Contoh Judul Informasi Clickbait Di Indonesia
Contoh Judul Berita Clickbait di Indonesia – Peralihan media cetak menuju media online banyak memunculkan ajaran – ajaran jurnalisme baru. Aliran jurnalisme tidak hanya diisi dengan jurnalisme gaya staright news, tapi kini juga diisi dengan ajaran jurnalisme lain, dalam hal ini jurnalisme Clickbait ?
Apa jurnalisme Clickbait itu ?
Jurnalisme Clickbait merupakan sebuah produk jurnalistik yang lebih mensubstansikan pemerolehan click dari para pembaca. Artinya, sebuah isu dan produk – produk jurnalistik lain, dibentuk dengan mempertimbangakan penggunaan clik, untuk menarik trafick sebanyak – banyaknya.
Apa Media Pelopor Clickbait di Indonesia ?
Salah satu media, yang mempelopori penggunaan ajaran jurnalisme Clickbait yaitu Tribunnews.com. Media online asal Jakarta itu memakai metode clicking untuk menarik traffick sebanyak – banyaknya. Di masa sekarang, ajaran Clickbait lalu semakin meluas penggunaanya.
Banyak sekali media – media online mencoba mengikuti jejak Tribunnews.com. Salah satu media yang mengikuti ajaran jurnalisme Clickbait yaitu Detik.com, CNN.com, sampai Liputan6.com. Tidak hanya media – media yang sudah terverifikasi Dewan Pers saja, yang memakai metode Clickbait dalam produk – produk jurnalistiknya. Tapi hampir meluas ke media – media lain, khususnya media online.
Karakteristik Jurnalisme Aliran Clickbait
Terdapat beberapa karakteristik, terkait dengan jurnalisme ajaran Clickbait. Karakteristik – karaktersistik yang terdapat pada jurnalisme Clickbait salah satunya penggunaan judul – judul boombastis, ambiguitas, multitafsir, dan memakai model gaya kutipan. Salah satu pola judul dengan gaya Clickbait salah satunya sebagai berikut.
Contoh : Terbongkar, Artis Lutfi Aminuddin Ternyata Suka Makan Tempe
Kata terbongkar, pada judul di atas mengambarkan terdapatnya ajaran jurnalisme Clickbait. Terbongkar secara semantis memiliki makna yang boombastis. Hal ini sesuai dengan karakteristik dari ajaran jurnalisme Clickbait, yang cenderung memakai judul – judul yang boombastis.
Contoh Judul Berita Clickbait di Indonesia bisa di lihat pada gambar di bawah ini
Apa Keuntungan dan Kekurangan Jurnalisme Gaya Clickbait
Jurnalisme Clickbait ini banyak terdapat laba – laba yang cukup banyak, jikalau dibandingkan dengan jurnalisme gaya lainnnya. Tentu saja salah satu laba dari gaya jurnalisme Clickbait yaitu bisa mengundang pembaca lebih banyak.
Apalagi sesuatu yang boombastis memang mengundang penasaran. Kondisi psikologis seseorang akan terpacu rasa keingin tahuannya, jikalau otak dan mata secara visual ditampilkan hal – hal yang boombastis. Akan tetapi, jurnalisme Clickbait tidak hanya menyuguhkan manfaatnya saja.
Ada kekurangan – kekurangan yang ada pada jurnalisme Clickbait. Salah satu kekurangan dari jurnalisme Clickbait yaitu isi konten sering kali tidak bersesuian dengan judul. Bahkan ketidak sesuaian antara judul dan isi, bisa mencapai 80 persenan lebih. Sebab itulah, jurnalisme – jurnalisme clik bait kerap menjadikan kontroversi, salah persepsi, sampai sering kali memunculkan resepsi publik akan sebuah informasi yang simpang siur.
Baca juga: sejarah dan imbas negatif isu online
Aliran Jurnalisme Clickbait Jarang Ditemukan Pada Media Cetak
Jurnalisme memang kerap kali ditemukan pada media online. Tidak hanya pada Tribunnews.com, Detik.com, atau Liputan6.com. Malah hampir semua media memakai gaya Clickbait dalam setiap produk – produk jurnalistiknya. Tetapi pada media cetak, hampir tidak ditemukan gaya Clickbait.
Baik pada media cetak dalam bentuk koran, majalah, sampai buletin jarang sekali ditemukan gaya Clickbait. Penyebab tidak ditemukannya gaya jurnalisme Clickbait ini alasannya yakni pada media cetak tidak butuh click pembaca terlebih dahulu. Sehingga ajaran Clickbait tidak mungkin tumbuh subur pada media cetak.
Sumber aciknadzirah.blogspot.com
0 Response to "Contoh Judul Informasi Clickbait Di Indonesia"
Posting Komentar