-->

iklan banner

5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di Hp Dan Komputer

5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer – Beberapa hari belakangan ini saya mendapat berbagai inbox mengenai cara format kartu sd yang rusak. Apakah anda tahu bahwa untuk memformat/memperbaiki kartu sd yang rusak tidak akan berhasil kalau kartu sd tidak terdeteksi.


Banyak yang bertanya, “mas, kenapa kok memori saya tidak terdeteksi di hp lain, di komputer juga, padahal memori saya masih bagus?”. Sebenarnya ini permasalahan yang sangat rumit jawabannya, alasannya yaitu setiap orang mempunyai duduk kasus yang berbeda dengan orang lain.


Banyak sekali faktor penyebab kerusakan kartu memori yang tidak terbaca di hp dan komputer. Kerusakan paling mencolok yaitu kerusakan fisik, menyerupai patah halus/retak, slot memori rusak, kuningan tembaga ada yang terkelupas/tergores, dan masih banyak lagi.


Namun, apa balasannya tidak ada kerusakan fisik tetapi kartu memori tersebut masih belum dapat terdeteksi?. Nah, hal ini yang biasanya membingungkan saya. Maka dari itu disini saya mengulas mengenai beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak total dan tidak terbaca.


Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer


1. Bersihkan Kuningan Memori Dengan Tisu


 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer  5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer


Jika kartu memori anda tidak terdeteksi di handphone android maupun pc, anda dapat mengeluarkannya dari handphone android maupun pc anda dan membersihkannya. Jika ada abu di serpihan kuningannya, anda dapat membersihkan kuningan tersebut hingga higienis lalu sesudah dibersihkan, anda dapat memasangnya kembali.


Jangan lupa, pastikan anda membersihkannya dengan barang yang halus dan tidak mempunyai tesktur yang kasar. Jangan sesekali serpihan kuningan ini tergores, apabila tergores, jangan salahkan apabila nantinya sesudah dipasang kembali memori tidak terdeteksi.


2. Periksa Slot Memori Anda


Salah satu hal yang menjadikan memori tidak terdeteksi di handphone android yaitu alasannya yaitu slot memori di handphone anda sendiri yang mengalami masalah/kerusakan. Sebelum menyimpulkan memori anda rusak, cobalah untuk mengecek slot memori handphone anda. Cara tesnya gampang, coba masukkan memori lain.


Jika memori tersebut masih tidak terdeteksi, artinya slot memori anda yang rusak. Namun kalau terdeteksi, artinya memori anda yang rusak. Praktis bukan, jadi banyak orang yang belum mengerti bahwa ini yaitu faktor penting yang harus anda lakukan.


3. Cek Kartu Memori Dengan Kaca Pembesar


 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer  5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer


Jika memang kartu memori anda tidak terdeteksi dimanapun, maka ada satu alasan logis yakni terjadinya kerusakan fisik. Kerusakan fisik ini dapat menyerupai patah maupun tergores, untuk memastikannya anda dapat mengecek dengnan memakai beling pembesar.


4. Apabila Terdeteksi Di Komputer, Backup Semua Datanya Kemudian Format Ulang


Nah, cobalah untuk mengeceknya di komputer/laptop anda. Jika kartu memori terdeteksi, anda dapat membackup semua file yang ada di dalam kartu memori tersebut. Setelah backup, anda dapat memperbaiki memori tersebut atau membeli memori gres semoga anda tidak gundah untuk memperbaikinya.


5. Apabila Sudah Terdeteksi, Cek Error



  • Tancapkan kartu memori ke komputer memakai adaptor/card reader.

  • Jika terdeteksi, cek error kartu memori tersebut. Caranya yakni masuk ke Windows Explorer.

  • Kemudian klik kanan pada kartu memori anda dan pilih Properties.

  • Nanti akan ada banyak hidangan pada properties, pilih hidangan Tools.

  • Pada hidangan tools, klik Check Now. Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer  5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di HP Dan Komputer

  • Centang semua file dan klik Start, tunggu proses pengecekan, nanti kalau ada kerusakan ikuti arahannya untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi.

  • Sekian, selamat mencoba!!.


Baca juga cara mengatasi kartu memori yang tidak dapat diformat di android, tetapi dapat di komputer.


Itulah beberapa cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca tanpa diformat, apabila cara di atas sudah tidak berfungsi lagi, yah mungkin anda dapat membeli kartu memori yang baru. Dan tentunya anda harus merelakan file-file dalam memori tersebut hilang. Atau anda dapat bertanya ke tukang servis handphone terdekat.


Oke, itulah beberapa cara memperbaiki microsd yang tidak terbaca di hp dan komputer dengan praktis dan cepat. Semoga dengan membaca artikel ini permasalahan anda seputar sd card tidak terbaca di laptop dapat teratasi. Sekian, apabila ada yang kurang jelas, anda dapat menanyakannya di kolom komentar pada simpulan artikel.




Sumber https://dewailmu.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Cara Memperbaiki Microsd Yang Tidak Terbaca Di Hp Dan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel