-->

iklan banner

Contoh Dan Cara Menciptakan Surat Lamaran Pekerjaan

Contoh dan cara menciptakan surat lamaran pekerjaan


Pada halaman sebelumnya kita telah mempelajari hal-hal yang harus kita ketahui ihwal surat lamaran pekerjaan namun disitu belum disertakan contohnya. Untuk itulah halaman ini dibentuk yaitu untuk melengkapi goresan pena sebelumnya.


Sebuah isu terkait lowongan pekerjaan bisa kita terima melalui beberapa cara yaitu ditampilkan di media masa contohnya koran atau tiba secara verbal dari seorang teman. Bahkan bisa juga kita sendiri yang melaksanakan inisiatif untuk mendaftar tanpa adanya lowongan pekerjaan, istilah nya “jemput bola”. Nah, kemudian bagaimana referensi dan cara menciptakan surat lamaran pekerjaan di situasi yang berbeda ibarat di atas?.


A. Contoh dan cara menciptakan surat lamaran kerja yang informasinya dimuat di dalam koran


Misalnya di koran Wijaya ada isu lowongan ibarat di bawah ini.


DIBUTUHKAN SEGERA: Website Developer

Syarat:



  • Laki-laki atau wanita minimal Sekolah Menengan Atas atau sederajat.

  • Jujur, profesional dan bertanggung jawabMenguasai bahasa pemrograman CSS, mysql, html, j4vascript dll.

  • Bisa bekerja di bawah tekanan

    Pengalaman lebih diutamakan


Lamaran dikirim ke: HRD Siswapedia dengan alamat Jl. Bantul km 8 Pendowoharjo.


Jika isu lowongan kerjanya ibarat di atas, maka kita buat ibarat ini.


Surabaya, 17 Maret 2017


Kepada Yth. HRD Siswapedia

Di Jl. Bantul km 8 Pendowoharjo

Yogyakarta


Dengan hormat,

Sehubungan adanya isu lowongan pekerjaan yang termuat di koran Wijaya tanggal 15 Maret 2017 sebagai website developer. Saya (Abdullah), tertarik untuk mengisi pekerjaan tersebut.


Saya lulusan sarjana teknologi dan isu dari universitas Surabaya bahagia dengan pekerjaan tersebut dan mempunyai pengalaman di bidang tersebut selama 5 tahun. Saya bisa menguasai semua bahasa pemrograman dan bisa bekerja secara profesional di bawah tekanan baik secara individu maupun kelompok. Berikut saya lampirkan isu mengenai saya:


1. Daftar riwayat hidup

2. Fotokopi ijazah, akta dan KTP

3. Screenshoot karya atau portofolio


Besar impian saya untuk bisa bekerja bersama perusahaan bapak/ibu.


Hormat saya

TTD

Abdullah


B. Contoh dan cara menciptakan surat lamaran kerja yang informasinya berasal dari dongeng teman


Nah, untuk kasus ibarat ini sering terjadi di kehidupan kita yaitu kita diberi isu lowongan kerja oleh teman. Dan biasanya informasinya gak detail sehingga kita harus lebih memutar otak untuk menciptakan surat lamaran pekerjaan.


Misalnya: Ehh bro ada lowongan sebagai pelayan di rumah makan mieroso. Kalau minat lamaran dikirim ke cabang rumah makan mieroso terdekat.


Kalau kayak begitu gimana cara menciptakan nya?


Cara membuatnya sama dengan referensi surat lamaran pekerjaan di atas, hanya saja ada sedikit perubahan.


Semarang, 5 Juli 2017


Kepada bapak/ibu HRD

rumah makan mieroso

Jl Mangkubumi km 10, Yogyakarta


Dengan hormat,

Sehubungan adanya isu bahwa rumah makan mieroso membutuhkan seorang pelayan, saya (Abdullah) tertarik untuk mengisi deretan tersebut.


Saya merupakan orang yang punya pengalaman sebagai pelayan selama 4 tahun dan merupakan lulusan Sekolah Menengah kejuruan Perhotelan. Saya bisa bekerja profesional meskipun dibawah tekanan. Saya orangnya periang, sabar dan ramah sehingga gampang berkomunikasi dengan orang yang baru.


Berikut saya lampirkan isu mengenai eksklusif saya:

1. Daftar riwayat hidup

2. Fotokopi ijazah dan KTP

3. Sertifikat training pelayanan standar perhotelan


Demikian surat lamaran ini saya tulis. Besar impian saya bisa bekerja bersama perusahaan bapak/ibu.


Hormat saya

TTD

Abdullah


C. Contoh dan cara menciptakan surat lamaran kerja menurut inisiatif pribadi


Jika ada perusahaan membuka lowongan kemudian kita mendaftar sebagai karyawan itu ialah hal yang lumrah. Tapi bagaimana bila perusahaan tersebut tidak membuka lowongan namun kita mendaftarkan diri sebagai karyawan? ini sangat jarang terjadi. Akan tetapi ini bisa dilakukan meskipun perlu kesabaran dan usaha yang lebih ekstra.


Misalnya kita mau mengajukan lamaran menjadi pengembang/pembuat website di sebuah perusahaan. Yang harus dilakukan yaitu:


1. Buatlah portofolio website yang pernah dibentuk sebanyak mungkin.


2. Cari tahu website yang telah dibentuk oleh perusahaan tersebut kemudian cari bug-nya (logika instruksi yang eror).


Buatlah surat lamaran pekerjaan ibarat ini.


Surabaya, 7 Juni 2017


Kepada yth. Bapak/ibu HRD

CV. Jogja tekno

Di Jl. Kaliurang km 11, Sleman, Yogyakarta


Dengan hormat,

Saya (Abdullah) merupakan seorang programer yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun berkecimpung di pembuatan website. Saya melihat ada lubang di beberapa website karya perusahaan bapak/ibu yang bila dibiarkan akan menjadi saluran bagi h4ck3r. Saya bisa memperbaikinya dan menyempurnakannya alasannya saya sangat andal dan profesional di bidang ini. Berikut karya saya bisa dicek di laman www.abdul88.com.


Bila hingga website karya perusahaan bapak/ibu terkena serangan h4ck3r, maka akan merugikan klien perusahaan serta akan merusak nama baik perusahaan Jogja tekno sebagai pengembang.


Besar harapan, saya bisa menjadi bab dari perusahaan bapak/ibu.


Hormat saya

TTD

Abdullah


Daftar pustaka:

Bayu kusmayati, Nurita. 2009. Bahasa Indonesia XII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Kasian, Syamsi. 2010. Aku Mampu Berbahasa dan Bersastra Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Suratno dan Wahono. 2010. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Contoh Dan Cara Menciptakan Surat Lamaran Pekerjaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel