-->

iklan banner

Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo merupakan perkebunan teh yang telah dibuka semenjak tahun 1990. Perkebunan teh ini terletak di perbukitan menoreh ialah di Dusun Nglinggo Timur, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah spesial Yogyakarta.


 merupakan perkebunan teh yang telah dibuka semenjak tahun  Kebun Teh Nglinggo

Gambar. Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo (Foto: Siswa Team)


Komplek perkebunan teh Nglinggo terletak di dataran tinggi ialah sekitar 800 meter di atas permukaan bahari (dpl). Area tanam kebun teh ini mempunyai luas sekitar 72 hektar dengan rincian 57 hektar merupakan kebun teh yang produktif dan 15 hektar merupakan kebun yang kurang produktif (Baca juga: Air Terjun Siluwok).


Wilayah kebun teh Samigaluh ini lebih banyak didominasi 98% dimiliki oleh masyarakat setempat sedangkan 2% sisanya dimiliki oleh PT. Pagilaran. Meski kebun teh ini sudah ada semenjak tahun 1990, akan tetapi gres populer sebagai objek wisata sekitar tahun 2015 dimana pengunjungnya rata-rata terdiri dari kaum muda.


 merupakan perkebunan teh yang telah dibuka semenjak tahun  Kebun Teh Nglinggo

Gambar. Pemandangan dari atas pegunungan bukit menoreh (Foto: Siswa Team)


Pada mulanya, dibukanya wisata kebun teh Nglinggo ini menurut proposal para penggemar otomotif kendaraan beroda empat jip yang melihat adanya potensi wisata alam yang masih sanggup dikembangkan lebih jauh. Para driver Jip sering melaksanakan jelajah medan di daerah ini. Kebetulan masyarakat setempat banyak juga yang ikut ke dalam komunitas ini sehingga terjadilah komunikasi serius untuk membuatkan potensi wisata alam perbukitan teh Nglinggo. Untuk pengelolaannya, masyarakat setempat lalu membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pagerharjo (Baca juga: Grojogan Sidoharjo).


 merupakan perkebunan teh yang telah dibuka semenjak tahun  Kebun Teh Nglinggo

Gambar. Perkebunan teh milik warga (Foto: Siswa Team)


Selain perkebunan teh, di sekitar lokasi ini juga terdapat hutan pinus dan perkebunan warga. Wisata disini masih sangat alami. Adapun satwa liar yang ada antara lain babi hutan dan beberapa jenis burung kecil. Menurut salah satu warga setempat, dulu ketika pembukaan lahan pertama kali ialah sekitar tahun 1990-an pernah ditemukan dua ekor harimau jawa yang mati akhir keracunan obat yang dipakai warga untuk melindungi flora dari serangan hama. Namun semenjak kejadian ini, obat-obatan yang sekiranya beracun untuk satwa liar tidak dipakai lagi.


 merupakan perkebunan teh yang telah dibuka semenjak tahun  Kebun Teh Nglinggo

Gambar. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dilihat dari Kebun Teh Kulon Progo (Foto: Siswa Team)


Fasilitas yang ada di Kebun Teh Nglinggo antara lain mushola, toilet, daerah parkir dan warung makanan-minuman ringan. Selain itu, di lokasi ini juga sanggup dilakukan aktivitas petualangan dan perkemahan. Untuk peta lokasi perkebunan teh Nglinggo sanggup di lihat pada gambar di bawah ini.




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kebun Teh Nglinggo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel