-->

iklan banner

✔ Seajarah Dan Teori Sel (Biologi 11)

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ini ia postingan aku untuk yang sekian kalinya atau yang ke 4 kalinya, maklum gres mencar ilmu untuk buat blog. Makara jikalau buruk sedikit nggak apa-apa.
posting kali ini aku mau menyebarkan ihwal materi Sekolah Menengan Atas kelas 11 ihwal Sejarah dan Teori Sel. Sehubungan dengan tahun fatwa gres aku mau sedikit mencar ilmu materi Sekolah Menengan Atas kelas 11 dan sekalian aku bagikan kepada para yang membutuhkan. ini ia materi yang mau aku sampaikan:

A.        Sejarah Penemuan Sel
Pada tahun 1665 Robert Hooke mengamati sayatan dari batang Querus suber menggunakan mikroskop. Ia menemukan adanya ruang kosong yang dibatasi dinding tebal dalam pengamatannya, ruang kosong tersebut diberi nama cellulae (sel).

Perkembangan selanjutnya (1632-1723) Antonie Van Leeuwenhoek merancang sebuah mikroskop sederhana. Ia mengamati air rendaman jerami dan dilihatnya organisme kecil yang bergerak dalam air, Antonie Van Leuwenhoek yang pertama melihat sel hidup.


B.     Teori Sel
1. Sel Merupakan Kesatuan atau Unit Struktural Makhluk Hidup.
Dikemukakan oleh Jacob Schleiden (1804-1881) dan Theodor Schwan (1810-1882). Pada tahun 1839 Schleiden mengadakan pengamatan pada sel tumbuhan dan Theodor mengadakan pengamatan pada sel hewan. Hasil pengamatan tersebut ialah sebagai berikut:
a. Tiap mahkluk hidup terdiri dari sel.
b. Sel merupakan unit struktural terkecil pada makhluk hidup.
c. Organisme bersel tunggal terdiri dari sebuah sel, organisme lain yang tersusun lebih dari satu sel disebut organisme bersel banyak.

2. Sel Sebagai Unit Fungsional Makhluk Hidup.
            Max Schultze (1825-1874) menyatakan bahwa protoplasma merupakan dasar fisik kehidupan. Protoplasma bukan hanya bab struktural sel tetapi juga merupakan bab penting untuk berlangsungnya reaks-reaksi. Berdasarkan ini muncullah teori sel merupakan kesatuan fungsional kehidupan.

3. Sel Sebagai Unit Pertumbuhan Mahkluk Hidup
        Rudolph Virchow (1821-1902) beropini bahwa omnis cellula ex cellulae (semua sel berasal dari sel sebelumnya).

4. Sel Sebagai Unit Heredeitas Mahkluk Hidup
            Telah ditemukan unit-unit penurunan sifat yang terdapat dalam nukleus, yaitu kromosom. Dalam kromosom terdapat gen yang merupakan unit pembawa sifat.
            Penemuan lain yang mendorong teori sel ialah sebagai berikut:
1) Robert Brown (1812), menemukan benda kecil mengapung diantara cairan sel yang disebut nukleus (inti sel).
2) Felix Durjadin (1835)beranggapan bahwa bab terpenting sel ialah protoplasma.
3) Johanes Purkinye (1787-1869), orang pertama yang mengajukan istilah protoplasma untuk menamai materi embrional sel telur.



sumber: Biologi_Kelas_11_Purnomo_Sudjino_Trijoko_Suwarno_Hadi_Susanto_2009


Jika ada sesuatu hal yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Dimohon juga untuk meninggalkan komentar,kritik, dan sarannya. terima kasih.



Sumber http://biolog-1437.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "✔ Seajarah Dan Teori Sel (Biologi 11)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel