-->

iklan banner

Teori Atom Dan Mekanika Kuantum

Teori Atom dan Mekanika Kuantum – Setelah model atom berkembang, muncul teori gres yang berjulukan mekanika kuantum. Teori ini lebih kompleks dan detail dalam menjelaskan posisi elektron dan energinya. Di dalam teori ini kita akan memahami mekanika kuantum, radiasi elektromagnetik, model atom, dan orbital.


Mekanika Kuantum


Sifat-sifat atom sanggup dijelaskan oleh Max Planc dalam teorinya yang sangat populer yaitu teori kuantum atau mekanika kuantum. Sebelum itu terlebih dahulu kita harus memahami teori wacana gelombang. Getaran yang merambat disebut dengan gelombang. Jika sanggup merambat artinya energi bisa diteruskan. Kecepatannya bergantung pada jenis maupun sifat medium perambatan.


Kecepatan gemlombang juga dipengarhui oleh panjang gelombang, frekuensi, dan amplitudo. Terdapat kekerabatan antara panjang gelombang dengan frekuensi yaitu kecepatan merupakan hasil perkalian dari panjang gelombang dengan frekuensi.


Radiasi Elektromagnetik


Radiasi elektromagnetik sanggup bergerak melalui ruang hampa dengan kecepatan cahaya (300.000 km/s). namun kecepatan ini bisa berubah jikalau medium diubah. Gelombang menyerupai sinar matahari, sinar X, dan gelombang radio merupakan rujukan gelombang elektromagnetik. Panjang gelombang juga bervariasi. Gelombang yang dipancarkan atom atau molekul yaitu gelombang yang pendek.


Jika suatu unsur dipanaskan maka akan memancar cahaya dengan warna yang berbeda-beda. Oleh alasannya yaitu itu didapatkan bahwa setiap unsur menghasilkan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang tertentu. berbeda dengan matahari yang menghasilkan spektrum lengkap (kontinu). Spektrum yang dihasilkan dari atom hanya berupa spektrum garis yang dihasilkan alasannya yaitu atom memancarkan radiasi elektromagnetik.


Menurut Planc, atom hanya menyerap maupun memancarkan energi dalam paket tertentu yang disebut dengan ‘kuanta’, sedangkan ‘kuantum’ yaitu paket gelombang terkecil yang bisa diserap oleh atom. Disinilah risikonya lahir teori mekanika kuantum yang dinyatakan dengan rumus :


E=hf


E yaitu energi, h yaitu tetapan Planck (6,626 × 10–34 J.s), dan f yaitu frekuensi.


Teori niels Bohr juga digunakan, menurutnya, spektrum dihasilkan alasannya yaitu elektron berpindah dari kulit yang berenergi rendah ke energi yang lebih tinggi yang disebut dengan eksitasi. Namun kelemahan teori Bohr yaitu ia hanya sanggup menjelaskan spektrum atom-atom kecil menyerupai hidrogen dan gagal menjelaskan spektrum atom yang mempunyai elektron banyak (Baca: Partikel Penyusun Atom).


 muncul teori gres yang berjulukan mekanika kuantum Teori Atom dan Mekanika Kuantum

Gambar. Beberapa tokoh yang berjasa dalam penelitian atom (Sumber: www.britannica.com)


Model Atom Mekanika Gelombang


Menurut Louis de Broglie, materi sanggup bersifat sebagai partikel dan gelombang (sifat dualisme). Karena sifat dualisme ini, maka letak maupun kecepatan elektron tidak bisa dipastikan. Keadaan inipun dikenal dengan istilah prinsip ketidapastian Heisenberg. Kemudian diketahui bahwa lintasan elektron bukan melingkar menyerupai yang digambarkan Niels Bohr namun mengikuti pola gelombang yang diam.


Seorang ilmuan dari Austria berjulukan Schrödinger menciptakan perhitungan matematika untuk menjelaskan lintasan elektron atau orbital. Kemudian dihasilkan 3 bilangan yang bisa mendeskripsikan orbital elektron menjadi lebih jelas.


1. Bilangan Kuantum Utama (n)


Bilangan kuantum utama dipakai untuk memilih besarnya tingkat energi elektron yang dipakai untuk mencirikan ukuran orbital. Didapatkan bahwa bilangan n ini yaitu bilangan bundar dari 1 sampai tidak terhingga. Misalnya n=1, maka terletak di kulit K, n=2 maka terletak di kulit L, n=3 maka terletak di kulit M.


2. Bilangan Kuantum Azimut (l)


Bilangan ini disebut juga sebagai momentum sudut yang bisa memberi gosip wacana bagaimana bentuk orbital. Nilainya tergantung pada nilai kunatum utama (n). Nilai n tertentu akan menghasilakan bilangan l dari nol hinga n-1.


Misalnya n=1 menjadi 1-1=0, subkulit ini dilampangkan dengan karakter s. Sedangkan n=2 menjadi 2-1=1, subkulit ini dilambangkan dengan karakter p. Jika n=3 menjadi 3-1=2, subkulit ini dilambangkan dengan karakter d. Dan jikalau n=4 menjadi 4-1=3, subkulit ini dilambangkan dengan karakter d.


3. Bilangan Kuantum Magnetik (m)


Bilangan kuantum magnetik sanggup memilih arah orientasi dari suatu orbital di dalam sebuah ruang, dan relatif terhadap orbital lainnya. Bilangan ini sanggup ditunjukkan dengan meletakkan spektrum garis suatu atom tertentu ke dalam medan magnet kemudian menghasilkan spektrum tambahan.


 muncul teori gres yang berjulukan mekanika kuantum Teori Atom dan Mekanika Kuantum


4. Bilangan Kuantum Spin (s)


Bilangan kuantum spin yaitu bilangan kuantum yang tidak terpengaruh momentum sudut. Nilai bilangan kuantum spin yaitu +1/2 atau -1/2.


Baca lanjutan artikel di atas berjudul Konfigurasi Elektron.


Referensi :

Brady, James E. 1990. General Chemistry, (Principles & Structures). New York: John Wiley and Sons.

Chang, R. 2005. Chemistry. 8th ed. New York: Mc-Graw Hill.

Keenan, Charles E. et. al, – Pudjaatmaka. 1999. Ilmu Kimia Universitas (terjemahan). Jakarta: Erlangga.



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teori Atom Dan Mekanika Kuantum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel