-->

iklan banner

Cara Menciptakan Plugin/Extension Sketchup - Bab 2: Menubar, Toolbar & Perintah

Pada postingan sebelumnya aku telah berikan sedikit citra umum mengenai loader plugin & Struktur umum sebuah plugin sketchup. Bagi teman-teman yang ketinggalan silahkan baca dua dahulu posting sebelumnya ini. 

Kupas Tuntas Plugin Loader - Sketchup Plugin Tutorial

Kupas Tuntas Skrip Plugin SketchUp KSI Ruang Otomatis – Bagian: 1 Umum

Nah.. kini coba kita kupas tuntas lagi bagaimana cara menciptakan sajian & toolbar dari sebuah Plugin/Extension SketchUp. Silahkan ketik ulang skrip dibawah ini ke dalam file "skrip_utama_saya.rb" yang aku jelaskan dipostingan sebelumnya.  Atau mau pribadi kopas kemudian paste silahkan saja moggo. Hanya sebaiknya teman2 ketik ulang dengan tujuan terbiasa dalam menulis sebuah koding skrip..hehehe.

Selamat mencoba. Jika sukses maka jadinya akan menyerupai gambar ilustrator pada postingan ini.

require 'sketchup.rb'
require 'extensions.rb'
unless file_loaded?(__FILE__)
# ============================================================
# MEMBUAT TOOLSBAR & MENU
# Membuat sajian & meletakannya pada sajian utama Plugins/Extensions
view_menu = UI.menu "Plugins"

# Menambah garis separator
view_menu.add_separator

# Membuat sub sajian di sajian utama "Plugins" dengan nama "Menu Plugin Saya"
@sub_menu = view_menu.add_submenu("Menu Plugin Saya")

# Membuat Toolbar menu
@ncep_toolbar = UI::Toolbar.new "Toolbar Saya"
# -------------------------------------------------------

# Prosedure/Fungsi ketika sajian atau toolbar di klik
def perintah
   Sketchup::set_status_text "Ini yakni status text saya"
   UI.messagebox "Plugin Saya, Horee...sy dapat menciptakan plugin.!!!."
end

# Membuat ikon perintah dan menetukan prosedure "perintah" sebagai aksi
@com1 = UI::Command.new("Basic1") {perintah}

# Buat ikon. Simpan di Folder ...Plugins/Folder_saya/
@com1.small_icon = "#{@pathRoot}/ikon16.png"
@com1.large_icon = "#{@pathRoot}/ikon32.png"

# Menampilkan tooltips ketika mpointer mouse sempurna berada di icon
@com1.tooltip = "Tool Tips Plugin Saya"
tb1 = @ncep_toolbar.add_item @com1
@it1 = @sub_menu.add_item("Plugin Pertama Saya") {perintah}

end # ulsess

Note: 
Silahkan kembangkan skrip ini dengan menambahkan fungsi & method khusus dalam procedur perintah. 

Sumber http://nceptutorial.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menciptakan Plugin/Extension Sketchup - Bab 2: Menubar, Toolbar & Perintah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel