Tahukah Kamu, Perbedaan Boss Dan Pemimpin?
[Tweet “89% alasan Seorang karyawan ketika mengundurkan diri alasannya yaitu tidak suka pada pimpinannya.”]
Apakah Kamu Seorang “Boss” atau “Pemimpin”?
Lalu, Apa yang menciptakan anda bisa dibilang sebagai Pemimpin atau sebagai Boss?
Jika Anda yaitu seorang GM (General Manager), SPV (Supervisor), atau apapun yang berafiliasi dengan kepemimpinan. Artikel ini wajib Anda baca hingga selesai.
Berikut 8 perbedaan antara boss dan Pemimpin :
1. Cara Mengatur
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang Boss lebih kepada bagaimana beliau harus mempunyai kekuatan untuk mengatur. Dan sering memanfaatkan posisinya untuk bertindak sesukanya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Cara mengatur seorang pemimpin lebih kepada sesuatu yang menginspirasi, Seorang pemimpin menginspirasi anggotanya untuk semakin tumbuh dan berkualitas. Dengan mengenali skill dan keahlian setiap karyawannya untuk menangai kekurangan mereka.[/su_spoiler]
2. Cara Memberikan Perintah
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss, lebih menentukan untuk melihat karyawannya melaksanakan pekerjaannya. Dan hanya merasa tugasnya yaitu hanya mengkoreksi mereka. Seakan-akan tak ada yang terlewat dari evaluasi seorang Boss. Mengkritik segala kesalahan kecil yang dibentuk oleh karyawan atau teamnya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Sedangkan seorang pemimpin lebih kepada mengajari para karyawannya. Melihat segala kekurangan dari para team maupun karyawan yang dibawahinya dan memperlihatkan saran dan masukan biar sanggup berkembang lebih baik.[/su_spoiler]
3. Cara Mendengarkan Karyawan atau team
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss hanya sekedar mendengarkan apa yang disampaikan oleh karyawannya. Tapi tidak pernah menganggapnya sebagai masukan. Karena beliau beranggapan bahwa beliau yaitu pimpinan dan semua karyawan harus menurutinya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Sedangkan seorang pemimpin lebih mendengarkan keluhan karyawannya untuk meningkatkan kinerjanya sebagai pemimpin. Mendengarkan segala ide dan gagasan yang disampaikan oleh karyawannya, dan melakukannya sebagai apresisasi terhadap karyawannya.[/su_spoiler]
4. Cara Memberikan Perintah
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss selalu memperlihatkan perintah tanpa mengetahui kemampuan karyawannya. “Saya ingin kau melaksanakan ini”, “Saya ingin kau menuntaskan ini besok”. Tanpa menyadari apakah hal tersebut sanggup membebani karyawannya, Dan akan memarahi mereka jikalau tidak sanggup melakukannya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Sedangkan seorang pemimpin, sebelum memperlihatkan kiprah yang dirasanya sulit kepada karyawannya. Seorang pemimpin memperlihatkan motivasi kepada karyawannya. “Bagaimana, apa kau bisa menuntaskan ini untuk besok?” Jika tidak mampu, seorang pemimpin lebih kepada mencari solusi secara bersama daripada menyalahkan karyawannya.[/su_spoiler]
5. Cara menanggapi situasi
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss, menciptakan pilihan dan menyampaikannya kepada para karyawannya dan hanya menunggu hingga dilema tersebut telah selesai. Tidak ingin bertindak eksklusif jikalau dilema tersebut tidak bermanfaat bagi dirinya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang Pemimpin Menyadari, apakah karyawannya membutuhkan bantuannya atau tidak. Jika mereka membutuhkan bantuan, seorang pemimpin tidak segan-segan untuk turn tangan eksklusif membantu karyawanya.[/su_spoiler]
6. Cara menilai Etos Kerja
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss menilai bahwa karyawannya yaitu miliknya. Berpikiran bahwa pekerjaan yaitu yang utama. Tidak mempedulikan apakah ketika itu siang atau malam, apakah karyawannya sedang libur atau istirahat. Seorang boss selalu meminta pekerjaan harus diutamakan.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Sedangkan untuk seorang pemimpin. Pemimpin memahami keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan sehari hari karyawannya. Pemimpin menghargai segala waktu yang dipakai oleh seluruh karyawannya. Karena karyawan menjual waktunya untuk ditukarkan dengan uang. Dan seorang pemimpin memahami bahwa waktu yaitu lebih penting daripada uang.[/su_spoiler]
7. Penetapan Tujuan Team
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Bagi seorang boss, mereka selalu bertindak sesuka mereka. Beberapa boss bahkan bersifat berdasarkan mood mereka, sehingga tujuan team tidak terperinci dan tidak pasti. Sering berganti-ganti kemauan, sehingga para team yang dipimpin menjadi putus asa dan takut jikalau ingin bertanya.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Sedangkan seorang pemimpin, selalu menetapkan tujuan diawal mereka mendirikan suatu grup. Memastikan bahwa seluruh anggota team yang dipimpinnya mempunyai tujuan yang sama. Sehingga tidak terjadi salah paham, dan tetap fokus pada tujuan.[/su_spoiler]
8. Pola Pikir
[su_spoiler title=”Boss” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang boss selalu mementingkan dirinya terlebih dahulu daripada para anggotanya. Dan merasa beliau tahu segalanya, seorang boss tidak akan pernah sukses memimpin sesuatu sebelum beliau berguru teknik memimpin.[/su_spoiler]
[su_spoiler title=”Pemimpin” style=”simple” icon=”arrow”]Seorang Pemimpin menyadari bahwa dirinya selain menjadi pemimpin juga menyadari bahwa dirinya seorang yang masih butuh belajar. Selalu meminta masukan dari para anggota yang dipimpinnya biar bisa menggapai tujuannya bersama.[/su_spoiler]
Sekian pembahasan mengenai perbedaan Boss dan Pemimpin.
Semoga sanggup menjadi pelajaran begi kita semua.
Sumber https://bacaanku.com/
0 Response to "Tahukah Kamu, Perbedaan Boss Dan Pemimpin?"
Posting Komentar