-->

iklan banner

Fungsi Sel Secara Umum

Fungsi sel secara umum baik yang merupakan sel tunggal pada organisme bersel satu atau merupakan pecahan dari suatu organisme multiseluler sanggup kita bagi menjadi dua fungsi yakni fungsi dasar dan fungsi khusus (Baca juga: Pengertian Sel).


A. Fungsi dasar


Lauralee Sherwood dalam bukunya Human Physiology: From Cell to Systems menjelaskan bahwa ada beberapa fungsi dasar sel yakni


1. Sel sanggup memperoleh makanan dan oksigen dari lingkungan sekitar.


2. Dari makanan dan oksigen yang ia dapat, (melalui reaksi kimia) sel sanggup menghasilkan energi.


3. Mengeluarkan produk sisa reaksi kimia yang terjadi di dalam badan sel ke lingkungan sekitar.


4. Membentuk protein dan komponen lainnya untuk keperluan pertumbuhan dan perkembangan sel.


5. Melakukan pengontrolan secara lebih banyak didominasi dikala terjadinya pertukaan materi atau zat-zat antara sel dengan lingkungan.


6. Memindahkan materi atau zat-zat antar sel yang satu dengan yang lain.


7. Memiliki kepekaan dan respon terhadap segala perubahan yang terjadi pada lingkungan sekitar, contohnya kandungan nutrisi, kadar pH (tingkat keasaman), temperatur lingkungan dan sebagainya.


8. Sebagian sel sanggup bereproduksi yakni dengan cara membelah diri.


9. Melakukan metabolisme.


Nah, kedelapan hal di atas merupakan fungsi sel secara umum dengan kata lain bahwa banyak sel mempunyai kemiripan fungsi dasar ini.


 baik yang merupakan sel tunggal pada organisme bersel satu atau merupakan pecahan dari sua Fungsi Sel Secara Umum

Contoh gambar sel binatang dan sel tumbuhan (Sumber: mtspantar.wordpress.com)


B. Fungsi Khusus


Fungsi secara khusus hanya terjadi pada sel yang merupakan pecahan dari organisme multiseluler, contohnya manusia. Adanya fungsi khusus ini disebabkan terjadinya klarifikasi terperinci fungsi dasar sel atau terjadinya modifikasi pada sel. Lauralee Sherwood dalam bukunya yang sama menjelaskan beberapa pola fungsi khusus sel ini.


1. Sel-sel kalenjar pada sistem percenaan bisa membentuk protein yang berperan sebagai enzim yang berfungsi untuk menguraikan makanan yang kita makan.


2. Sel ginjal bisa mengontrol pertukaran materi antara sel dengan lingkungannya, contohnya kemampuan untuk menahan materi yang masih diharapkan oleh badan serta mengeluarkan materi yang tidak diharapkan oleh badan ke dalam urin.


3. Adanya kerja sama kemampuan inheren sel otot untuk melaksanakan kontraksi otot.


4. Dengan memakai kemampuan dasar sel yang sanggup merespon perubahan lingkungan di sekitar, sel saraf yang ada di indera pendengaran bisa memberikan info ke saraf sentra (otak) perihal bunyi yang ada di lingkungan sekitar.


Perlu diketahui bahwa sel akan melaksanakan fungsi dasar dan fungsi khusus ini secara bersamaan. Fungsi khusus mempunyai kegunaan untuk menjaga kelangsungan hidup sel itu sendiri sedangkan fungsi khusus mempunyai kegunaan untuk menjaga kelangsungan hidup badan secara keseluruhan. Nah, sehabis mempelajari fungsi sel secara umum ini, Anda bisa membaca perihal struktur sel.


[color-box]Lauralee Sherwood. 2011. Human Physiology: From Cells to Systems. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Tirto Sumule, Jordan. Sel dan Fungsi Sel Manusia. Ditampilkan dalam situs www.academia.edu yang diakses pada tanggal 16 Desember 2015.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Sel Secara Umum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel