Aki Kering Vs Aki Basah
Aki atau Accu merupakan komponen yang gak kalah penting untuk kendaraan dan sanggup dibilang harus ada, khususnya untuk kendaraan jenis mobil. Tanpa aki kendaraan beroda empat anda tidak akan sanggup di starter, artinya kendaraan beroda empat tanpa aki tidak sanggup digunakan.
Walaupun tanpa aki untuk jenis kendaraan roda dua (motor yang memakai karburator) masih sanggup digunakan, tapi harap diketahui ada beberapa dampak samping yang ditimbulkan jawaban motor tanpa aki. Hal-hal yang mungkin terjadi diantaranya, secara keseluruhan kinerja kelistrikan motor menurun, sistem kelistrikan jadi tidak stabil, kiprok motor cepat rusak, Spul & CDI akan bermasalah, tenaga motor berkurang, bohlam lampu cepat putus, dan lainnya.
Jadi sebaiknya anda tidak menyepelehkan keberadaan aki pada motor maupun mobil.
- Sebagai media penyimpan energi
Aki atau baterai yang terdapat pada kendaraan anda salah satu fungsi utamanya yaitu sebagai penyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Sebagian besar energi listrik yang dialirkan kekomponen kendaraan beroda empat berasal dari aki, untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan perawatan aki supaya tidak cepat rusak.
- Untuk menyuplai energi listik ke starter
Energi listrik yang disimpan dalam bentuk energi kimia tersebut selanjutnya akan disuplai ke starter supaya kendaraan beroda empat sanggup dinyalakan. Kaprikornus kebayang kan, kendaraan beroda empat tanpa aki.
- Menyuplai energi ke belahan pengapian
Sistem pengampian yaitu komponen penting untuk mengerakkan kendaraan beroda empat anda. Jadi, jika sistem pengapian terjadi dilema tentu akan besar lengan berkuasa dan tidak akan berfungsi normal.
- Untuk menyuplai energi ke belahan lampu
Sebenarnya lampu motor yang memakai karburator tanpa aki tetap sanggup hidup, akan tetapi cahaya yang dipancarkan tidak begitu terang, sementara pada lampu sen meski tetap menyala tetapi tidak berkedip.
Selain cahaya yang dipancarkan tidak begitu terang, bolham juga cepat putus. Aki juga berfungsi sebagai stabilisator. Jumlah energi listrik yang dihasilkan oleh spul alternator tidak selalu konstan. Besar-kecilnya energi listrik yang dihasilkan sanggup merusak komponen kelistrikan pada kendaraan anda. Untuk itu dipasangkanlah unit kiprok, selanjutnya kiprok ini akan menyuplai listrik ke komponen yang membutuhkan ajaran listrik. Bila terjadi kelebihan muatan listrik maka akan dibuang/disimpan dalam aki. Disini aki akan menyimpan kelebihan energi ibarat dijelaskan diatas.
Secara umum fungsi utama dari aki yaitu menyimpan sekaligus menyuplai energi ke komponen kendaraan beroda empat atau motor yang membutuhkan sumber listrik supaya sanggup berfungsi secara normal.
Sebenarnya baik aki kering maupun berair tetap sama sama memakai cairan elektroda (air aki). Akan tetapi khusus untuk aki berair cairan yang tersebut lebih padat dan berbentuk gel. Dengan begitu meski terjadi guncangan tidak akan tumpah. Selain itu apa saja yang membedakan kedua jenis aki ini.
Keterangan | Aki Basah | Aki Kering |
Perawatan | Dibutuhkan kontrol secara rutin supaya cairan elektroda diketahui berkurang dan dilakukan penambahan supaya tidak cepat rusak. Berkurangnya cairan ini biasanya sebab penguapan ketika terjadi panas sebab penggunaan aki maupun suhu cuaca yang panas. Baiknya perawatan aki berair dilakukan setiap dua bulan sekali. Tetapi khusus untuk kendaraan operasional ibarat taksi misalnya, sebaiknya dilakukan kontrol sebulan sekali. | Untuk aki kering sebetulnya tidak diharapkan perawatan khusus layaknya aki basah. Anda hanya mengontrol penggunaan aki supaya tidak tekor, ibarat tidak menyalakan kontak kendaraan beroda empat dalam posisi kendaraan beroda empat mati dalam waktu lama. Sebenarnya pada aki kering tetap terjadi penguapan, tetapi sirkulasinya tidak banyak bocor keluar |
Harga | lebih murah | lebih mahal |
Ketahanan | Lebih dari 3 tahun. Bila anda melaksanakan kontrol secara rutin aki berair tahan daripada aki kerin. Aki kering sanggup bertahan lebih dari 3 tahun | Aki kering biasanya harus diganti ketika berumur 2 tahun |
Desain | Lebih transparan. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan kontrol terhadap cairan aki. Selain itu terdapat juga garis sebagai kontrol batas maksimal dan minimum ketika menambah cairan | Tidak transparan dan lebih sederhana.Aki kering dijuluki maintenance free battery sebab tidak dibutuhkan perawatan |
Bila ditanyakan mana yang lebih baik antara aki kering dengan aki basah, jawabannya tergantung pada pemilik kendaraan. Bila kau tipe orang yang suka merawat kendaraan, sebaiknya menentukan jenis aki basah, selain harga lebih murah aki berair lebih tahan lama. Sementara jika kau orang yang super sibuk dan tidak sempat melaksanakan kontrol terhadap hal hal ibarat ini, sebaiknya memakai jenis aki kering, sebab mudah tidak membutuhkan perawatan apapun.
Seperti dijelaskan sebelumnya salah satu fungsi aki untuk menyuplai energi listrik ke starter supaya kendaraan sanggup hidup. Nah bagaimana jika aki tersebut tekor, tentu tidak sanggup lagi menyuplai energi listrik ke starter. Tentu kendaraan beroda empat anda tidak sanggup dihudupkan, sementara motor masih ada starter kaki.
Kesal bukan jika aki kendaraan tekor secara terus menerus. Jadi, apa sebetulnya yang menjadikan aki tersebut menjadi tekor?
Ternyata ini penyebab mengapa aki motor tekor;
- Kurang menjaga kebersihan aki
Menjagai kebersihan aki merupakan belahan dari perawatan aki itu sendiri. Terdengarnya memang spel?, akan tetapi menjaga kebersihan aki tidak kalah penting menjaga kebersihan mesin motor. hal ini dikarenakan aki mempunyai sifat kimiawi, hal ini akan menjadikan rantan terhadap pengkaratan dan mimiliki plak, terlebih pada belahan terminalnya. Bila hal ini sudah terjadi pada aki motor anda, kemungkinan motor akan sulit dinyalakan dan kemungkinan besar anda harus memakai starter kaki supaya motor anda sanggup menyala.
- Pengikat aki terlepat atau rusak
Aki sebagai penyuplai listrik juga membutuhkan komponen mediator ibarat kable dan komponen pengikat dan sekrup guna menyambungkan ajaran listrik ke seluruh belahan motor yang membutuhkan sambungan listrik.
Bila salah satu dari komponen tidak berfungsi atau rusak, maka sanggup dipastikan ajaran listrik dari aki tidak tersambungkan. selain itu, hal ini juga menjadikan aki melemah dan rusak.
- Kurang memperhatikan muatan kapasitas listrik
Tanpa disadari muatan kapasitas listrik pada aki motor sanggup berkurang dalam waktu singkat. Hal ini dikarenakan motor tidak pernah dihidupkan atau selalu dalam keadaan membisu waktu yang lama.
Setiap aki mempunyai kapasitas lsitrik yang majemuk menurut fungsi dan kegunaannya. Sementara untuk kendaraan roda dua saya untuk yang dipakai yaitu aki yang memiiliki kapasitas listrik 3-3.5 ampere dengan tegangan 12 volt.
- Terjadi dilema belahan kiprok
Fungsi kiprok yaitu mengatur pengisian ajaran listrik belahan pada aki motor. Kaprikornus jika kiprok sudah rusak atau tidak berfungsi normal, tentu akan besar lengan berkuasa pada produktivitas kinerja aki. Hal ini tentu saja menjadikan aki jadi soak.
Untuk mengetahui kiprok motor sanggup keadaan bermasalah atau tidak, sanggup dengan cara menghidupkan mesin motor dan lampu utama, selanjutnya gas dengan kecepatan kira-kira 4000-5000 RPM. Bila tegangan listrik kurang atau lebih dari 14-15 volt, maka sanggup dipastikan kiprok motor ada mengalami kerusakan.
- Modifikasi lampu motor
Untuk anda penggemar modfikasi motor khususnya pada belahan lampu, kiranya mengerti mengerti hal ini sanggup menciptakan aki motor anda cepat soak. Hal ini sanggup terjadi sebab variasi lampu yang dipakai untuk motor, mebutuhkan ajaran listrik dengan daya yang lebih besar. Dengan begitu akan menciptakan kinerja akan menjadi tidak seimbang. Hal ibarat ini sanggup diasumsikan ibarat pemasukan tidak sesuai dengan pengeluaran.
Bila kita sudah mengerti penyebab aki motor sering tekor, akan lebih gampang mengantsipasinya.
- Memeriksa kebersihan dan muatan listrik
- Memeriksa umur aki
- Melakukan modifikasi yang sesuai
Lihat juga
Sumber https://www.cekkembali.com
0 Response to "Aki Kering Vs Aki Basah"
Posting Komentar