-->

iklan banner

Google Jadikan Ponsel Android Sebagai ‘Kunci’ Keamanan

Pada program Cloud Next kemarin, Google mengumumkan kalau ponsel Android sekarang sanggup dipakai sebagai kunci fisik untuk keamanan akun pengguna. Fitur ini menjadi salah satu bab dari otentikasi dua faktor (2FA) yang ditawarkan Google. Ponsel yang sanggup dipakai sebagai kunci keamanan yakni yang ponsel yang menjalankan Android 7+.


Google Jadikan Ponsel Android sebagai ‘Kunci’ Keamanan


Cara kerja fitur keamanan ini cukup sederhana; hampir sama dengan memakai kunci keamanan fisik pada umumnya. Karena memakai ponsel, otentikasi dilakukan dengan menghubungkan ponsel pengguna memakai bluetooth yang akan diteruskan ke Chrome. Protokol otentikasi yang dipakai yakni FIDO dan WebAuthn; dipilih untuk memastikan pengguna ada di situs web yang sempurna dan mencegah aktifitas phishing. Oleh alasannya yakni itu, otentikasi ini sanggup dilakukan untuk memverifikasi login di Gmail, G Suite, atau layanan Google lainnya yang berbasis web.



Salah satu laba memakai kunci keamanan fisik, menyerupai Google Titan atau ponsel Android, sebagai otentikasi dua faktor yakni adanya pemberian ekstra terhadap aktifitas peretasan dan spoofing. Otentikasi ini akan membantu mencegah login yang tidak dikenal dari pengguna lain yang mempunyai susukan terhadap kata sandi akun pengguna. Pengguna harus berdekatan dengan kunci keamanan tersebut untuk melaksanakan login.


Artikel terkait: Google Hentikan Penjualan Pixel 2 dan Pixel 2 XL


Langkah yang perlu dilakukan untuk memakai ponsel Android sebagai kunci keamanan fisik juga cukup sederhana. Seperti yang sudah tertulis sebelumnya, pastikan ponsel pengguna menjalankan Android 7 atau di atasnya. Pastikan juga pengguna memakai komputer, baik laptop ataupun PC, yang mempunyai Bluetooth. Selain itu, pengguna juga diharuskan untuk memakai Chrome versi terbaru, baik untuk Windows, macOS, atau Chrome OS.


 kalau ponsel Android sekarang sanggup dipakai sebagai kunci fisik untuk keamanan akun pengguna Google Jadikan Ponsel Android sebagai ‘Kunci’ Keamanan


Setelah siap semuanya, pengguna perlu melaksanakan login ke akun Google memakai ponsel tadi, dan mengaktifkan Bluetooth pada ponsel tersebut. Setelah itu, pengguna sanggup mengunjungi myaccount.google.com/security melalui Chrome di komputer untuk masuk ke hidangan otentikasi dua faktor. Setelah itu, geser ke bawah, dan pilih ‘Add Security Key,’ kemudian ‘Your Android Phone,’ kemudian pilih ponsel pengguna yang dipakai tadi.


Ketersedian fitur ini


Untuk dikala ini, fitur keamanan ini hanya tersedia untuk perangkat Android, dan hanya sanggup dipakai untuk melqkukan login di layanan Google saja, tidak termasuk situs web oihak ke-tiga. Menurut Google, perusahaan lain juga sanggup menerapkan fitur keamanan ini di kemudian hari, alasannya yakni fitur ini memakai FIDO, suatu protokol keamanan yang sudah banyak digunakan. Oleh kqrenq itu, browser selain Chrome juga berpotensi untuk mendapat dukunguan dari fitur keamanan ini.



Sumber https://koalakontent.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Google Jadikan Ponsel Android Sebagai ‘Kunci’ Keamanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel