Soal Uas Kejuruan Teknik Sepeda Motor
Kerjakan Soal-soal dibawah ini dengan cermat!
Soal Ulangan Akhir Semester Kejuruan Teknik Sepeda Motor
1. Berapakah jumlah roda gigi transmisi pada sepeda motor dengan 5 kecepatan :
a. 6 pasang roda gigi
b. 7 pasang roda gigi
c. 3 pasang roda gigi
d. 4 pasang roda gigi
e. 5 pasang roda gigi
2. Yang bukan termasuk komponen dari prosedur pemindah gigi adalah:
a. Drum shift gear
b. Shift fork
c. Plat bintang
d. Lengan Pemindah Gigi
e.
Input shaft
Input shaft
3. Urutan nama komponen yang tepat yaitu :
a. Crankshaft, input shaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
b. Crankshaft, output shaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, kick starter
c. Crankshaft, output shaft, drum shift gear&shift fork, input shaft,kick starter
d. Crankshaft, drum shift gear&shift fork, input shaft, output shaft, kick starter
e. Crankshaft, input shaft, drum shift gear&shift fork, output shaft, kick starter
4. Komponen yang berfungsi sebagai penahan drum shift gear semoga tidak netral ketika pedal persneling diinjak ke depan pada dikala sepeda motor berjalan yaitu nomor…..
a. 5
b. 20
c. 1
d. 5
e. 16
5. Pada gbr. soal nomor 4, gigi manakah yang berfungsi sebagai gigi 3
a. 5&6
b. 7&6
c. 1&3
d. 5&6
e. 7&8
6. Untuk memperkaya adonan materi bakar pada dikala kondisi udara di sekitar kita cuek yaitu fungsi dari:
a. Choke valve
b. Slow jet
c. A C V
d. Float valve
e. Main jet
7. Urutan kerja yang benar kalau membersihkan saringan udara yang terbuat dari elemen kertas berikut ini adalah:
a. Disemprot dari arah: luar, dalam, luar, dst
b. Disemprot dari arah: dalam, luar, dalam, dst
c. Dicelup disolar, diperas, disemprot, dst
d. Disemprot, dilumasi oli, dst
e. Disemprot dari dalam, luar, dalam dan sesudah itu dilumasi pakai oli
8. Pada dikala mesin putaran tinggi dan tiba-tiba handel gas dibuka pada sepeda motor dengan karburator jenis TPFC komponen yang bekerja yaitu :
a. Main jet
b. Air srew
c. Slow jet
d. Trotel stop srew
e. Main jet & pompa akselerasi
9. Gunanya pelampung pada karbutaror adalah
a. Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran tinggi
b. Untuk mengapung di dalam cairan materi bakar
c. Untuk mengatur pemasukan materi bakar ke ruang pompa akselerasi TPFC
d. Untuk mengatur tinggi rendahnya materi bakar
e. Untuk mensuplai pemasukan bensin pada putaran rendah
10. Campuran miskin pada karburator yaitu :
a. Perbandingan 1 : 10
b. Perbandingan 1 : 12
c. Perbandingan 1 : 13
d. Perbandingan 1 : 15
e. Perbandingan 1 : 17
11. Salah satu penyebab terjadinya mesin berasap berwarna hitam pada sepeda motor 4 tak yaitu :
a. Banyak arang yang mengendap di dalam ruang bakar
b. Pemakaian tingkat panas busi yang keliru
c. Tekanan kompresi rendah
d. Campuran terlalu kaya
e. Ring oli bocor
12. Rumus untuk menghitung gaya yaitu :
a. F = P x A
b. A = F x P
c. F = P / A
d. P = F x A
e. F = A / P
13. Satuan dari tekanan adalah
a. Newton
b. Ampere
c. Kpa
d. Watt
e. M2
14. Satuan dari luas penampang yaitu :
a. Newton
b. Ampere
c. Kpa
d. Watt
e. M2
15. Diketahui gaya = 40 N, luas penampang = 40 mm 2 berapa tekanan yang timbul ?
a. 1600 Kpa
b. 1000 Kpa
c. 160 Kpa
d. 100 Kpa
e. 16 Kpa
16. Berikut ini yaitu komponen sistem pengapian kecuali :
a. Coil
b. Busi
c. CDI
d. Regulator
e. Platina
17. Prinsip kerja dari CDI yaitu :
a. Pengosongan muatan listrik pada kapasitor
b. Pengisian muatan listrik pada kapasitor
c. Pengosongan muatan listrik pada thyristor (SCR)
d. Pengisian muatan listrik pada thyristor (SCR)
e. Salah semua.
18. Komponen dalam CDI yang berfungsi sebagai saklar elektronik menggantikan fungsi platina di sistem pengapian yaitu :
a. Diode Zener
b. Diode
c. SCR
d. Tahanan
e. Platina
19. Untuk melaksanakan pengukuran ignation primary coil pada supra smh terminal yang diukur yaitu :
a. Hitam/kuning dan hijau
b. Biru /kuning dan Hijau
c. Hijau dan massa
d. Merah/hitam dan hijau
e. Biru /putih dan massa
20. Untuk bisa menimbulkan pembakaran yang tepat pada busi, diharapkan peralatan yang bisa meningkatkan tegangan yang tinggi. Peralatan tersebut yaitu :
a. CDI
b. Baterai
c. Thyristor
d. Pulser
e. Coi
21. Salah satu pengukuran yang dilakukan pada dikala mengusut rem tromol adalah
a. Panjang brake lining
b. Panjang kanvas rem
c. Lebar kanvas rem
d. Diameter sepatu rem
e. Diameter tromol rem
22. Pemeriksaan ketebalan cakram rem untuk mengetahui
a. Batas servis dan keausan
b. Batas servis dan kemiringan
c. Batas servis dan ketebalan
d. Batas servis dan kerusakan
e. Batas servis dan kemiringan
23. Minyak rem yang dipakai pada sistem rem cakram adalah
a. DOT 3 dan DOT 5
b. DOT 3 dan DOT 7
c. DOT 3 dan DOT 6
d. DOT 3 dan DOT 8
e. DOT 3 dan DOT 4
24. Urutan pembongkaran brake caliper rem cakram yaitu
a. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem,lepas bracket caliper, pegas kanvas dan karet tutup pin slide.
b. Keluarkan minyak rem, lepas bracket rem dan pegas kanvas rem.
c. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan caliper rem serta master silinder.
d. Keluarkan minyak rem, lepas selang rem dan kanvas rem dan tutup pin slide
e. Keluarkan minyak rem, lepas kanvas rem dan caliper rem dan karet dust seal
25. Fungsi sistem rem pada kendaraan sepeda motor adalah
a. Menjaga kestabilan kendaraan bermotor
b. Menjaga laju kendaraan bernotor.
c. Mengurangi dan menghentikan laju kendaraan bernotor
d. Menghentikan putaran mesin kendaraan bermotor
e. Mengurangi putaran dan laju getaran roda
26. Fungsi sistem kopling pada sepeda motor yaitu . . . .
a. Meneruskan dan memutuskan putaran mesin.
b. Meneruskan dan memutuskan putaran roda mesin
c. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke transmisi.
d. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke mesin.
e. Meneruskan dan memutuskan putaran dari poros engkol ke roda belakang
27. Cara kerja kopling otomatis pada sepeda motor bekerja menurut . . . .
a. Tinggi dan rendahnya jalan yang dilalui sepeda motor
b. Tinggi dan rendahnya putaran roda sepeda motor.
c. Tinggi dan rendahnya putaran transmisi sepeda motor.
d. Tinggi dan rendahnya putaran perseneling sepeda motor.
e. Tinggi dan rendahnya putaran mesin sepeda motor
28. Tanda-tanda kampas kopling telah aus pada kendaraan bermotor antara lain . . . .
a. Tenaga mesin terasa stabil, terutama ketika menanjak.
b. Antara RPM mesin dan kecepatan tidak sebanding, misalnya menyerupai putaran mesin tinggi namun laju sepeda motor menyerupai tertahan
c. Perpindahan gigi transmisi terasa lembut dan kasar, untuk transmisi matik terasa menghentak.
d. Bahan bakar menjadi lebih hemat.
e. Semua benar
29. Dibawah in sumber-sumber kerusakan pada sistem pemindah tenaga (kopling) antara lain, kecuali
a. Jumlah kanvas kopling dan pelat gesek tidak sama
b. Kopling macet dan pemindahan gigi transmisi keras
c. Saat bekerja pemindah gigi terlalu lambat
d. Kopling selip
e. Gaya/gerak kopling tidak sama
30. Fungsi minyak pelumas/oli bagi sistem kopling sepeda motor yaitu . . . .
a. Sebagai pendingin dan melumasi rumah kopling saja
b. Sebagai pendingin dan melumasi pelat kolping saja
c. Sebagai pendingin dan pelumas pecahan mesin
d. Sebagai pendingin dan pelumas pecahan transmisi saja
e. Sebagai pendingin dan melumasi komponen kopling dan memperlembut ukiran antar komponen
Semoga bermanfaat
Sumber http://jawaban-soal.blogspot.com
0 Response to "Soal Uas Kejuruan Teknik Sepeda Motor"
Posting Komentar