-->

iklan banner

Minum Teh Kalau Anda Mengidap Diabetes

Tips Sehat Minum Teh Jika Anda Mengidap Diabetes

     Meskipun Anda mempunyai diabetes, Anda masih bisa menikmati teh setiap pagi atau sore hari. Kabar baiknya, teh justru manis bagi pasien diabetes alasannya bisa meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur metabolisme gula darah Anda menjadi lebih baik. Lantas, ibarat apa teh sehat untuk diabetes? Ini petunjuknya.

Teh hijau ternyata bisa menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes



Ketika diabetes menghampiri hidup Anda, rasanya Anda akan disibukkan ihwal cara bagaimana menjaga kadar gula darah harus tetap normal. Meskipun ini kewajiban, jangan buat hal ini jadi sebuah kiprah berat yang membebani hari-hari Anda. Ada satu cara gampang menyenangkan yang bisa membantu Anda mengelola gula darah Anda tetap dalam batas aman, yaitu dengan minum teh.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Diabetes and Metabolism Journal pada tahun 2013, seseorang yang minum enam cangkir teh hijau dalam sehari mempunyai 33 persen lebih kecil kemungkinannya terkena diabetes tipe 2 dibandingkan seseorang yang minum kurang dari secangkir teh hijau dalam seminggu, penelitian ini dilakukan di Jepang. Menurut Suzanne Steinbaum, spesialis jantung dan kepala kesehatan jantung perempuan di rumah sakit Lenox Hill di New York City, melalui reaksi suatu biokimia, teh, terutama teh hijau membantu suatu sel menjadi lebih sensitif, sehingga lebih bisa memetabolisme gula menjadi lebih baik. Teh hijau dianggap baik untuk diabetesi alasannya membantu sistem metabolisme berfungsi lebih baik.

Tidak hanya itu, teh mengandung suatu zat yang disebut polifenol, zat ini merupakan antioksidan yang ditemukan pada setiap tanaman. Polifenol ini bisa membantu mengurangi stres oksidatif, yaitu keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam badan melebihi kapasitas badan untuk menetralkannya. Ketika stres oksidatif terjadi cukup tinggi, jadinya intensitas proses oksidasi sel-sel badan normal menjadi semakin tinggi dan menjadikan kerusakan yang lebih banyak. Polifenol membantu melawan kerusakan ini. Polifenol juga mengakibatkan vasodilatasi (pelebaran arteri), yang bisa menurunkan tekanan darah, mencegah penggumpalan darah, dan mengurangi kolesterol.

Teh juga mengurangi risiko penyakit jantung yang meningkat pada pasien diabetes. Polifenol yang banyak terkandung dalam teh hijau ini sanggup membantu mengatur glukosa dalam tubuh, dan membantu mengendalikan diabetes.

Seperti apa teh yang sehat untuk diabetes?


Pastikah Anda menentukan teh hijau, bukan teh herbal, atau teh hitam. Mengapa harus teh hijau? Karena teh ini mengandung polifenol yang paling tinggi dibandingkan dengan teh hitam, atau teh lainnya. Teh hijau mempunyai kadar polifenol yang lebih tinggi alasannya terbuat dari daun teh yang tidak difermentasikan berbeda dengan teh hitam yang daun tehnya harus melalui proses fermentasi. Menurut sebuah penelitian, teh hijau bisa menurunkan tingkat kadar gula darah pada pasien diabetes.

Jangan tambahkan susu ke dalam teh Anda. Jika ingin tambahkan gula, pastikan Anda gunakan komplemen rendah kalori dan mengandung kromium untuk meningkatkan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membantu diabetesi dalam mengontrol gula darah. Anda bisa menentukan teh dalam bentuk kantung teh, teh tubruk, atau teh bubuk. Namun, kalau Anda bertanya, ‘bentuk’ teh mana yang paling baik, jawabannya ialah teh tubruk. Jadi, tidak usah khawatir, Anda masih bisa tetap meneruskan hobi ngeteh meskipun Anda mempunyai diabetes, dengan catatan, Anda tahu ibarat apa teh sehat untuk diabetes.

Sumber http://kabaralamkita.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Minum Teh Kalau Anda Mengidap Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel