-->

iklan banner

Rangka Aksial

Pada rangka manusia terdapat lebih dari 206 tulang. Untuk memudahkan dalam mempelajarinya, maka dibentuk suatu pembagian terstruktur mengenai menurut letak tulang-tulang tersebut terhadap sumbu tubuh sehingga kita sanggup membaginya menjadi dua kelompok yakni rangka aksial dan rangka apendikular.


Seperti pada nama judul halaman ini, kita hanya akan membahas wacana rangka aksial saja sedangkan untuk rangka apendikular akan kita bahas pada halaman selanjutnya.


Apa yang dimaksud dengan rangka aksial itu?


Rangka aksial merupakan rangka yang letaknya di bab tengah tubuh dimana mencakup tulang tengkorak, tulang dada, tulang rusuk (iga) dan tulang belakang. Kerangka tubuh dinamakan juga sebagai skeleton. Oleh jadinya mungkin dalam buku-buku panduan lainnya, Anda akan menemukan istilah skeleton aksial dan skeleton apendikular. Kami harap Anda jangan resah alasannya yakni dua istilah tersebut sama benarnya.


a. Tulang tengkorak


Tulang tengkorak berfungsi melindungi organ tubuh bab dalam menyerupai otak, mata, pengecap dan indera pendengaran bab dalam serta berfungsi untuk membentuk wajah. Di dalam tengkorak terdapat 22 tulang dimana kita bisa membaginya menjadi dua kelompok yakni:


1. Tulang pembentuk bab kepala yang mencakup tulang baji (sfenoid) 2 tulang, tulang tapis (etmoid) 1 tulang, tulang pelipis (temporal) 2 tulang, tulang ubun-ubun (parietal) 2 tulang, tulang dahi (frontal) 1 tulang dan tulang kepala belakang (oksipital) 1 tulang.


2. Tulang penyusun wajah yang mencakup tulang rahang atas (maksila) 2 tulang, tulang rahang bawah (mandibula) 2 tulang, tulang pipi (zigomatikus) 2 tulang, tulang hidung (nasale) 2 tulang, tulang langit-langit (palatinum) 2 tulang, tulang mata (lakrimalis) 2 tulang dan tulang pangkal pengecap 1 tulang.


b. Tulang dada (sterum) dan tulang rusuk (costae)


Tulang dada dan tulang rusuk berfungsi melindungi organ bab dalam menyerupai paru-paru dan jantung. Tulang dada bentuknya pipih dimana terdiri dari 3 bab yakni bab hulu, tubuh dan pundak pedang. Sedangkan tulang rusuk terdiri dari 12 pasang yang mencakup 3 pasang rusuk palsu, 7 pasang rusuk sejati dan 2 pasang rusuk melayang.


d. Tulang belakang


Tulang belakang mempunyai sifat elastis namun sangat berpengaruh bahkan bisa menopang 2/3 dari berat tubuh manusia. Tulang belakang berperan melindungi saraf-saraf yang terdapat pada tulang belakang, menegakkan tubuh kita dan membantu dalam memutar kepala kita.


Ada 33 ruas pada tulang belakang dimana ruas ini membentuk suatu kesatuan tegak memanjang sebagai sumbu tubuh. Tulang belakang tersusun atas beberapa tulang yaitu:


1. Tulang Leher (Servikal) terdiri dari 7 buah tulang yang berperan menopang dan membantu geraknya kepala manusia. Ruas pertama pada tulang ini dinamakan atlas sedangkan ruas kedua pada tulang ini dinamakan sebagai tulang pemutar.


2. Tulang Punggung (Dorsalis) terdiri dari 12 tulang yang sifatnya kaku.


3. Tulang Pinggang (Lumbal) terdiri dari 5 buah tulang.


4. Tulang Sakral (Sakrum) terdiri dari tulang kelangkang (5 buah) dan tulang ekor (4 buah).


Nah, untuk lebih mudahnya memahami wacana rangka aksial ini, coba perhatikan denah di bawah ini yang dibentuk oleh Endang Sri Lestari (halaman 99).


 maka dibentuk suatu pembagian terstruktur mengenai menurut letak tulang Rangka Aksial

Skema pada rangka aksial


[color-box]Fersinand P, fictor dan Moekti Ariebowo.2009. Praktis Belajar Biologi 2: Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam Halaman 56-57. Jakarta: Visindo Media Persada.

Rachmawati, Faidah. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XI Program IPA halaman 56-58. Jakarta: CV. Ricardo.

Sri Lestari, Endang.2009.Biologi 2 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI halaman 96-99. Solo: CV Putra Nugraha.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rangka Aksial"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel