-->

iklan banner

Pengertian Dan Efek Tenaga Tektonik Lengkap

Pengertian dan Dampak Tenaga Tektonisme


Pengertian Tektonik/Tektonisme


Tektonisme merupakan tenaga dari dalam bumi yang menimbulkan patahan (fault), dislokasi (perubahan letak), dan lipatan (fold) batuan kerak bumi. patahan/sesar dan dislokasi kerak bumi menimbulkan terbentuk nya graben/sleng dan horst. Lipatan batuan kerak bumi menimbulkan terbentuk punggung lipatan (antiklinal), lembah lipatan (sinklinal), depresi, dan elevasi. Tektonisme sangat berkaitan dengan diatorpisme, adalah proses perubahan bentuk muka bumi menyerupai terbntuknya gunung, plato, serta lipatan dan retakan batuan. Tenaga tektonisme yang menimbulkan gerak naik dan turun lapisan batuan kerak bumi dibedakan menjadi 2, yaitu:


1. Gerak Epirogenesa

Merupakan gerakan tenaga tektonik yang sangat lambat dan mencakup wilayah sangat luas. gerak epirogenesa dibedakan menjadi gerak epirogenesa nyata dan epirogenesa negatif.


2. Gerak Orogenesa

Merupakan gerak tenaga tektonik yang relatif cepat dan mencakup wilayah relatif sempit. Gerak orogenesa membentuk pegunungan, menyerupai pegunungan, Gerak orogenesa menimbulkan lipatan, patahan, dan retakan batuan.





  • Lipatan, Lipatan batuan terbentuk oleh tenaga dari dalam bumi. Tekanan yang tidak terlalu berpengaruh dan berlangsung dalam waktu cukup usang menimbulkan lapisan batuan kerak bumi mengerut atau melipat. Pengerutan atau pelipatan batuan sanggup membentuk pegunungan. Bagian puncak atau punggung lipatan disebut antiklinal dan pecahan lembah disebut siniklinal.

  • Patahan, Selain melipat, batuan kerak bumi sanggup patah. Patahan terjadi apabila tenaga yang menggerakan kerak bumi sangat berpengaruh dan berlangsung singkat. Blok atau pecahan permukaan bumi yang patah dan turun disebut graben/slenk. Sementara itu, pecahan yang patah dan terangkat disebut horst. 


Dampak Tenaga Tektonik


Tenaga Tektonik sanggup berdampak nyata dan negatif bagi kehidupan.

1. Dampak positif

ditemukan nya kantong-kantong minyak dan gas alam dilipatan-lipatan dan sesar-sesar batuan pada kondisi tertentu.


2. Damapak Negatif 

Timbulnya musibah menyerupai gempa, dan tanah longsor.


Kesimpulan nya  Tektonisme atau tenaga tektonik merupakan tenaga geologi yang berasal dari dalam bumi dengan arah vertikal atau horizontal yang menimbulkan perubahan letak lapisan batuan yang membentuk permukaan bumi. Proses ini menghasilkan lipatan dan patahan, baik dalam ukuran besar maupun ukuran kecil. dan memiliki dampak nyata dan negatif dari yang ditimbulkan tenaga tektonik.


Itu lah lebih kurang nya klarifikasi dari pengertian dan dampak tenaga tektonik. Sekian dan terimakasih 🙂




Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Efek Tenaga Tektonik Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel