-->

iklan banner

Fungsi Rangka

Fungsi rangka – Setiap makhluk hidup niscaya melaksanakan gerakan dalam tubuhnya. Gerakan ini sanggup sebagai bentuk respon tubuh sebab adanya rangsangan dari luar tubuh contohnya berlari, garuk-garuk, batuk, bersin dan sebagainya. Bahkan dikala insan membisu pun sejatinya serpihan tubuhnya tetap melaksanakan gerakan contohnya detak jantung, peredaran darah, pernapasan dll.


Kita sanggup bergerak sebab adanya kerjasama antara otot dan rangka. Otot sanggup bergerak aktif untuk melaksanakan kontraksi dan relaksasi sedangkan rangka tidak sanggup melaksanakan yang demikian. Oleh sebab otot menempel pada rangka, maka otomatis rangka juga ikut bergerak. Nah, disini fungsi rangka sebagai alat gerak pasifnya saja (Baca juga: Jaringan konektif pada hewan).


Sesuai dengan letak susunannya, rangka sanggup kita bedakan menjadi dua macam yaitu rangka endoskeleton yang terletak di dalam tubuh dan rangka eksoskeleton yang terletak di luar tubuh. Rangka endoskeleton hanya dimiliki oleh binatang vertebrata sedangkan rangka eksoskeleton hanya dimiliki oleh binatang avertebrata atau invertebrata.


 Setiap makhluk hidup niscaya melaksanakan gerakan dalam tubuhnya Fungsi Rangka

Rangka Tubuh Manusia (Sumber: mastugino.blogspot.co.id)


Lalu, apa fungsi rangka bagi tubuh kita?


Nah, fungsi rangka secara umum yaitu sebagai berikut:


a. Tempat melekatnya otot


Otot letaknya menempel pada rangka sehingga keduanya ibarat hidup berdampingan.


b. Sebagai alat gerak pasif.


Rangka berfungsi sebagai alat gerak pasif. Mengapa? sebab rangka hanya sanggup bergerak kalau otot yang menempel pada rangka tersebut melaksanakan kontraksi.


c. Sebagai pelindung bagi organ tubuh yang lemah


Tulang yang mempunyai fungsi ibarat ini semisal tulang dada dan tulang rusuk yang melindungi jantung dan paru-paru. Selain itu juga ada tulang belakang dan


d. Memberikan bentuk pada tubuh


Bentuk tubuh insan dipengaruhi oleh rangka. Cobalah Anda lihat bagian-bagian tubuh kita semisal kepala, tangan, kaki, dada dan sebagainya, niscaya Anda akan menemukan bentuk rangka yang berbeda pula.


e. Menunjang tubuh


Bila dibandingkan dengan berat tubuh kita, maka berat tulang kita jauh lebih ringan. Tapi meskipun begitu, rangka sanggup menopang berat tubuh kita yang bisa mencapai puluhan kilogram. Bahkan rangka sanggup membantu seorang kuli bangunan dalam mengangkat beban yang berat semisal mengangkat kayu, semen, dan sebagainya (Baca juga: Sistem Organ Pada Hewan).


f. Tempat pembentukan sel-sel darah


Sel darah dibuat di dalam sumsum tulang belakang.


g. Sebagai kawasan penimbunan mineral-mineral.


[color-box]Rachmawati, Faidah. 2009. Biologi : untuk SMA/ MA Kelas XI Program IPA halaman 54. Jakarta: CV. Ricardo.

Sri Lestari, Endang.2009.Biologi 2 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas XI halaman 91-92. Solo: CV Putra Nugraha.[/color-box]



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi Rangka"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel