fungsi yang terbaru 2018. Entah untuk microsoft excell 2003. excel 2007 , excel 2010, dan excel 2015. Semoga apa yang telah kami tuliskan ini sanggup bermanfaat untuk kita semua.
Sumber http://b1ixbux.com
0 Response to "Kumpulan Rumus Excel Lengkap Semua Fungsi"
Posting Komentar