-->

iklan banner

Cara Tahu Windows Diinstall Memakai Bios Atau Uefi

Sudah jamak PC atau laptop 2 tahun belakangan ini motherboardnya mendukung UEFI, tapi ternyata seringkali Windowsnya sendiri tidak memanfaatkannya jadi masih pakai teknologi usang yakni BIOS. Walaupun dalam sehari – hari dapat dikatakan penggunaannya sama saja.


Kalau sudah terlanjur menginstall Windowsnya dan ingin tahu kita booting pakai Legacy BIOS atau UEFI maka cara paling mudahnya yaitu mendapat gosip dari log instalasi Windows. Silahkan buka file yang berlokasi di C:\Windows\Panther\setupact.log memakai Notepad. Tapi ukurannya cukup besar, sekitar 80MB jadi dapat cukup usang gres muncul isinya.


Kemudian carilah kata Callback_BootEnvironmentDetect: Detected boot environment:, nanti isinya antara BIOS atau UEFI yang menunjukan instalasi sistem operasinya pakai yang mana.


Alternatifnya yaitu dengan mengecek partisi harddisk, bila ada partisi kecil tersembunyi (tidak muncul di Windows Explorer) dan apabila dapat dibuka isinya ada beberapa file dengan ekstensi .efi maka berarti pakai UEFI.


Oh ya, bila datang – datang muncul error No bootable device tapi prioritas bootingnya sudah benar ini disebabkan antara Windowsnya rusak atau anda salah mengganti BIOS ke UEFI atau sebaliknya.



Sumber gurupintar.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara Tahu Windows Diinstall Memakai Bios Atau Uefi"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel