-->

iklan banner

√ Luar Biasa! Umkm Indonesia Promosikan Produk Kerajinan Hingga Ekuador

 UMKM Indonesia Promosikan Produk Kerajinan Sampai Ekuador √ Luar Biasa! UMKM Indonesia Promosikan Produk Kerajinan Sampai EkuadorLagi dan lagi, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia melebarkan sayapnya hingga luar negeri. Sedikitnya ada 17 pelaku UMKM yang mengikuti pameran Centro Interamericano de Artesanias Pupulares (CIDAP), atau Pameran Pusat Kerajinan dan Kesenian Populer Antar Amerika di Cuenca Ekuador, Amerika Selatan.


Pameran kerajinan ini dilaksanankan kurang lebih 1 bulan semenjak 1-31 Oktober, sedangkan Pesta CIDAP digelar mulai 2 hingga 5 November 2017 lalu.


Pada kesempatan ini pelaku UMKM yang berkesempatan berangkat ke Ekuador antara lain pelaku bisnis kerajinan dari Kabupaten Pemalang, Pekalongan, dan Batang. Terdiri dari 11 orang dari Jawa Tengah dan yang 6 sisanya dari UMKM Jawa Barat.

style="display:block"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="5485024081"
data-ad-format="link">



Dikatakan Johan Syah selaku Anggota Komisi VI dewan perwakilan rakyat RI Jateng X dari fraksi PAN, ajang tahunan yang gres kali ini diikuti delegasi dari Indonesia ini setidaknya dihadiri oleh 20 negara delegasi dan lebih dari 200.000 pengunjung.


Melalui ajang pameran ini, Ia berharap potensi seni dan budaya Indonesia dapat lebih dikenal masyarakat mancanegara. “Termasuk produk-produk UMKM yang lebih khusus hasil UMKM Dapil Jateng X, Pemalang, Pekalongan, Pekalongan Kota dan Batang,” kata Andriyanto dikutip dari Kompas.com.


Pada pameran produk kerajinan dan kesenian ini, delegasi Indonesia mendapat ruang seluas 190 meter persegi dan terdiri dari dua lantai. Ruang itu dijadikan sebagai media memberikan isu seni dan budaya dari semua wilayah Indonesia, serta menjadi ruang pamer produk kerajinan seperti kain batik, kain tenun, patung kayu, wayang golek dan lainnya. Dengan begitu pengunjung dapat memperoleh isu lengkap perihal budasa seni dan produk kerajinan Indonesia.


Kendati gres pertama kali mengikuti ajang pameran CIDAP di Ekuador, tapi antusias konkret terlihat dari ruang pameran dan booth festival dari Indonesia. Bahkan dapat dibilang booth Indonesia sangat diminati oleh masyarakat Ekuador, sampai-sampai Ibu Negara Rocio Gonzales Navas ikut ingin tau dan mengunjungi ruang pameran Indonesia.

style="display:block; text-align:center;"
data-ad-layout="in-article"
data-ad-format="fluid"
data-ad-client="ca-pub-6037247388376359"
data-ad-slot="7037953167">



“Pada kesempatan itu Ibu Negara Ekuador tertarik seni budaya Indonesia. Ibu Negara Ekuador juga menyempatkan waktunya untuk mencar ilmu membatik kemudian melihat peragaan mengukir patung kayu komodo yang dibentuk pembatik dan pematung dari Pemalang,” lanjut dia.


Melihat respon pasar di Ekuador sangat bagus, rencananya kedepan pemerintah akan memperlihatkan kesempatan pada pelaku UMKM di Indonesia untuk menjajaki pameran di negara-negara lain ibarat Jepang, Arab, Afrika, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Luar Biasa! Umkm Indonesia Promosikan Produk Kerajinan Hingga Ekuador"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel