-->

iklan banner

Cara Pemupukan Padi Sertani 13

Pemberian pupuk yakni salah satu cara menanam padi yang baik dan menguntungkan. Pemupukan sangat dianjurkan untuk pertumbuhan padi. Itu sebabnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan pemupukan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan cara pemupukan padi sertani 13.



  1. Pemberian Pupuk Organik


Pemberian pupuk organik sanggup dipakai dari kotoran ternak, pupuk sangkar atau materi sisa tumbuhan yang sudah menjadi kompos. Pemberian pupuk organik tersebut penting. Mengingat pupuk organik untuk perbaikan sifat zat kimia terhadap tanaman. Ada beberapa tips menciptakan pupuk dari kotoran kambing yang patut dicoba.


Sumber materi kompos yang paling gampang didapat dalam jumlah yang banyak yakni jerami dan sisa-sisa tumbuhan lain, sampah rumah tangga, arang sekam, bubuk dapur. Bahan tersebut sebelum dipakai harus terlebih dahulu dikomposkan. Cara menciptakan pupuk organik cair dari buah busuk juga sanggup jadi pilihan pupuk organik yang baik.



  • Gunakan takaran pupuk organik kotoran ternak minimum 1 ton/ha atau kompos jerami 2 ton/ha per trend tanam.

  • Bahan organik di sebar merata di atas hamparan sawah dua ahad sebelum pengolahan tanah

  • Lalu di sarankan untuk menyemprotkan POC – TOP GREEN yang berbahan dasar humus ke permukaan lahan kosong, biar sanggup memicu pertumbuhan dan perkembangan zat dan unsur organik.

  • Jika pertanaman hanya 1 kali setahun jerami padi di biarkan dulu melapuk pribadi di sawah selama satu trend untuk selanjutnya dibenamkan dikala tanah dibajak.


Ada beberapa takaran yang juga perlu di perhatikan dalam proteksi pupuk untuk padi sertani 13.



  1. Menggunakan urea, SP36 dan KCI (200-250 Kg : 100-150 Kg : 75-100 Kg/ha)



  • Satu hari sebelum tanam, lakukan penyebaran pupuk SP36 100%. Setelah umur 7 hst lakukan penyebaran urea 30% dengan KCI 50%.

  • Ketika umur 20 hst lakukan penyebaran urea 40% dan sehabis berumur 30 hst lakukan penyebaran urea 30% dengan KCI 50%.

  • Jika memakai urea, SP36 dan KCI namun memiliki BWD. Aplikasi pertama dan kedua sama ibarat di atas (Sebelum tanam aplikasi SP36 100%, 7 hst aplikasi urea 30% di tambah KCI 50%), tetapi setiap seminggu sekali lakukan tes warna daun dengan BWN.

  • Jika hasil pengetesan tersebut di rasa butuh penambahan urea baru, maka lakukan penambahan sedikit saja sekitar 10%. Pengetesan di lakukan hingga tumbuhan padi berumur 40 hst. Pada umur 30 hst KCL yang tersisa 50% di berikan semuanya.


2. Jika memakai urea dan NPK Ponska (100 Kg : 300 Kg/ha)



  • Umur 7 hst di berikan urea 30% dan NPK Ponska 50%, pada umur 20 hst di berikan urea 40% dan sehabis umur 30 hst berikan urea 30% dan NPK Ponska 50%.

  • Jika memakai BWD aplikasi 7 hst berikan ponska saja 50% tanpa urea, sehabis satu ahad lakukan test dengan BWD. Jika hasil tes di rasa perlu penambahan urea, lakukan penambahan 10% saja.

  • Lakukan seterusnya untuk pengetesan setiap seminggu sekali dengan BWD. Ketika umur 30 hst berikan ponska yang 50%.


3. Jika memakai urea dan NPK pelangi (100 Kg : 300 Kg/ha).



  • Berikan NPK pelangi 100% di dikala padi berumur 1 hst. Setelah satu ahad berikan urea 30%.

  • Ketika umur 20 hst berikan urea 40% dan ketika padi berumur 30 hst berikan urea yang 30%.

  • Jika memakai BWD berikan NPK pelangi 100% ketika padi berumur 1 hst, sehabis 7 hst lakukan test dengan BWD dan bila hasil test BWD di rasa perlu di lakukan penambahan, lakukan lagi penambahan urea 10% saja.

  • Lakukan seterusnya sehabis melaksanakan test dengan BWD setiap 1 ahad sekali.


Ada beberapa cara pemupukan padi sertani 13, yaitu :



  1. Taburkan secara merata pada areal sawah bila anda memakai sistem tegel.

  2. Jika anda memakai sistem tanam jajar legowo, maka proteksi pupuk hanya pada kawasan yang ada tanamannya atau di luar legowo. Pemberian atau penyebaran di lakukan legowo tersebut.

  3. Pemberian pupuk ada juga yang dijimpitkan atau ditaruh pada seperempat jarak tumbuhan padi. Makara tidak disebar secara merata.

  4. Ada juga petani yang kreatif yang menawarkan pupuk tersebut dengan cara dijimpitkan pada seperempat di antara tumbuhan kemudian di injak dengan satu kaki.








Cara pemupukan padi sertani 13 itu semua bergantung dengan cara masing-masing. Jika ada waktu dan tenaga proteksi pupuk dengan cara di jimpit dan di injak merupakan proteksi pupuk paling efektif lantaran sanggup mengurangi terbuangnya pupuk oleh penguapan maupun terbawa pedoman air. Namun bila anda merasa repot dan tidak ada waktu, boleh juga hanya dengan di sebar saja secara merata.


Pupuk organik dalam bentuk yang telah dikomposkan berperan penting dalam perbaikan sifat kimia, fisika dan biologi tanah serta sumber nutrisi tanaman. Pupuk organik yang dikomposkan telah melalui proses dekomposisi yang di lakukan oleh beberapa macam mikroba anaerob (tanpa oksigen) hingga gampang di serap oleh tanaman.


Cara Penggunaan Bahan Organik :



  • Bahan organik di sebar merata di atas hamparan sawah, dua ahad sebelum pengolahan tanah. Kadang-kadang jerami padi di biarkan dulu melapuk pribadi di sawah selama satu musim.

  • Manfaatkan sumber-sumber materi organik dan pupuk sangkar yang tersedia dengan alternatif harga yang paling murah.

  • Penggunaan materi organik sering tidak menawarkan laba apabila harus diperoleh dengan cara dibeli diluar perjuangan tani setempat.


Sumber materi kompos antara lain berasal dari limbah organik ibarat sisa-sisa tumbuhan (jerami, batang, dahan), sampah rumah tangga, kotoran ternak ( sapi, kerbau, kambing, ayam, dll), arang, sekam, bubuk dapur. Secara umum kandungan nutrisi hara dalam pupuk organik tergolong rendah dan agak lambat tersedia, sehingga di perlukan dalam jumlah yang relatif banyak.


Selain itu, penggunaan pupuk kimia sanggup merusak ekosistem yang ada dan menciptakan tanah tidak subur. Itulah alasan mengapa pemupukan secara organik sangat disarankan. Pupuk organik juga tidak berbahaya untuk kesehatan asalkan tumbuhan dicuci dengan baik.


Ada banyak jenis pupuk organik yang sanggup dipakai dalam penanaman padi sertani 13 ini. Biasanya yang di gunakan para petani yakni pupuk sangkar atau kotoran ternak maupun kompos dari tumbuhan. Selain itu, baca juga cara menanam padi sertani 14 biar wawasan wacana padi semakin bertambah.



Sumber https://ilmubudidaya.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Pemupukan Padi Sertani 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel