-->

iklan banner

Macam-Macam Binatang Vertebrata

Macam-Macam Hewan Vertebrata – Berbicara mengenai dunia binatang yang sangat luas ini, ilmuwan melaksanakan penjabaran menurut kepemilikan tulang belakang sehingga menghasilkan dua penggolongan yakni binatang vertebrata dan invertebrata. Apa itu? nah, di halaman ini kita akan membahas wacana binatang vertebrata sedangkan untuk binatang invertebrata akan kita bahas di halaman lain.


Apa itu binatang vertebrata?


Hewan vertebrata atau dalam bahasa latinnya disebut “vertebrae” merupakan binatang yang mempunyai tulang belakang. Apa itu tulang belakang? tulang belakang merupakan tulang yang beruas-ruas dimana panjangnya dari leher sampai ke ekor. Tulang ini terletak di tempat punggung dimana di dalamnya terdapat sumsum yang termasuk ke dalam susunan saraf pusat.


 Berbicara mengenai dunia binatang yang sangat luas ini Macam-Macam Hewan Vertebrata

Gambar. Orang utan merupakan binatang vertebrata kelompok mamalia (Foto: www.worldwildlife.org)


Macam-Macam Hewan vertebrata meliputi lima kelompok yakni Ikan (Pisces), Amfibi (Amphibia), Hewan Melata (Reptilia), Burung (Aves) dan Hewan Menyusui (Mamalia).


1. Ikan (Pisces)


Ikan merupakan salah satu jenis binatang yang sering kita konsumsi sehari-hari. Hewan ini hidup di air baik itu diperairan tawar atau perairan asin dimana alat pernapasan utamanya yakni insang yang berkhasiat mengambil oksigen yang terlarut di dalam air. Ikan mempunyai bentuk yang ramping dengan dilengkapi sirip sehingga memudahkannya bergerak di dalam air.


Pada badan kepingan luarnya terdapat sisik dan lendir. Ikan berkembang biak dengan cara bertelur dan pembuahannya terjadi di luar tubuh. Oleh lantaran jantungya hanya mempunyai satu ventrikel, maka binatang ini termasuk binatang berdarah cuek dimana suhu tubuhnya sanggup berubah-ubah tergantung pada suhu lingkungannya.


Jenis ikan sangatlah banyak namun sanggup kita bagi menjadi tiga kelas yaitu:


a. Kelas Agnatha


Ikan kelas Agnatha merupakan ikan yang tidak mempunyai rahang. Agnatha berasal dari bahasa Yunani yakni “a” yang berarti tidak dan “gnathos” berarti rahang. Selain tidak mempunyai rahang, ikan kelas Agnatha mempunyai beberapa ciri lainnya antara lain hanya mempunyai sirip tunggal, rangka dalam tubuhnya hanya tersusun atas tulang rawan dan jantungya hanya mempunyai satu ventrikel. Ikan kelas ini contohnya ikan lamprey (Petromyzon sp.).


b. Kelas Condrichthyes


Condrichthyes berasal dari bahasa Yunani yakni “condros” yang artinya tulang rawan sedangkan “ichthyes” yang berarti ikan. Dari kata tersebut, maka sanggup diketahui bahwa ikan kelas ini mempunyai tulang rawan, mulut, lubang hidung berbentuk ventral, celah pharyngeal berjumlah luma buah atau lebih serta jantungnya mempunyai satu ventrikel. Contoh ikan jenis ini antara lain ikan hiu dan ikan pari.


c. Kelas Osteichthyes


Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani yakni “osteon” yang berati tulang dan “ichthyes” yang berarti ikan. Ciri ikan kelas ini antara lain mempunyai tulang keras, mulut, lubang hidung ventral, jantungnya mempunyai satu ventrikel dan celah-celah pharyngeal tertutup sehingga tidak bisa dilihat dari luar. Misalnya ikan lele dan ikan gurami.


2. Amfibi (Amphibia)


Hewan amfibi merupakan binatang yang bisa hidup di darat maupun di dalam air, contohnya katak. Katak mempunyai rongga mulut, paru-paru serta kulit yang tidak bersisik dan dilapisi lendir. Jantung katak hanya mempunyai satu ventrikel, katak berkembangbiak dengan cara bertelur dengan proses pembuahannya di luar.


Telur katak mempunyai kulit cangkang yang tipis, itulah sebabnya saat bertelur ia meletakan telurnya ditempat yang becek atau di dalam air. Telur katak yang menetas akan menghasilkan berudu yang pada usia ini masih bernafas memakai insang. Saat sudah tumbuh dewasa, katak akan hidup di darat dan bernafas memakai paru-paru. Bila kulitnya mengering, katak akan mencari air untuk membasahi kulitnya.


3. Hewan Melata (Reptilia)


Reptilia berasal dari bahasa latin yakni “repere” yang berarti melata. Kulit binatang reptil mempunyai sisik, hidup di darat dan di air serta berjalan dengan melata atau merayap. Hewan reptil berkembangbiak dengan cara bertelur. Contoh binatang reptil antara lain ular, biawak, penyu, buaya, kadal dan sebagainya.


4. Burung (Aves)


Burung merupakan binatang yang hidup di darat, tubunya ditumbuhi bulu, mempunyai sayap yang berkhasiat untuk terbang dan mengatur suhu badan serta bisa berjalan dengan kedua kakinya. Alat pernapasan pada burung yakni berupa paru-paru. Jantung burung mempunyai empat ruangan tepat yang berupa dua serambi dan dua bilik (Baca juga: Alat Pernapasan Pada Burung atau Aves ). Yang termasuk burung contohnya burung garuda, burung rajawali, burung gagak, pinguin, burung hantu, burung merpati dan sebagainya.


5. Hewan Menyusui (Mamalia)


Mamalia berasal dari bahasa latin yakni “mammae” yang berarti buah dada. Hewan mamalia mempunyai payudara dan sebagian spesies ada yang hidup di darat dan di dalam air. Hewan mamalia mempunyai kulit dan bulu halus dimana di dalam kulitnya terdapat banyak kalenjar ibarat kalenjar lemak, kalenjar susu, kalenjar keringat dan sebagainya. Contoh binatang mamalia antara lain ikan paus, kuda, sapi, lumba-lumba, ikan pesut, kucing dll.


Nah, sesudah membahas wacana macam-macam binatang vertebrata ,maka Anda sanggup pula membaca artikel sejenis berjudul Ciri-Ciri Animalia.


[color-box]Kistinah, Indun dkk.2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X.Surakarta:CV. Putra Nugraha.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Macam-Macam Binatang Vertebrata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel