-->

iklan banner

Definisi High Rise Building, Karakteristik Dan Contohnya

Definisi High Rise Building


High rise building atau bangunan tinggi merupakan istilah yang sering dipakai merujuk kepada bangunan yang mempunyai struktur menjulang tinggi atau bangunan dengan jumlah tingkat yang banyak.

Sejatinya penambahan ketinggian sebuah bangunan dilakukan untuk memperluas ruang fungsi dari bangunan tersebut. Beberapa tipologi bangunan tinggi diantaranya yaitu bangunan apartemen dan perkantoran. Hal ini alasannya yaitu dengan penambahan jumlah lantai maka akan mengurangi luas bijak bangunan tersebut sehingga lebih sedikit memakan lahan.

Bangunan tinggi akan ideal ditinggali bila ada lift atau elevator dan tentunya didukung oleh struktur bangunan yang besar lengan berkuasa dan tahan lama.Tanpa adanya live otomatis ini maka akan sangat melelahkan bagi penghuni untuk naik ke lantai yang paling tinggi.

Sebuah bangunan sanggup disebut bangunan tinggi atau high rise building bila bangunan tersebut mempunyai ketinggian 23 meter sampai 150 meter di atas tanah. Jika lebih dari 150 meter maka sanggup disebut gedung pencakar langit atau yang dikenal dengan istilah Skyscraper. Jika tinggi rata-rata sebuah tingkat lantai yaitu 4 meter maka bangunan tinggi setidaknya mempunyai 6 tingkat lantai.

Beberapa definisi mengenai bangunan tinggi dikutip dari Wikipedia yaitu sebagai berikut :

  1. International Conference on Fire Safety in High-Rise Buildings mengartikan bangunan tinggi sebagai "struktur apapun dimana tinggi sanggup mempunyai dampak besar terhadap evakuasi"
  2. New Shorter Oxford English Dictionary mengartikan bangunan tinggi sebagai "bangunan yang mempunyai banyak tingkat"
  3. Massachusetts General Laws mengartikan bangunan tinggi lebih tinggi dari 70 kaki (21 m)
  4. Banyak insinyus, inspektur, arsitek bangunan dan profesi sejenisnya mengartikan bangunan tinggi sebagai bangunan yang mempunyai tinggi setidaknya 75 kaki (23 m).

 

Karakteristik High Rise Building


Bangunan tinggi tentunya mempunyai abjad yang berbeda dengan bangunan yang lebih rendah. Adapun karakteristik dari bangunan tinggi ini yaitu sebagai berikut :

 

1. Tinggi Bangunan

Seperti yang disebutkan diatas sebuah bangunan disebut bangunan tinggi atau high rise building apabila mempunyai ketinggian setidaknya 23 meter atau 6 lantai.bangunan semacam ini sudah banyak ditemukan di kota-kota besar di indonesia.

 

2. Luas Per Lantai

Bangunan tinggi merupakan bangunan yang ekonomis lahan dan biasanya mempunyai luas tapak yang kecil alasannya yaitu titik umumnya luas pantai berkisar antara 750 m2 sampai 1500 meter persegi.

 

3. Tipe Struktur

Sebuah bangunan tinggi harus didukung dengan struktur yang besar lengan berkuasa menahan beban bangunan maupun momen dari ketinggiannya. Ada tiga macam struktur yaitu open frame, flat slab dan bearing wall system. Dari ketiga tipe ini tipe yang paling banyak dipakai yaitu open frame alasannya yaitu lebih efisien dalam penggunaan material.

 

4. Tipikal

Umumnya sketsa lantai bangunan tinggi mempunyai bentuk yang tipikal lurus ke atas.dengan menciptakan lantai yang tipikal ke atas maka akan memudahkan dalam perencanaan dan pelaksanaannya terutama dari segi struktur. Biasanya ukuran lantai akan mengecil keatas untuk menekan moment akhir ketinggian bangunan.

 

5. Keterbatasan Lahan

Bangunan tinggi merupakan salah satu solusi menghadapi problem keterbatasan lahan. Namun dengan keterbatasan lahan ini biasanya bangunan tinggi akan memakai area parkir bertingkat. Dengan keterbatasan lahan maka bangunan tinggi biasanya jarang yang mempunyai landscape yang baik kecuali memakai vertical garden atau sky garden.

 

6. Risiko Angin Dan Gempa

Biasanya bangunan tinggi mempunyai bentuk yang langsing dan tinggi. Secara fisika maka bangunan ini akan sangat dipengaruhi oleh adanya gempa maupun tekanan angin dari sekeliling bangunan. Untuk itu biasanya bangunan tinggi mempunyai sistem aerodinamika yang baik serta struktur yang sanggup bertahan dalam goncangan.

 

7. Resiko Roboh

Semakin tinggi sebuah bangunan maka semakin besar pula resikonya untuk roboh. Berdasarkan hal ini maka pembangunan sebuah high rise building memerlukan perencanaan yang matang dan antisipasi banyak sekali kemungkinan yang sanggup terjadi dikala pelaksanaan konstruksi.

 

8. Kompleksitas Tinggi

Pembangunan sebuah high rise building merupakan pekerjaan yang kompleks alasannya yaitu selain melibatkan banyak pihak, durasi pelaksanaan yang panjang, melibatkan disiplin ilmu yang banyak, berdampak besar kepada lingkungan, dan mempunyai risiko yang sangat tinggi dari segi keselamatan. Sehingga dari banyak sekali jenis bangunan, jenis high rise building merupakan jenis bangunan yang paling kompleks.

 

9. Volume Pekerjaan Yang Besar

Bangunan tinggi dibentuk dengan cara menumpuk banyak sekali material sampai menjelang tinggi ke atas. Dengan jumlah lantai yang banyak maka kebutuhan akan material tentunya sangat banyak sehingga pekerjaan bangunan tinggi merupakan pekerjaan besar.

 

10. Kebutuhan Energi

Bangunan tinggi mempunyai jumlah lantai yang banyak otomatis jumlah penghuninya juga banyak. Hal ini menjadikan kebutuhan akan energi yang sangat besar. Selain energi listrik juga energi dari materi masakan bagi para penghuni bangunan. Sehingga tak jarang banyak tempat makan yang berdiri untuk meladeni penghuni bangunan tinggi.

11. Nilai Arsitektural

Sebuah bangunan tinggi merupakan benda besar yang berdiri diantara jutaan pasang mata di sekitarnya. Sehingga seringkali bangunan tinggi mempunyai nilai  iconic dari sebuah kawasan. Untuk itu diharapkan desain arsitektural yang baik sehingga bangunan terlihat menawan dari segi estetika.

Contoh High Rise Building

Di Indonesia, telah berkembang banyak highrise building dengan bermacam-macam bentuk dan fungsi masing-masing. berikut merupakan referensi High Rise Buiding yang ada di Indonesia :

Four Points by Sheraton Hotel Manado 15 lt
Apartemen The Accent terletak di Jl. M.H. Thamrin, Bintaro Jaya Sektor 7, Tangerang Selatan, Banten 31 lt
Tamansari Panoramic Tower 1 Bandung Apartemen 30 floors 115m
AMG Tower Surabaya 20 lantai
Apartemen Pertamina Balikpapan 24 lt


Credits :
http://manajemenproyekindonesia.com/?p=1440
aciknadzirah.blogspot.com/search?q=high-rise-building-bangunan-tinggi
https://id.wikipedia.org/wiki/Bangunan_tinggi



Sumber http://www.arsitur.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Definisi High Rise Building, Karakteristik Dan Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel