-->

iklan banner

√ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Dan Referensi [ Terlengkap ]

√ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri,  Kaidah, dan Contoh [ TERLENGKAP ] Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas teks eksplanasi. Apakah yang dimaksud teks eksplanasi? Dan apakah ciri-ciri dari teks eksplanasi? Mari kita simak klarifikasi terlengkapnya dalam artikel ini.


 


 Mari kita simak klarifikasi terlengkapnya dalam artikel ini √ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri,  Kaidah, dan Contoh [ TERLENGKAP ]
√ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, dan Contoh [ TERLENGKAP ]

Pengertian Teks Eksplanasi


 


Teks eksplanasi ialah suatu teks yang berisi wacana proses mengapa dan bagaimana suatu insiden alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Suatu insiden baik insiden alam maupun sosial yang bisa terjadi disekitar kita, selalu mempunyai korelasi lantaran jawaban dan proses.


 


Setiap insiden di sekitar kita tentunya ada suatu proses dan ada korelasi sebab-akibat dengan insiden lainnya. Di dalam teks eksplanasi terdapat klarifikasi mengenai korelasi sebab-akibat tersebut dengan menggunakan aspek “mengapa” dan “bagaimana” suatu insiden terjadi.


Pada dasarnya tujuan teks eksplanasi ialah untuk bisa menjelaskan wacana “mengapa” dan “bagaimana” suatu fenomena atau insiden terjadi.


Misalnya, artikel mengenai dampak global warming, insiden meletusnya gunung merapi, insiden gerhana bulan, atau insiden terjadinya tsunami.


Teks eksplanasi ini merupakan adopsi dari bahasa Inggris. Yaitu dari kata explanation dalam bahasa Indonesia yang berarti “menjelaskan”.


Dari istilah tersebut maka muncul suatu pengertian bahwa teks eksplanasi ialah suatu teks yang berisikan suatu proses pejelesan yang berafiliasi dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan ilmu pengetahuan.


 


Pengertian Teks Eksplanasi Menurut Para Ahli


 


1. Restuti ( 2013:85 )


 


Teks Eksplanasi merupakan sebuah teks yang membuktikan atau menjelaskan mengenai suatu proses atau fenomena alam maupun sosial.


 


2. The Contemporary English-Indonesian Dictionary: 651


 


Explanation Teks ialah sebuah teks yang berisi mengenai proses-proses yang berafiliasi dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.


 


3. Mahsun ( 2013: 189 )


 


Teks Eksplanasi ialah teks yang disusun dengan struktur yang terdiri atas bagian-bagian yang mengatakan pernyataan umum (pembukaan), deretan klarifikasi (isi), dan interpretasi atau penutup.


 


 


Manfaat Teks Eksplanasi


 


Terdapat berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mempelajari teks eksplanasi ini. Diantaranya sebaga berikut :



  • Membaca teks eksplanasi ini akan menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca serta mewujudkan generasi muda yang cerdas secara intelektual.

  • Menambah wawasan yang sangat luas kepada pembaca wacana proses terjadinya suatu fenomena yang terjadi di lingkungan alam maupun di lingkungan sosial.

  • Menambah wawasan kepada para pembaca mengenai hal-hal yang bersifat ilmiah.


 


 


Ciri – Ciri Teks Eksplanasi


 


Adapun ciri-ciri teks eksplanasi yaitu sebagai berikut ini :



  • Semua informasi yang telah atau akan disampaikan di dalam teks ialah menurut fakta (faktual) tanpa adanya embel-embel opini dari penulis.

  • Topik yang dibahas di dalamnya ialah sebuah fenomena yang berafiliasi dengan ilmu pengetahuan atau bersifat ilmiah.

  • Jenis teks ini bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi para pembaca untuk mempercayai hal-hal yang dibahas.

  • Struktur teksnya terdiri dari tiga jenis, yakni pernyataan umum, deretan penjelas atau sebab-akibat, dan interpretasi.

  • Penjelasan di dalam teks ini menggunakan sequence markers, maksudnya menyerupai Pertama, Kedua, Ketiga, dan sebagainya.


 


 


Tujuan Teks Eksplanasi


 


Teks eksplanasi diantaranya mempunyai tujuan sebagai berikut ini :



  • Menjelaskan suatu fenomena yang terjadi.

  • Menjelaskan sebab-akibat dari suatu peristiwa.


 


Struktur Teks Eksplanasi


 


Seperti yang menjadi ciri khas dari teks eksplanasi, teks ini juga mempunyai 3 struktur yang membangunnya semoga menjadi satu kesatuan yang utuh. Strukturnya yaitu sebagai berikut :



  1. Pernyataan Umum yaitu berisi pernyataan umum mengenai suatu topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya atau suatu proses keberadaan.

  2. Urutan Sebab Akibat yaitu berisi mengenai detail klarifikasi suatu proses terjadinya yang disajikan secara urut atau sedikit demi sedikit dari yang paling awal hingga yang paling akhir.

  3. Interpretasi yaitu berisi wacana kesimpulan mengenai suatu topik yang telah dijelaskan.


 


 


Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi


 


Adapun beberapa kaidah kebahasaan teks eksplanasi ialah sebagai berikut ini :



  • Pembahasan topik jauh lebih fokus pada hal-hal yang bersifat umum (generic), bukan partisipan manusia. Contohnya saja gempa bumi, gunung meletus, tsunami, badai, dan lain-lain.

  • Dalam penulisannya harus bisa menggunakan istilah-istilah yang ilmiah.

  • Dalam penulisannya harus bisa menggunakan kalimat pasif.

  • Penulisannya lebih sering menggunakan kata verba material dan verba relasional (kata kerja aktif).

  • Penulisannya berbagai menggunakan konjungsi kausal dan waktu. Contohnya saja sebelum, pertama, jika, kemudian, sehingga.

  • Penulisan eksplanasi bertujuan untuk sanggup menjustifikasi bahwa sesuatu yang dijelaskan secara kausal itu benar adanya.


 


 


Skematik Eksplanasi


 


1. General Statement


Berisi satu statemen umum mengenai suatu topik, yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses terjadinya, proses terbentuknya, dan lain sebagainya. Harus bersifat ringkas, menarik, dan jelas, yang bisa membangkitkan minat para pembaca untuk membaca detailnya.


 


2. Sequence of Explanations


Berisi wacana detail klarifikasi suatu proses keberadaan, proses terjadinya. Sangat relatif untuk menjawab pertanyaan “bagaimana”, yang jawabannya berupa sebuah statemen atau declarative sentence.


Penggunaan sequence markers juga sangat dimungkinkan mengingat proses perlu dijelaskan bertahap, pertama, kedua, ketiga, dsb atau pertama, berikutnya, terakhir.


 


3. Closing


Closing atau epilog berisi wacana kesimpulan atau statemen mengenai suatub topik atau suatu proses yang dijelaskan.


 


 


Jenis – Jenis Teks Eksplanasi


 


Berikut ini ialah beberapa jenis teks eksplanasi diantaranya :



  1. Eksplanasi Sequential yaitu suatu jenis eksplanasi yang menjelaskan rincian tahapan suatu fenomena. Misalnya saja urutan siklus kehidupan rantai makanan.

  2. Eksplanasi Kausal yaitu salah satu jenis eksplanasi yang menjelaskan mengenai asal-muasal atau penyebab terjadinya perubahan pada suatu hal secara bertahap. Misalnya pada proses terjadinya tanah longsor.

  3. Eksplanasi Teoritis yaitu salah satu jenis eksplanasi yang berisi spekulasi kemungkinan yang bisa terjadi di balik suatu fenomena alam. Misalnya saja pada letusan gunung merapi mungkin memicu terjadinya musibah lain yang dahsyat.

  4. Eksplanasi Faktorial yaitu suatu jenis eksplanasi yang menjelaskan wacana imbas serta hasil dari suatu proses. Misalnya saja pada imbas terjadinya kolonialisasi.


 


 


Contoh Teks Eksplanasi


 


Berikut ini referensi teks eksplanasi yang singkat mengenai gerhana bulan lengkap dengan struktur nya.


 


Judul : Gerhana Bulan


 


1. Pernyataan Umum (Pembuka)


Gerhana bulan merupakan salah satu fenomena alam yang sering kita temui. Peristiwa alam ini terjadi apabila bulan beroposisi pada matahari. Namun, oposisi bulan dengan matahari ini tidak akan selamanya menghasilkan insiden gerhana bulan.


Mengapa demikian? Sebab kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang ekliptika sangat sebesar. Akan ada ketika dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan suatu bidang ekliptika, yang kemudian akan menjadikan munculnya dua titik yang juga dikenal dengan istilah node.


Nah, gerhana bulan tersebut akan terjadi apabila bulan beroposisi dengan titik nude tersebut. Dibutuhkan sekitar 29,53 hari untuk hingga bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya.


 


 


2. Deretan Penjelas (Isi)


Faktanya, ketika terjadi gerhana bulan, bergotong-royong terkadang suatu penampakan bulan masih sanggup terlihat. Hal ini disebabkan lantaran sinar matahari yang masih tersisa itu, berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi.


Sinar matahari yang dibelokkan itu tentu saja mempunyai spektrum cahaya kemerahan, yang merupakan alasan mengapa ketika insiden gerhana bulan, tampilan bulan tersebut akan terlihat lebih gelap, biasanya berwarna merah gelap, jingga atau bahkan coklat.


Untuk mengamati gerhana bulan, sanggup Anda lakukan dengan mata telanjang atau tanpa adanya ancaman sedikit pun. Pada ketika terjadi gerhana bulan ini, umat Islam yang melihat dan mengamati insiden gerhana tersebut disunnahkan untuk melaksanakan salat gerhana (salat khusuf).


 


 


3. Penutup (Interpretasi)


Ketika bayangan di bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, maka pada ketika itulah akan terjadi gerhana bulan. Terutama ketika bumi ini menempati posisi di antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, yang kemudian menciptakan sinar matahari tidak sanggup mencapai bulan lantaran sudah dihalangi oleh posisi bumi ketika itu.


 


Demikianlah klarifikasi terlengkap mengenai √ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri,  Kaidah, dan Contoh [ TERLENGKAP ]. Semoga sanggup bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan lebih lagi bagi para pembaca. Terima Kasiih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Brosur : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan dan Contohnya Terlengkap


Baca Juga :  √ Pengertian Teks Anekdot : Struktur, Ciri-Ciri, Unsur Kebahasaan, Tujuan dan Contoh Terlengkap


Baca Juga :  √ Teks Eksposisi : Pengertian, Struktur, Tujuan, Ciri, dan Jenis Terlengkap


Baca Juga :  Pengertian Teks berpola Induktif dan Deduktif



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Dan Referensi [ Terlengkap ]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel