Skrip Menciptakan Face + Pushpull - Ruby Sketchup Plugin
Q : Om, itu bikin plugin pake apa?
A : Plugin/extension SketchUp ialah text/skrip/koding yang sanggup dibentuk oleh text editor menyerupai notepad atau dengan yg lebih canggih menyerupai Visual Code, Notepad++, dll. Kalo sy pake Atom editor. Lalu skript tersebut di simpan dengan format *.rb.
Skrip Plugin juga sanggup di buat eksklusif di SketchUp dengan memakai Plugin Editor/Debuger menyerupai Ruby Console+ atau Plugin Ruby Code Editor.
Untuk sanggup menciptakan skrip perlu dasar pengetahuan mengenai pemograman bahasa Ruby. Karena semua Plugin SketchUp ditulis dengan bahasa Ruby ini.
Sebagai citra awal bagaimana skrip plugin bekerja silahkan ikuti langkah ini:
1. Dowload & Install Plugin "Ruby Console+" dari Warehouse Extension.
2. Jalankan ruby console+ kemudian paste skrip dibawah ini ke editornya.
3. Jalankan skrip dengan mengklik ikon Play. Mantap. Anda telah sanggup menciptakan plugin sederhana sendiri...hehehe
Skrip:
# ------------------------------------------------
@mod = Sketchup.active_model
@ent = @mod.active_entities
def buat_faceXY (x,y,pj,lb,pp)
pts=[]
pts[0] = [x, y, 0]
pts[1] = [x+pj, y, 0]
pts[2] = [x+pj, y+lb, 0]
pts[3] = [x, y+lb, 0]
face = @ent.add_face pts
face.reverse!
if (pp > 0)
face.pushpull pp
end
end
def buat_faceXY (x, y, pj, lb, pp) => method/fungsi untuk menciptakan face pada bidang XY
Note:
Skrip ini selalu menggambar pada koordinat default z = 0, alasannya ialah pada array z selalu sy kasih nilai 0.
Challenge:
Silahkan kembangkan semoga posisi sumbu z selalu dinamik, sanggup di titik z manapun.
Sumber http://nceptutorial.blogspot.com
A : Plugin/extension SketchUp ialah text/skrip/koding yang sanggup dibentuk oleh text editor menyerupai notepad atau dengan yg lebih canggih menyerupai Visual Code, Notepad++, dll. Kalo sy pake Atom editor. Lalu skript tersebut di simpan dengan format *.rb.
Skrip Plugin juga sanggup di buat eksklusif di SketchUp dengan memakai Plugin Editor/Debuger menyerupai Ruby Console+ atau Plugin Ruby Code Editor.
Untuk sanggup menciptakan skrip perlu dasar pengetahuan mengenai pemograman bahasa Ruby. Karena semua Plugin SketchUp ditulis dengan bahasa Ruby ini.
Sebagai citra awal bagaimana skrip plugin bekerja silahkan ikuti langkah ini:
1. Dowload & Install Plugin "Ruby Console+" dari Warehouse Extension.
2. Jalankan ruby console+ kemudian paste skrip dibawah ini ke editornya.
3. Jalankan skrip dengan mengklik ikon Play. Mantap. Anda telah sanggup menciptakan plugin sederhana sendiri...hehehe
Skrip:
# ------------------------------------------------
@mod = Sketchup.active_model
@ent = @mod.active_entities
def buat_faceXY (x,y,pj,lb,pp)
pts=[]
pts[0] = [x, y, 0]
pts[1] = [x+pj, y, 0]
pts[2] = [x+pj, y+lb, 0]
pts[3] = [x, y+lb, 0]
face = @ent.add_face pts
face.reverse!
if (pp > 0)
face.pushpull pp
end
end
buat_faceXY 0,0,50,100,40
buat_faceXY 80,0,70,80,25
# ------------------------------------------------
Keterangan Skript:
buat_faceXY 80,0,70,80,25
# ------------------------------------------------
Keterangan Skript:
@mod = Variable global untuk mendeklarikan model SU
@ent = Variable global untuk setiap objek/entity dalam model SU
def buat_faceXY (x, y, pj, lb, pp) => method/fungsi untuk menciptakan face pada bidang XY
x, y = > sumbu koordinat x & y
pj => panjang face
lb => lebar face
pp => nilai pushpull
pts[] => array dinamik untuk menyimpan koordinat x,y & z
add_face => method untuk menggambar sebuah face dengan titik2 koordinat dari array pts
reverse! => methode untuk membalikan face semoga sanggup di pushpull ke atas
pushpull => method/perintah untuk meng-pushpull face jikalau nilai pp > 0
Note:
Skrip ini selalu menggambar pada koordinat default z = 0, alasannya ialah pada array z selalu sy kasih nilai 0.
Challenge:
Silahkan kembangkan semoga posisi sumbu z selalu dinamik, sanggup di titik z manapun.
Selamat mencoba :)
#pluginsuka2
#rubyscript
#rubyscript
0 Response to "Skrip Menciptakan Face + Pushpull - Ruby Sketchup Plugin"
Posting Komentar