-->

iklan banner

√ Analisis Swot : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, Dan Misalnya Terlengkap

√ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya TerlengkapMenjalankan sebuah perusahaan yang bisa mengelola bisnis tertentu niscaya membutuhkan sistem dan pengaturan tertentu. Tujuannya tentu saja untuk bisa menciptakan perusahaan bisa tetap berjalan dan bisa bersaing dengan suatu kompetitornya.


Untuk itu setiap perusahaan biasanya sanggup menerapkan adanya analisa SWOT guna mewujudkan hal tersebut. Apa itu SWOT dan bagaimana kiprahnya dalam hal membantu kelancaran bisnis sebuah perusahaan? Berikut ini klarifikasi lengkapnya.


 


Menjalankan sebuah perusahaan yang bisa mengelola bisnis tertentu niscaya membutuhkan sistem √ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya Terlengkap
√ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya Terlengkap

 


Pengertian Analisis SWOT


Pengertian Analisis SWOT yakni suatu metode perencanaan strategis untuk sanggup mengevaluasi faktor-faktor yang besar lengan berkuasa dalam perjuangan mencapai tujuan, yaitu kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan bahaya (threats), baik itu tujuan jangka pendek maupun pada jangka panjang.


SWOT yakni kependekan dari :


S = Strength (kekuatan)

W = Weaknesses (kelemahan)

O = Opportunities (Peluang)

T = Threats (hambatan)


Istilah analisis SWOT seringkali kita temukan dalam suatu ruang lingkup ekonomi dan bisnis. Metode analisis ini tujuannya yakni untuk sanggup menggambarkan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi dan bukan merupakan alat analisis yang sanggup menunjukkan solusi terhadap persoalan yang tengah dihadapi.


Analisis SWOT ini berperan penting dalam bisnis sebab tujuannya untuk menciptakan kerangka suatu situasi dan kondisi dalam suatu perusahaan dari sudut pandang SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats).


 


Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli


Agar lebih memahami apa itu analisis SWOT, maka kita sanggup merujuk pada pendapat beberapa mahir sebagai berikut ini :


1. Philip Kotler


Analisis SWOT yakni suatu penilaian terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang terdapat pada individu atau organisasi.


 


2. Pearce dan Robinson


Analisis SWOT yakni suatu penggalan dari proses administrasi strategik perusahaan yang bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan utama perusahaan. Kelemahan dan kekuatan utama tersebut dibandingkan dengan peluang dan bahaya ekstern sebagai suatu landasan untuk menghasilkan aneka macam alternatif strategi.


 


3. Yusanto dan Wijdajakusuma


Analisis SWOT yakni suatu instrumen internal dan eksternal perusahaan yang bertumpu pada basis data tahunan dengan pola 3-1-5. Penjelasan mengenai pola ini yakni suatu data yang ada diupayakan meliputi data perkembangan perusahaan pada tiga tahun sebelum analisis, apa yang diinginkan pada tahun ketika dilakukan analisis dan kecenderungan suatu perusahaan pada lima tahun pasca analisis.


 


4. Freddy Rangkuti


Analisis SWOT yakni suatu perjuangan yang dilakukan berdasarkan logika yang sanggup memaksimalkan kekuatan dan peluang, dan pada ketika yang sama untuk sanggup meminimalisir kelemahan dan ancamana. Analisis ini bertujuan untuk sanggup mengidentifikasi aneka macam faktor secara sistematis untuk merumuskan seni administrasi perusahaan.


 


5. Rais


Analisis SWOT yakni suatu metode analisis yang paling fundamental yang mempunyai kegunaan untuk mengetahui topik dan permasalahan dari empat sisi yang berbeda. Hasil tamat dari analisis ini yakni suatu aba-aba atau rekomendasi untuk mempertahankan atau meningkatkan kekuatan dan peluang yang ada, serta sanggup mengurangi kelemahan dan menghindari ancaman.


 


 


Manfaat Analisis SWOT


Banyak sumber yang menyampaikan bahwa analisis SWOT yakni suatu metode analisis yang paling dasar. Analisis ini bermanfaat untuk sanggup mengetahui suatu permasalahan dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, yang dimilki oleh sebuah perusahaan.


Hasil dari suatu analisis ini sanggup menunjukkan rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan dan mempertahankan peluang, serta pada ketika yang bersamaan mengurangi kelemahan dan sanggup menghindari potensi ancaman.


Analisis SWOT  ini juga berperan sebagai instrumen yang bermanfaat dalam acara analisis strategis. Dengan analisis ini, suatu organisasi sanggup meminimalisir kelemahan dan menekan dampak bahaya yang harus dihadapi.


Jadi, secara umum manfaat analisis SWOT yaitu  sebagai berikut :



  • Perusahaan akan menjadi lebih memahami kekuatannya dan menunjukkan rekomendasi untuk meningkatkannya.

  • Perusahaan akan sanggup melihat suatu peluang dan sanggup mempertahankan peluang.

  • Perusahaan mengetahui suatu kelemahan serta mencari solusi untuk mengurangi kelemahan tersebut.

  • Perusahaan mengetahui suatu potensi bahaya serta mencari solusi untuk menghindari bahaya tersebut.


 


 


Contoh Analisis SWOT


Analisis SWOT pada merk StarBucks yang bisa kita jadikan acuan untuk menciptakan analisis SWOT. Perhatikan gambar sebagai berikut ini.


 


Menjalankan sebuah perusahaan yang bisa mengelola bisnis tertentu niscaya membutuhkan sistem √ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya Terlengkap
√ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya Terlengkap

 


Dari gambar di atas kita sanggup mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya bagi suatu bisnis Starbucks. Berikut klarifikasi singkatnya diantaranya :


1. Kekuatan Starbucks



  • Memiliki suatu produk dan layanan berkualitas tinggi.

  • Brand yang populer secara internasional, dan mempunyai kekuatan branding.

  • Lokasi store yang berada di daerah yang strategis.

  • Memiliki suatu korelasi yang baik dengan supplier.

  • Efektif dan efisien dalam suatu rantai pasok.


 


2. Kelemahan Starbucks



  • Efek bagi kesehatan dari mengkonsumsi suatu produk Starbucks.

  • Pertumbuhan masa depan semakin bergantung pada suatu segmen internasional.

  • Bergantung pada suatu segmen operasi di Amerika.

  • Bencana alam ini sangat menghipnotis pasokan.

  • Bergantung pada suatu korelasi dengan pemasok.


 


3. Peluang Starbucks



  • Memanfaatkan suatu merek Starbucks lebih banyak lagi selain gerai.

  • Kelompok suatu produk konsumen global.

  • Perluasan pada segmen operasi internasional.

  • Inovasi suatu produk dan platform pertumbuhan baru.

  • Pertumbuhan masa depan yang semakin bergantung pada segmen internasional.


 


4. Ancaman Bagi Starbucks



  • Studi kesehatan yang terbaru perihal dampak gula.

  • Sejumlah besar pesaing dalam bisnis kopi yang spesial.

  • Suplai dan harga kopi tunduk pada volatilitas yang sangat signifikan.

  • Kondisi ekonomi di Amerika yang bisa menurunkan belanja konsumen.

  • Lonjakan upah minimum yang menurunkan profitabilitas dan menurunkan pasokan.


 


 


 


Unsur – Unsur Analisis SWOT


SWOT merupakan sebuah metode yang dipakai untuk sanggup menciptakan penilaian kekuatan, kelemahan, peluang dan bahaya dalam bisnis. Umumnya SWOT ini digambarkan dengan tabel pada ukuran kertas yang besar untuk memudahkan analisis korelasi antar aspeknya.


Pembuatan analisis SWOT ini melibatkan tujuan bisnis yang spesifik dan identifikasi faktor internal-eksternal untuk mencapai tujuan tersebut.


Seperti yang sudah disinggung diatas, analisis SWOT ini melibatkan empat unsur utamanya, yaitu Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunity (peluang) dan Threats (ancaman). Berikut klarifikasi dari masing-masing unsur tersebut diantaranya :


 


1. Kekuatan (Strenght)


Analisis terhadap unsur kekuatan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Misalnya saja untuk menganalisis perihal kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan menyerupai dari segi teknologi, kualitas hasil produksi, lokasi strategis, atau unsur kekuatan lainnya yang lebih menekankan pada keunggulan perusahaan.


Biasanya dalam analisis SWOT pada perusahaan cenderung akan menciptakan sebanyak mungkin daftar kekuatan sebagai upaya kompetisi.


 


2. Kelemahan (Weakness)


Selain melihat unsur kekuatan suatu perusahaan, sangat penting untuk mengetahui apa kelemahan yang dimiliki perusahaan. Untuk mengetahui kelemahan suatu perusahaan bisa dengan melaksanakan perbandingan dengan pesaing menyerupai apa yang dimiliki perusahaan lain namun tidak dimiliki perusahaan Anda.


Jika ingin menciptakan daftar kelemahan suatu perusahaan secara lebih obyektif bisa dengan testimoni konsumen yang umumnya lebih mengetahui apa yang kurang dari sebuah perusahan.


 


3. Peluang (Opportunity)


Unsur peluang biasanya dibuat pada ketika awal membangun suatu bisnis. Ini sebab bisnis dibuat berdasarkan peluang atau kesempatan untuk sanggup menghasilkan keuntungan.


Unsur peluang termasuk daftar apa saja yang memungkinkan bisnis untuk bisa bertahan dan diterima di masyarakat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


 


4. Ancaman (Threats)


Analisis terhadap unsur bahaya ini sangat penting sebab memilih apakah bisnis sanggup bertahan atau tidak di masa depan. Beberapa hal yang termasuk unsur bahaya contohnya pada banyaknya pesaing, ketersediaan sumber daya, jangka waktu minat konsumen, dan lain sebagainya.


Membuat suatu daftar bahaya perusahaan bisa untuk jangka pendek maupun jangka panjang serta bisa sewaktu-waktu bertambah atau berkurang.


 


 


Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT


Secara garis besar terdapat 2 faktor utama yang sanggup menghipnotis analisa SWOT, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Berikut klarifikasi singkatnya antara lain :


 


1. Faktor Internal


Faktor internal yakni suatu faktor-faktor yang berasal dari dalam suatu perusahaan, yaitu kekuatan dan kelemahan dari perusahaan itu sendiri. Adapun beberapa hal yang merupakan penggalan dari faktor internal yakni sebagai berikut ini :



  • Sumber daya keuangan yang memadai

  • Sumber daya insan yang kompeten

  • Properti teknologi terkini

  • Kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan

  • Kemampuan pemasaran yang baik

  • Kemampuan distribusi yang baik, dll.


 


2. Faktor Eksternal


Faktor eksternal yakni semua faktor yang berasal dari luar perusahaan (ancaman dan peluang) dan sanggup besar lengan berkuasa terhadap performa perusahaan tersebut. Adapun beberapa hal yang merupakan penggalan faktor eksternal yakni sebagai berikut ini :



  • Tren bisnis

  • Budaya masyarakat

  • Sosial politik dan ideologi

  • Kondisi perekonomian suatu negara

  • Peraturan dan kebijakan pemerintah

  • Perkembangan teknologi, dll.


 


 


Pentingnya Analisis SWOT dalam Bisnis


Jika mengacu pada klarifikasi di atas, analisis SWOT ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu sebagai kerangka untuk menganalisis apa yang dimiliki dan tidak dimiliki suatu perusahaan.


Analisis ini bukan hanya penting untuk sanggup membangun sebuah bisnis saja, namun sangat penting untuk keberlangsungan bisnis.


Analisa SWOT ini sudah dianggap sebagai metode analisis untuk mendeskripsikan perusahaan yang paling dasar. Melalui analisa SWOT sanggup menjadi materi untuk sanggup menciptakan perencanaan strategis dan mencapai tujuan perusahaan secara lebih sistematis.


Analisis yang diterapkan dengan baik dan sanggup dijalankan dengan benar dalam sebuah perusahaan akan sangat membantu untuk sanggup melihat sisi-sisi perusahaan yang selama ini tidak terlihat. Tanpa melaksanakan suatu analisis bisa jadi bisnis yang dibangun tidak berjalan secara efisien dan efektif.


 


Demikianlah klarifikasi lengkap mengenai √ Analisis SWOT : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, dan Contohnya Terlengkap. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan serta ilmu pengetahuan bagi para pembaca. Terima Kasih.


 


Baca Juga Artikel :


Baca Juga :  √ Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengertian, Tujuan, Fungsi & Contohnya Lengkap


Baca Juga :  √ Kepemimpinan : Pengertian, Fungsi, Unsur & Tujuannya Lengkap


Baca Juga :  Pengertian Perencanaan dan Rencana Dalam Manajemen


Baca Juga :  Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli di Dunia



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "√ Analisis Swot : Pengertian, Unsur-Unsur, Manfaat, Faktor, Dan Misalnya Terlengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel