Tata Cara/Etika Bertanya, Menjawab Pertanyaan & Berkomentar Di Lembaga Online
Latar belakang saya menulis artikel sederhana ini ialah sebab ada beberapa member di Komunitas SketchUp Indonesia yang mengeluh, kecewa bahkan mungkin murka sebab postingan berupa pertanyaan tidak ada yang menjawab. Atau juga kecewa sebab showoff pamer hasil render & modeling tidak ada yang like/komen satupun....wkwkwk.
Lalu saya coba cari tahu kenapa sanggup terjadi? Apa penyebabnya.? Lalu gimana solusinya? Lalu kalo cuma showoff pentingkah dilike or dikomen?
Secara umum penyebabnya ialah sbb:
1. Pertanyaan ga ada yang jawab. Padahal grup aktif & rame.
2. Dijawab dengan joke/candaan & ga serius jawabnya.
3. Lebih parah, pertanyaannya bukan dijawab malah di ledek & di bully habis-habisan.
Pernahkah men temen mengalami 1 dari 3 point di atas? Atau bahkan mengalami ketiganya. Hahahaha...
Saran saya sih ga usah kaget, kecewa, murka & baperan. Karena saya udah mengalami itu semua....wkwkwk. Pengalaman terparah ialah ketika saya berkomentar di sebuah TS. Saya dibilang suka satire & sok pinter. Saya dikatai kebun hewan & insan kotor.
Saat itu saya tidak kaget, sebab yang membalas komentar ialah orang gres & tidak faham cara & gaya saya yang suka joke. Saya juga coba intropeksi & emang saya salah. Karena saya menganggap semua member suka dengan joke dalam bentuk satire. Maka semenjak itu saya cari cara supaya benar & baik dalam mengajukan pertanyaan, menjawab/berkomenter. Minimal saya kudu siap, legowo & ga baper ketika di bully...wkwkw
Yuk kita gali lebih dalam fenomena ini. :)
INI ADALAH FAKTA, BUKAN FIKTIF
1. Member group rajin saling membantu satu dengan lainnya menjawab pertanyaan ialah FAKTA tanpa bayaran. Justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong menjawab pertanyaan kita.
2. Pertanyaan yang tidak menarik, nyeleneh, ngocol & ngaco kemungkinan besar bakalan di bully ialah FAKTA yang ga sanggup ia hindari.
3. Pertanyaan yang terlalu umum, terlalu dasar & terlalu recehan ialah FAKTA-nya kudu tabah ga ada yang jawab atau respon. Padahal FAKTANYA juga ialah recehan buat om Master ialah rebuan buat om Newbie.. :)
4. Member jarang sekali memakai fitur pencarian topik diskusi di Grup. Buka-buka dokumen/file, album, photo & video grup. Ini juga FAKTA.
Lalu gimana caranya supaya member lain tergerak hatinya untuk tulus & rela menjawab pertanyaan Anda? dengan melaksanakan langkah-langkah berikut ini. Cekidot :)
A. PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA
1. Fahami & sadari jenis & tema grup apa yang anda ikuti. Admin biasanya menciptakan beberapa syarat berupa pertanyaan sebelum kita join grup.
2. Baca rule hukum grup. Jangan menanyakan sesuatu yang dihentikan dalam aturan
3. Sebelum berntanya dahulu di grup, cobalah perjuangan cari dahulu jawabannya dengan mencarinya sendiri Google, yahoo, bing atau search engine lainnya
4. Lakukan pencarian di grup, semua situs medsos umumnya mempunyai fitur ini.
5. Cobalah buka-buka dahulu dokumen, file & album grup. Cara ini malah mengasikan, sanggup saja pertanyaan anda lainnya sanggup ada.
6. Lakukan cara lainnya apa saja terserah yang pada pada dasarnya kita udah berusaha mencari sudah berusaha untuk memecahkan kasus tersebut.
7. Jika anda mengikuti banyak grup serupa dengan tema yang sama, hindarilah Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak group sekaligus). Ini sanggup bikin member yang juga banyak ikut digrup menjadi malas menjawab. Kita juga akan kerepotan reply atau sekedar ucapkan terima kasih jikalau di sana-sini pertanyaan kita di jawab.Walau si penolong tanpa pamrih minta ucapan terima kasih, tapi itu ialah watak ketika kita telah terbantu dengan jawaban member lain.
B. CARA MEMPOSTING PERTANYAAN DI GRUP/KOMUNITAS
Jika belum pernah memposting pertanyaan di lembaga grup, Jangan pribadi bertanya via individu/PM/JAPRI/INBOX. Jika tiba-tiba ia mendapatkan pesan dari kita yang belum dikenalnya kadang merasa tertanggu. Karena kita belum pernah posting atau bukan member aktif yang dikenal banyak member lain.
Bertanya dulu ke lembaga secara terbuka ialah lebih baik, sebab beberapa alasan berikut ini:
1. Jawaban dari pertanyaan kita jadi sanggup bermanfaat untuk banyak orang. Karena ada beberapa member ingin menanyakan hal yang sama dengan kita. Mereka akan bahagia membacanya sebab sudah kita wakili. Mungkin anda akan mendapatkan like, komen jawaban positif atau juga mungkin di bully. Ini tergantung cara bertanya kita.
2. Jawaban dari pertanyaan kita biasanya akan tersimpan di arsip group tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain. Makara pertanyaan juga akan muncul di hasil pencarian facebook, google atau yang lainnya.
3. Jika grup itu aktif, peluang pertanyaan anda dijawab akan lebih besar. Bisa jadi mereka ingin berlomba-lomba duluan menjawab. Sebab jikalau ia lihat di kolom komentar sudah ada yang jawab, paling ia like ajah itu jawaban atau kasih emoji tanda sepakat dengan jawaban sebelumnya. jadinya para member group sanggup sama-sama saling membantu menjawab pertanyaan Anda.
Lalu saya coba cari tahu kenapa sanggup terjadi? Apa penyebabnya.? Lalu gimana solusinya? Lalu kalo cuma showoff pentingkah dilike or dikomen?
Secara umum penyebabnya ialah sbb:
1. Pertanyaan ga ada yang jawab. Padahal grup aktif & rame.
2. Dijawab dengan joke/candaan & ga serius jawabnya.
3. Lebih parah, pertanyaannya bukan dijawab malah di ledek & di bully habis-habisan.
Pernahkah men temen mengalami 1 dari 3 point di atas? Atau bahkan mengalami ketiganya. Hahahaha...
Saran saya sih ga usah kaget, kecewa, murka & baperan. Karena saya udah mengalami itu semua....wkwkwk. Pengalaman terparah ialah ketika saya berkomentar di sebuah TS. Saya dibilang suka satire & sok pinter. Saya dikatai kebun hewan & insan kotor.
Saat itu saya tidak kaget, sebab yang membalas komentar ialah orang gres & tidak faham cara & gaya saya yang suka joke. Saya juga coba intropeksi & emang saya salah. Karena saya menganggap semua member suka dengan joke dalam bentuk satire. Maka semenjak itu saya cari cara supaya benar & baik dalam mengajukan pertanyaan, menjawab/berkomenter. Minimal saya kudu siap, legowo & ga baper ketika di bully...wkwkw
Yuk kita gali lebih dalam fenomena ini. :)
INI ADALAH FAKTA, BUKAN FIKTIF
1. Member group rajin saling membantu satu dengan lainnya menjawab pertanyaan ialah FAKTA tanpa bayaran. Justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong menjawab pertanyaan kita.
2. Pertanyaan yang tidak menarik, nyeleneh, ngocol & ngaco kemungkinan besar bakalan di bully ialah FAKTA yang ga sanggup ia hindari.
3. Pertanyaan yang terlalu umum, terlalu dasar & terlalu recehan ialah FAKTA-nya kudu tabah ga ada yang jawab atau respon. Padahal FAKTANYA juga ialah recehan buat om Master ialah rebuan buat om Newbie.. :)
4. Member jarang sekali memakai fitur pencarian topik diskusi di Grup. Buka-buka dokumen/file, album, photo & video grup. Ini juga FAKTA.
Lalu gimana caranya supaya member lain tergerak hatinya untuk tulus & rela menjawab pertanyaan Anda? dengan melaksanakan langkah-langkah berikut ini. Cekidot :)
A. PERSIAPAN SEBELUM BERTANYA
1. Fahami & sadari jenis & tema grup apa yang anda ikuti. Admin biasanya menciptakan beberapa syarat berupa pertanyaan sebelum kita join grup.
2. Baca rule hukum grup. Jangan menanyakan sesuatu yang dihentikan dalam aturan
3. Sebelum berntanya dahulu di grup, cobalah perjuangan cari dahulu jawabannya dengan mencarinya sendiri Google, yahoo, bing atau search engine lainnya
4. Lakukan pencarian di grup, semua situs medsos umumnya mempunyai fitur ini.
5. Cobalah buka-buka dahulu dokumen, file & album grup. Cara ini malah mengasikan, sanggup saja pertanyaan anda lainnya sanggup ada.
6. Lakukan cara lainnya apa saja terserah yang pada pada dasarnya kita udah berusaha mencari sudah berusaha untuk memecahkan kasus tersebut.
7. Jika anda mengikuti banyak grup serupa dengan tema yang sama, hindarilah Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak group sekaligus). Ini sanggup bikin member yang juga banyak ikut digrup menjadi malas menjawab. Kita juga akan kerepotan reply atau sekedar ucapkan terima kasih jikalau di sana-sini pertanyaan kita di jawab.Walau si penolong tanpa pamrih minta ucapan terima kasih, tapi itu ialah watak ketika kita telah terbantu dengan jawaban member lain.
B. CARA MEMPOSTING PERTANYAAN DI GRUP/KOMUNITAS
Jika belum pernah memposting pertanyaan di lembaga grup, Jangan pribadi bertanya via individu/PM/JAPRI/INBOX. Jika tiba-tiba ia mendapatkan pesan dari kita yang belum dikenalnya kadang merasa tertanggu. Karena kita belum pernah posting atau bukan member aktif yang dikenal banyak member lain.
Bertanya dulu ke lembaga secara terbuka ialah lebih baik, sebab beberapa alasan berikut ini:
1. Jawaban dari pertanyaan kita jadi sanggup bermanfaat untuk banyak orang. Karena ada beberapa member ingin menanyakan hal yang sama dengan kita. Mereka akan bahagia membacanya sebab sudah kita wakili. Mungkin anda akan mendapatkan like, komen jawaban positif atau juga mungkin di bully. Ini tergantung cara bertanya kita.
2. Jawaban dari pertanyaan kita biasanya akan tersimpan di arsip group tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain. Makara pertanyaan juga akan muncul di hasil pencarian facebook, google atau yang lainnya.
3. Jika grup itu aktif, peluang pertanyaan anda dijawab akan lebih besar. Bisa jadi mereka ingin berlomba-lomba duluan menjawab. Sebab jikalau ia lihat di kolom komentar sudah ada yang jawab, paling ia like ajah itu jawaban atau kasih emoji tanda sepakat dengan jawaban sebelumnya. jadinya para member group sanggup sama-sama saling membantu menjawab pertanyaan Anda.
C. CARA MEMPOSTING PERTANYAAN YANG BAIK
Sebenarnya tidak terlalu sulit sih, asal kita sanggup menempatkan diri kita pada posisi mereka (anggota-anggota group lainnya), dan berpikir, kira-kira bagaimana kata-kata yang sanggup menciptakan member lain bahagia pertanyaan kita.
1. Lihat & baca dahulu Rule hukum grup yang kita ikuti. Siapa tau pertanyaan kita & jawaban member lain nanti justu melanggar aturan. Bukan kita ajah yang kena akibatnya. Mungkin member yang yang jawab juga sanggup kena di baned/blokir sama si mimin.
Contoh:
Jika di rule grup tersebut dihentikan menyebarkan software crack, ilegal, bajakan. Akan fatal jikalau kita bertanya link d0wnl0ad software crack/ilegal tersebut. Jika si admin lagi OL, post pertanyaan kita akan dihapus. Mending kalo cuma dihapus, yang galak malah kita pribadi di kick hingga di blokir...wkwkwk
2. Coba gunakan kata/tag pembuka berikut ini jikalau kita membutuhkan jawaban/pertolongan dari kasus yang tidak ketahui.
- ???
- tanya
- tolong
- diskusi
- help
- ask/wta(want to ask)
- minta/request
3. Gunakan bahasa yang sopan
Jika kita memakai kata-kata yang kurang sopan atau bahkan kasar, jangan abnormal jikalau kemudian pertanyaan kita tidak ada yang menjawab satupun. Alih-alih ingin sanggup solusi malah lebih parah kita sanggup di bully member lain yang tidak sukan dengan bahasa yang kita gunakan.
Cobalah gunakan kalimat pembuka yang baik. Contohnya ibarat ini:
- "Mohon izin bertanya min/teman/kawan-kawan"
- "Mohon tunjangan teman-teman yang baik hati"
- "Apakah ada yang sanggup membantu saya?"
- dll
Di tamat pertanyaan kita sanggup tambahkan pula kata epilog ibarat ini:
- "Mohon bantuannya, terima kasih"
- "Terimakasih banyak sebelumnya"
- dll
Ingat bahwa member apalagi yang mastah/pakar tersebut tidak mendapatkan bayaran untuk membantu kita, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.
Makara jangan ujug-ujug bertanya, apalagi pertanyaannya rancu ga jelas. Contoh yang salah kebanyakan bertanya ibarat ini:
- "Ada yang punya ini ga?"
- "Ini kenapa ya?"
- "Dimana d0wnl0ad ini, itu"
- dll
4. Jangan dikira/berasumsi bahwa kita berhak menerima jawaban. Apalgi malah ngotot pengen mendapatkan jawaban. Ingat FAKTA BUKAN FIKTIF. :)
Karena jikalau kita menduga akan dijawab, maka kita akan kecewa berat ketika FAKTANYA pertanyaan kita tidak terjawab. Bukannya kita berusaha untuk introspeksi kenapa tidak ada yang jawaban, eh malah kita marah-marah di grup tersebut sebab tidak ada yang jawab. Ini fatal banget, kita akan tidak di hiraukan, malah mungkin balik di bully & caci maki...hahaha
5. Ajukan pertanyaan yang terang & gampang di fahami.
Pertanyaan ibarat "Saya d0wnl0ad settingan VRay/HDRI/Material dari web ini, tapi ketika saya terapkan di sceen...bla..bla..bla..dst" Nah, pertanyaan sperti ini mempunyai peluang besar untuk dijawab.
Adalah salah jikalau kita cuma pribadi bertanya:
"Tolong dong, ini kenapa ya renderan saya jadi gelap/hitam semua" tanpa ada keterangan apapun.
Jadi, cobalah jelaskan kasus Anda secara singkat tapi detil berikut dengan banyak sekali data-data yang ada. Seperti spesifikasi mesin render, render engine yang kita pakai, versinya, bahkan hingga ke Senjata tempur PC/Lepi kita.
INGAT bahwa para member/mastah di group tersebut bukan lagi duduk-duduk ngopi disamping kita yang sanggup pribadi lihat & jawab. Makara sumber warta mereka hanya posting dari kita saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
Sudah dijelaskan panjang lebar, berbelit-belit, tanya ini itu dikira si mastah pakai render engine VRay, eh tau-taunya pakai Enscape, lumion, dll. Ampun dah ah,...ah.. pantesan dari tadi eluh telmi & ga nyambung...hahahaha.
6. Maksud lengkap & sedetail mungkin bukan berarti pertanyaan kita ngasal panjang lebar kayak buat cerpen. Hindari banyak kalimat yang tidak relevan dari fokus pertanyaan. Boleh juga sih diselingi joke tapi sewajarnya ajah. Karena ga semua mengerti & suka dengan joke candaan kita.Intinya buat seinformatif mungki, padat, ringkas, jelas. titik. :)
Kasihan kan, udah lama-lama baca panjang lebar, ternyata isi pertanyaannya cuma sesimple & sederhana banget. Ini sanggup jadi sampah.
7. Tulis pertanyaan kita dengan bahasa Indonesia yang benar. Jangan terlalu pakai bahasa gaul atau prokem yang semua orang tidak gunakan bahasa itu.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memperlihatkan kesan bahwa kita ialah orang yang ceroboh, dan para mastah yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi kita.
INGAT ini FAKTA bahwa di satu grup sanggup terdiri dari banyak sekali usia & profesi. Ada yang masih usia SMP, SMK, Kuliah, Arsitek, Pemborong, Developer, 3D Artis Profesional, Mamang kang bangunan, mandor, dll. Makara pakai bahasa yang umum terang bahasa Indonesia.
8. Jangan pribadi mengklaim bahwa kesalahan ada pada member lain yang menjawab kasus kita.
Kalimat ibarat "gara-gara ikutin saran dari si Anu, PC saya jadi error, kena virus, render jadi lambat" tanpa bukti yang berpengaruh akan cenderung menciptakan para pemberi tutorial menjadi tidak tertarik lagi untuk membantu menuntaskan error yang kita alami, atau malah mereka tersinggung tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa kita mengalami error ketika mengikuti tutorial yang diberikan dan sanggup dengan kalimat sopan ibarat saya sudah mengikuti tutorial ini tapi kenapa jadi error ya sketchup & vray saya apakah ada langkah yang saya lewati?, so jangan menciptakan klaim yang tidak sanggup kita buktikan sebab sanggup jadi kesalahan justru ada pada kita sebab melewati salah satu langkah dari tutorial tersebut.
9. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan cuma sekedar tebakan-tebakan. Jika kita bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan kita salah, dan malah memperlihatkan kebodohan diri kita sendiri di depan umum.
10. Buat kesimpulan & infokan jikalau permasalahan kita telah terjawab. Walau bukan 100% dari jawaban member. Uraikan langkah-langkah yang kita lakukan.
Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di group tersebut, sebab para mastah di group akan menilai bahwa kita sanggup juga memberi umpan balik mengembangkan (dan tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.
D. MENANGGAPI JAWABAN
Para mastah, sifu, suhu & fakar di grup juga mempunyai cara berbeda dalam menjawab tiap pertanyaan yang di lempar di sebuah komunitas. Ada yang menyenangkan, lucu, mungkin ada juga yang ngeselin si penanya. Ini balik lagi dipengaruhi oleh kwalitas pertanyaan kita.
Sebenarnya ini biasa saya lakukan dalam berkomentar saja. Bukan menjawab, sebab saya buka mastah atau sifu. Cuma sedikit sok tau ajah numpang tenar berkomentar di tiap TS yang membutuhkan jawaban...hahahah
Ini emang agak sulit dilakukan jikalau harus mendetail mempelajari profile si penanya. Tapi minimal dari foto profile, tanggal mulai bergabung. Biasanya saya melihatnya dari gaya bahasa saja udah cukup memilih kira-kira usia berapa si penanya ini. Atau apa latar belakang si penanya. Kadang soalnya foto profile sanggup saja yang dipasang foto anaknya...hehehe.
Anak muda cenderung minta jawaban instan, padahal yang ia tanya sangat komplek sekali.
Memberikan screen shot kadang miring-miring menciptakan malas ingin membantu menjawab.
2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu !
Seringkali sipenanya menandai/men-tag kita dengan impian dari kitalah jawaban itu sanggup menuntaskan masalahnya. Padahal kita bukan fakar/ahli duduk kasus yang ia tanyakan. Mau di cuekin ajah tidak berkomentar tidak enak. Ya sebaiknya kita komen saja "Maaf om saya tidak tahu, saya bukan ahlinya". Atau mungkin jikalau kita tahu siapa member mastah yang lebih sempurna untuk menjawab, ya ga ada salahnya kita tag member itu. "Coba colek mastah ...." itu lebih baik.
Salah jikalau memberi jawaban yang ngawur & sok tau. Apalagi jikalau jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih jelek lagi daripada, sebab akan menyesatkan si pe-nanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Kita sebagai mastah di group yang bersangkutan.
3. Jangan ledek seseorang sebab ketidak tahuannya
Anda dulu juga pernah kurang pintar ibarat mereka. Jangan sombong. Ada pepatah sang bapak membimbing anaknya, sang guru membimbing muridnya, senior membimbing junior. Nah, jadi sang bapak, sang guru maupun sang senior kalau mau membimbing jangan pakai sepatunya sendiri..
harus coba pake sepatu yg dibimbing (merasakan berada dalam posisi yg dibimbing),
jadi punya kesabaran untuk menjawab pertanyaan yg berulang-ulang.. nah kalau masih belum bisa, berarti belum sanggup juga jadi bapak, guru maupun senior. (copy-an salah salah satu komen di group sebelah)
4. Jika warta yang ada kurang, jangan segan-segan untuk berhubungan dengan pe-nanya hingga masalahnya terpecahkan.
Ingatkan ketika dulu Kita masih bodoh, dan orang-orang membantu Kita dengan bahagia hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan sanggup membuatnya menjadi mastah pula di kemudian hari, yang juga bahagia membantu orang lain yang tidak tahu.
5. Jawaban Coba gugling, tanya mbah gugel, RTFM atau STFW memang kadang kala pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun ialah jauh lebih baik jikalau Anda sanggup menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang sekedar memperlihatkan keyword yang sempurna untuk dimasukkan di Google bersama-sama ialah tunjangan yang sangat berharga bagi sang pe-nanya!
6. Jika ada kemudahan FAQ di lembaga Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para calon pe-nanya terbantu sebab jawabannya sanggup didapatkan dengan cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu sebab volume pertanyaan menjadi berkurang.
7. Jika penanya menanyakan sesuatu yang dihentikan di rule grup, maka cukup infokan mohon baca rule grup, tidak perlu di tambahin bullyan atau komen ngeledek. Dia lakukan sebab kebanyakan ialah FAKTANYA sedikit member yang ga mau baca rule grup.
======================= EDITAN TERAKHIR SAMPAI SINI... :)
1. RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melaksanakan kesalahan yang fatal jawabannya bersama-sama sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, sebab ini fakta (Anda melaksanakan kesalahan etika).
Karena yang berdasarkan Anda kasar, kadang justru ialah biasa di lembaga tersebut. Atau ada alasan yang berpengaruh mengapa balasannya ibarat itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga jawaban tersebut terasa agresif bagi Anda.Dan banyak sekali kemungkinan lainnya.
Yang lebih bijak ialah menenangkan diri Anda, dan kemudian menjawab jawaban tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan menyampaikan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan postingan group facebook terarsip di Internet., dan sanggup dilihat oleh seluruh member facebook yang lain.
Tindakan Anda bertahun-tahun yang kemudian sanggup memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di group tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan
Yang lebih baik ialah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang group tersebut bukan group yang tepat. Tapi jangan dibalas, sebab Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja group lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda
a. Jangan tersinggung
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya.
Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda
Para pakar di group tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan tidak ada yang mengetahui jawaban dari kasus Anda, akan merasa kesal ("cerewet benar orang ini")
Sebaliknya, cari jawabannya di group yang lain.
Semoga bermanfaat
Sumber Asli : http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik
Dicopas & di modifikasi sesuai kebutuhan untuk pembaca blog ini dari http://www.kaskus.co.id/
Tulisan Asli
Oleh : Harry Sufehmi
Sumber http://nceptutorial.blogspot.com
Sebenarnya tidak terlalu sulit sih, asal kita sanggup menempatkan diri kita pada posisi mereka (anggota-anggota group lainnya), dan berpikir, kira-kira bagaimana kata-kata yang sanggup menciptakan member lain bahagia pertanyaan kita.
1. Lihat & baca dahulu Rule hukum grup yang kita ikuti. Siapa tau pertanyaan kita & jawaban member lain nanti justu melanggar aturan. Bukan kita ajah yang kena akibatnya. Mungkin member yang yang jawab juga sanggup kena di baned/blokir sama si mimin.
Contoh:
Jika di rule grup tersebut dihentikan menyebarkan software crack, ilegal, bajakan. Akan fatal jikalau kita bertanya link d0wnl0ad software crack/ilegal tersebut. Jika si admin lagi OL, post pertanyaan kita akan dihapus. Mending kalo cuma dihapus, yang galak malah kita pribadi di kick hingga di blokir...wkwkwk
2. Coba gunakan kata/tag pembuka berikut ini jikalau kita membutuhkan jawaban/pertolongan dari kasus yang tidak ketahui.
- ???
- tanya
- tolong
- diskusi
- help
- ask/wta(want to ask)
- minta/request
3. Gunakan bahasa yang sopan
Jika kita memakai kata-kata yang kurang sopan atau bahkan kasar, jangan abnormal jikalau kemudian pertanyaan kita tidak ada yang menjawab satupun. Alih-alih ingin sanggup solusi malah lebih parah kita sanggup di bully member lain yang tidak sukan dengan bahasa yang kita gunakan.
Cobalah gunakan kalimat pembuka yang baik. Contohnya ibarat ini:
- "Mohon izin bertanya min/teman/kawan-kawan"
- "Mohon tunjangan teman-teman yang baik hati"
- "Apakah ada yang sanggup membantu saya?"
- dll
Di tamat pertanyaan kita sanggup tambahkan pula kata epilog ibarat ini:
- "Mohon bantuannya, terima kasih"
- "Terimakasih banyak sebelumnya"
- dll
Ingat bahwa member apalagi yang mastah/pakar tersebut tidak mendapatkan bayaran untuk membantu kita, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.
Makara jangan ujug-ujug bertanya, apalagi pertanyaannya rancu ga jelas. Contoh yang salah kebanyakan bertanya ibarat ini:
- "Ada yang punya ini ga?"
- "Ini kenapa ya?"
- "Dimana d0wnl0ad ini, itu"
- dll
4. Jangan dikira/berasumsi bahwa kita berhak menerima jawaban. Apalgi malah ngotot pengen mendapatkan jawaban. Ingat FAKTA BUKAN FIKTIF. :)
Karena jikalau kita menduga akan dijawab, maka kita akan kecewa berat ketika FAKTANYA pertanyaan kita tidak terjawab. Bukannya kita berusaha untuk introspeksi kenapa tidak ada yang jawaban, eh malah kita marah-marah di grup tersebut sebab tidak ada yang jawab. Ini fatal banget, kita akan tidak di hiraukan, malah mungkin balik di bully & caci maki...hahaha
5. Ajukan pertanyaan yang terang & gampang di fahami.
Pertanyaan ibarat "Saya d0wnl0ad settingan VRay/HDRI/Material dari web ini, tapi ketika saya terapkan di sceen...bla..bla..bla..dst" Nah, pertanyaan sperti ini mempunyai peluang besar untuk dijawab.
Adalah salah jikalau kita cuma pribadi bertanya:
"Tolong dong, ini kenapa ya renderan saya jadi gelap/hitam semua" tanpa ada keterangan apapun.
Jadi, cobalah jelaskan kasus Anda secara singkat tapi detil berikut dengan banyak sekali data-data yang ada. Seperti spesifikasi mesin render, render engine yang kita pakai, versinya, bahkan hingga ke Senjata tempur PC/Lepi kita.
INGAT bahwa para member/mastah di group tersebut bukan lagi duduk-duduk ngopi disamping kita yang sanggup pribadi lihat & jawab. Makara sumber warta mereka hanya posting dari kita saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
Sudah dijelaskan panjang lebar, berbelit-belit, tanya ini itu dikira si mastah pakai render engine VRay, eh tau-taunya pakai Enscape, lumion, dll. Ampun dah ah,...ah.. pantesan dari tadi eluh telmi & ga nyambung...hahahaha.
6. Maksud lengkap & sedetail mungkin bukan berarti pertanyaan kita ngasal panjang lebar kayak buat cerpen. Hindari banyak kalimat yang tidak relevan dari fokus pertanyaan. Boleh juga sih diselingi joke tapi sewajarnya ajah. Karena ga semua mengerti & suka dengan joke candaan kita.Intinya buat seinformatif mungki, padat, ringkas, jelas. titik. :)
Kasihan kan, udah lama-lama baca panjang lebar, ternyata isi pertanyaannya cuma sesimple & sederhana banget. Ini sanggup jadi sampah.
7. Tulis pertanyaan kita dengan bahasa Indonesia yang benar. Jangan terlalu pakai bahasa gaul atau prokem yang semua orang tidak gunakan bahasa itu.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memperlihatkan kesan bahwa kita ialah orang yang ceroboh, dan para mastah yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi kita.
INGAT ini FAKTA bahwa di satu grup sanggup terdiri dari banyak sekali usia & profesi. Ada yang masih usia SMP, SMK, Kuliah, Arsitek, Pemborong, Developer, 3D Artis Profesional, Mamang kang bangunan, mandor, dll. Makara pakai bahasa yang umum terang bahasa Indonesia.
8. Jangan pribadi mengklaim bahwa kesalahan ada pada member lain yang menjawab kasus kita.
Kalimat ibarat "gara-gara ikutin saran dari si Anu, PC saya jadi error, kena virus, render jadi lambat" tanpa bukti yang berpengaruh akan cenderung menciptakan para pemberi tutorial menjadi tidak tertarik lagi untuk membantu menuntaskan error yang kita alami, atau malah mereka tersinggung tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa kita mengalami error ketika mengikuti tutorial yang diberikan dan sanggup dengan kalimat sopan ibarat saya sudah mengikuti tutorial ini tapi kenapa jadi error ya sketchup & vray saya apakah ada langkah yang saya lewati?, so jangan menciptakan klaim yang tidak sanggup kita buktikan sebab sanggup jadi kesalahan justru ada pada kita sebab melewati salah satu langkah dari tutorial tersebut.
9. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan cuma sekedar tebakan-tebakan. Jika kita bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan kita salah, dan malah memperlihatkan kebodohan diri kita sendiri di depan umum.
10. Buat kesimpulan & infokan jikalau permasalahan kita telah terjawab. Walau bukan 100% dari jawaban member. Uraikan langkah-langkah yang kita lakukan.
Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di group tersebut, sebab para mastah di group akan menilai bahwa kita sanggup juga memberi umpan balik mengembangkan (dan tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.
D. MENANGGAPI JAWABAN
Para mastah, sifu, suhu & fakar di grup juga mempunyai cara berbeda dalam menjawab tiap pertanyaan yang di lempar di sebuah komunitas. Ada yang menyenangkan, lucu, mungkin ada juga yang ngeselin si penanya. Ini balik lagi dipengaruhi oleh kwalitas pertanyaan kita.
Sebenarnya ini biasa saya lakukan dalam berkomentar saja. Bukan menjawab, sebab saya buka mastah atau sifu. Cuma sedikit sok tau ajah numpang tenar berkomentar di tiap TS yang membutuhkan jawaban...hahahah
Cara menjawab pertanyaan yang baik
1. Fahami situasi, latar belakang & pendidikan penanya.Ini emang agak sulit dilakukan jikalau harus mendetail mempelajari profile si penanya. Tapi minimal dari foto profile, tanggal mulai bergabung. Biasanya saya melihatnya dari gaya bahasa saja udah cukup memilih kira-kira usia berapa si penanya ini. Atau apa latar belakang si penanya. Kadang soalnya foto profile sanggup saja yang dipasang foto anaknya...hehehe.
Anak muda cenderung minta jawaban instan, padahal yang ia tanya sangat komplek sekali.
Memberikan screen shot kadang miring-miring menciptakan malas ingin membantu menjawab.
2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu !
Seringkali sipenanya menandai/men-tag kita dengan impian dari kitalah jawaban itu sanggup menuntaskan masalahnya. Padahal kita bukan fakar/ahli duduk kasus yang ia tanyakan. Mau di cuekin ajah tidak berkomentar tidak enak. Ya sebaiknya kita komen saja "Maaf om saya tidak tahu, saya bukan ahlinya". Atau mungkin jikalau kita tahu siapa member mastah yang lebih sempurna untuk menjawab, ya ga ada salahnya kita tag member itu. "Coba colek mastah ...." itu lebih baik.
Salah jikalau memberi jawaban yang ngawur & sok tau. Apalagi jikalau jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih jelek lagi daripada, sebab akan menyesatkan si pe-nanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Kita sebagai mastah di group yang bersangkutan.
3. Jangan ledek seseorang sebab ketidak tahuannya
Anda dulu juga pernah kurang pintar ibarat mereka. Jangan sombong. Ada pepatah sang bapak membimbing anaknya, sang guru membimbing muridnya, senior membimbing junior. Nah, jadi sang bapak, sang guru maupun sang senior kalau mau membimbing jangan pakai sepatunya sendiri..
harus coba pake sepatu yg dibimbing (merasakan berada dalam posisi yg dibimbing),
jadi punya kesabaran untuk menjawab pertanyaan yg berulang-ulang.. nah kalau masih belum bisa, berarti belum sanggup juga jadi bapak, guru maupun senior. (copy-an salah salah satu komen di group sebelah)
4. Jika warta yang ada kurang, jangan segan-segan untuk berhubungan dengan pe-nanya hingga masalahnya terpecahkan.
Ingatkan ketika dulu Kita masih bodoh, dan orang-orang membantu Kita dengan bahagia hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan sanggup membuatnya menjadi mastah pula di kemudian hari, yang juga bahagia membantu orang lain yang tidak tahu.
5. Jawaban Coba gugling, tanya mbah gugel, RTFM atau STFW memang kadang kala pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun ialah jauh lebih baik jikalau Anda sanggup menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang sekedar memperlihatkan keyword yang sempurna untuk dimasukkan di Google bersama-sama ialah tunjangan yang sangat berharga bagi sang pe-nanya!
6. Jika ada kemudahan FAQ di lembaga Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu. Para calon pe-nanya terbantu sebab jawabannya sanggup didapatkan dengan cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu sebab volume pertanyaan menjadi berkurang.
7. Jika penanya menanyakan sesuatu yang dihentikan di rule grup, maka cukup infokan mohon baca rule grup, tidak perlu di tambahin bullyan atau komen ngeledek. Dia lakukan sebab kebanyakan ialah FAKTANYA sedikit member yang ga mau baca rule grup.
1. RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melaksanakan kesalahan yang fatal jawabannya bersama-sama sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, sebab ini fakta (Anda melaksanakan kesalahan etika).
Karena yang berdasarkan Anda kasar, kadang justru ialah biasa di lembaga tersebut. Atau ada alasan yang berpengaruh mengapa balasannya ibarat itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga jawaban tersebut terasa agresif bagi Anda.Dan banyak sekali kemungkinan lainnya.
Yang lebih bijak ialah menenangkan diri Anda, dan kemudian menjawab jawaban tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan menyampaikan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan postingan group facebook terarsip di Internet., dan sanggup dilihat oleh seluruh member facebook yang lain.
Tindakan Anda bertahun-tahun yang kemudian sanggup memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di group tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan
Yang lebih baik ialah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang group tersebut bukan group yang tepat. Tapi jangan dibalas, sebab Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja group lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda
a. Jangan tersinggung
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya.
Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda
Para pakar di group tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan tidak ada yang mengetahui jawaban dari kasus Anda, akan merasa kesal ("cerewet benar orang ini")
Sebaliknya, cari jawabannya di group yang lain.
Semoga bermanfaat
Sumber Asli : http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik
Dicopas & di modifikasi sesuai kebutuhan untuk pembaca blog ini dari http://www.kaskus.co.id/
Tulisan Asli
Oleh : Harry Sufehmi
0 Response to "Tata Cara/Etika Bertanya, Menjawab Pertanyaan & Berkomentar Di Lembaga Online"
Posting Komentar