-->

iklan banner

√ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik Dan Proses Pembentukan Terlengkap

√ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Proses Pembentukan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Ikatan Kovalen.


Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai Ikatan Kovalen? Simak klarifikasi terlengkapnnya di bawah ini.


 


 Karakteristik dan Proses Pembentukan Terlengkap √ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Proses Pembentukan Terlengkap
√ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Proses Pembentukan Terlengkap

 


Pengertian Ikatan Kovalen


 


Ikatan Kovalen merupakan salah satu ikatan yang terbentuk lantaran pemakaian dari pasangan elektron bersama.


Pasangan elektron ini sanggup berasal dari masing-masing atom yang saling berkaitan, dan ikatannya disebut ikatan kovalen.


Sedangkan bila pasangan elektron yang akan dipakai ini berasal dari salah satu atom yang berkaitan disebut dengan ikatan kovalen koordinasi atau kovalen dativ.


Ikatan kovalen merupakan salah satu bentuk dari ikatan yang terbentuk lantaran adanya pemakaian bersama pasangan elektron oleh atom-atom antar sesama unsur nonlogam yang saling berikatan.


Ikatan kovalen terjadi akhir ketidakmampuan salah satu atom yang akan berikatan untuk melepaskan elektron menjadi ion nyata khususnya terjadi pada atom nonlogam yang cenderung mendapatkan elektron.


Ikatan kovalen ini juga terbentuk diantara dua atom yang sama-sama ingin menangkap elektron.


Dua atom unsur nonlogam saling menyumbangkan elektron supaya tersedia satu atau lebih pasangan elektron yang dijadikan milik bersama. Artinya, pasangan elektron ditarik oleh inti kedua atom yang berikatan.


 



Ikatan Kovalen = Unsur Nonlogam + Unsur Nonlogam



 


 


Pengertian Ikatan Kovalen Menurut Para Ahli


 


1. James E. Brady


Ikatan kovalen yakni suatu ikatan yang terjadi akhir pemakaian pada pasangan elektron secara gotong royong oleh dua atom.


 


2. Wikipedia


Ikatan kovalen ialah sejenis ikatan kimia yang mempunyai beberapa karakteristik yang berupa pasangan elektron yang saling terbagi (pemakaian bersama elektron) di antara aneka macam atom-atom yang saling berikatan.


 


 


Karateristik Senyawa Kovalen


 



  • Pada suhu kamar umumnya berupa gas (misal H2, O2, N2, Cl2 dan CO2), cair (misal H2O dan HCl) ataupun berupa padatan (I2).

  • Bentuk padatan senyawa kovalen lunak namun tidak rapuh

  • Senyawa dengan sebuah ikatan kovalen umumnya ini mempunyai titik leleh dan titik didih yang rendah. Titik didih dan titik leleh rendah yang disebabkan gaya tarik menarik antar molekulnya sangat lemah. Misalkan pada senyawa air yang mempunyai titik didih 100o (relatif rendah), hal ini bukan disebabkan oleh suatu ikatan kovalennya melainkan lemahnya ikatan antar molekul air. Inilah yang akan menimbulkan air gampang menguap menjadi berwujud gas (uap air). Saat berbentuk uap air, ikatan kovalen antara H dengan O tidak akan terputus hanya ikatan antar molekulnya yang terputus.

  • Senyawa kovalen umumnya tidak larut dalam pelarut polar (misalnya air) tetapi larut dalam pelarut nonpolar (organik) menyerupai minyak tanah, bensin, aseton dan sebagainya.

    Senyawa kovalen polar bisa menghantarkan listrik (misalnya larutan HCl) meski dengan kualitas yang buruk, lantaran dalam larutan senyawa kovalen polar terkandung ion-ion (semu) yang menimbulkan larutan bersifat elektrolit lemah.

  • Senyawa kovalen nonpolar sebagian besar tidak bisa menghantarkan listrik baik padatan, leburan atau larutannya.


 


 


Jenis – Jenis Ikatan Kovalen


 


1. Jenis Ikatan Kovalen Berdasarkan Jumlah PEI-nya Ikatan Kovalen


 



  • Ikatan Kovalen Tunggal

    Ikatan kovalen tunggal ialah ikatan yang terbentuk dari penggunaan bersama satu pasang elektron (setiap atom memperlihatkan satu elektron valensi untuk dipakai bersama). Dengan kata lain jumlah PEI=1.


Contoh : H2, H2O (konfigurasi elektron H = 1; O = 2, 6)


 



  • Ikatan Kovalen Rangkap Dua

    Ikatan kovalen rangkap dua ialah ikatan yang terbentuk dari penggunaan bersama dua pasang elektron (setiap elektron memperlihatkan dua elektron valensi untuk dipakai bersama). Dengan kata lain jumlah PEI=2.


Contoh : O2, CO2 (konfigurasi elektron O = 2, 6; C = 2, 4)


 



  • Ikatan Kovalen Rangkap Tiga

    Ikatan kovalen rangkap tiga ialah ikatan yang terbentuk dari penggunaan bersama tiga pasang elektron (setiap elektron memperlihatkan tiga elektron valensi untuk dipakai bersama). Dengan kata lain jumlah PEI=3.


Contoh : N2 (Konfigurasi elektron N = 2, 5)


 


2. Jenis Ikatan Kovalen Berdasarkan Sumber Pasangan Elektron Ikatan


 



  • Ikatan Kovalen

    Ikatan kovalen (yang sedang kita bahas sekarang) ialah ikatan yang terbentuk apabila pasangan elektron yang dipakai bersama berasal dari masing-masing atom yang berikatan dengan kata lain PEI berasal dari dua atom yang berikatan.


 



  • Ikatan Kovalen Koordinasi

    Ikatan kovalen koordinasi ialah ikatan yang terbentuk apabila pasangan elektron yang dipakai bersama berasal dari salah satu dari dua atom yang berikatan. Dengan kata lain PEI berasal dari salah satu atom yang berikatan.


 


3. Jenis Ikatan Kovalen Berdasarkan Sifat Kepolaran Ikatan


 



  • Ikatan Kovalen Polar

    Ikatan kovalen polar ialah ikatan kovalen yang PEI-nya cenderung tertarik ke salah satu atom yang berikatan sehingga menimbulkan bentuk molekulnya asimetris (tidak proporsioanal).


 



  • Ikatan Kovalen Nonpolar

    Ikatan kovalen nonpolar merupakan salah satu jenis ikatan kovalen yang PEI-nya tertarik sama besar lengan berkuasa ke arah atom-atom yang saling berikatan sehingga sanggup menimbulkan bentuk molekulnya simetris (proporsional).


 


 


Proses Pembentukan Ikatan Kovalen


 


Konfigurasi elektron 1H = 1


Konfigurasi elektron 😯 = 2, 6


Atom O akan stabil kalau mengikat dua elektron membentuk konfigurasi menyerupai dengan aton Ne (2, 8) sesuai hukum oktet. Sedangkan atom H akan stabil kalau mengikat satu elektron membentuk konfigurasi menyerupai He (2).


Sehingga untuk membentuk ikatan, atom O harus memasangkan dua elektron valensinya kepada dua atom H dan dua atom H memasangkan masing-masing satu elektron valensi terhadap dua elektron O tersebut.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik dan Proses Pembentukan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Laju Reaksi : Pengertian, Rumus dan Faktor Terlengkap


Baca Juga :  √ Atom : Pengertian, Sejarah, Teori, Stuktur, Sifat & Susunannya Terlengkap


Baca Juga :  Pengertian Unsur, Senyawa, Campuran dan Beserta Contohnya


Baca Juga :  √ Sistem Koloid : Pengertian, Sifat, Fungsi & Jenis Serta Contohnya Lengkap



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Ikatan Kovalen : Pengertian, Jenis, Karakteristik Dan Proses Pembentukan Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel