-->

iklan banner

Pengertian Dan Teladan Majas Simile


Pengertian Dan Contoh Majas simile - Bagi anda yang  sering mengikuti pelajaran bahasa indonesia niscaya pernah mendengar kata majas atau bahkan pernah memperlajari majas. Mungkin ada  sebagian di antara kita yang belum memahami betul mengenai majas. Kadang kita tidak tahu yang kita ucapkan atau tuliskan merupakan bentuk majas hal ini dikarena kita belum mengetahui apa itu majas. Majas ialah sekumpulan bahasa yang mempunyai khiasan dalam gaya bahasa dalam bentuk mulut maupun goresan pena yang di pakai dalam karya atau karangan untuk mewakili pikiran  maupun perasaan si penulis. Apalagi majas mempunyai banyak jenisnya, dan dari jenis majas itu mempunyai turunan lagi. Sehingga kita perlu mempunyai wawasan yang tinggi mengenai majas dan ciri-ciri majas tersebut. salah satu jenis majas yaitu majas simile

 Majas simile ini merupakan turunan dari majas perbandingan. Apa sih yang di maksud dengan majas perbandingan itu? Majas perbandingan yaitu majas yang  berisikan kata-kata kiasan yang berfungsi untuk kesan yang kuat kepada pendengar ataupun pembacanya. Majas perbandingan ini sering kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. majas perbandingan ini mempunyai beberapa turunan salah satunya yaitu majas simile. Lalu apa yang dimaksud dengan majas simile? Baiklah, pribadi saja kita masuk ke dalam pokok pembahasan kita kali ini yaitu majas simile.

Majas simile atau mirip merupakan salah satu majas dalam bahasa Indonesia. Kata simile berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti” seperti”, dalam bahasa melayu simile lebih dikenali sebagai “perempumaan” yang artinya membandingan dua hal yang tidak sama. Majas simile yaitu majas pembanding yang membanding suatu kata yang secara hakiki berbeda tapi di anggap mengandung segi yang serupa. Keserupaan di sini di nyatakan secara eksplisit, secara eksplisit maksudnya yang secara terperinci menerangkan antara kedua h yang diangap serupa. Hal ini dilakukan dengan memakai kata “ seperti, bagai, bak, laksana, dan sebagainya”. majas simile juga sanggup mengunakan sanggup saja dengan kata penghubung contohnya  bagaikan, seperti, layaknya, dan masih banyak lainnya.  majas simile ini termauk dalam turunan majas perbandingan alasannya majas simile mempunyai sifat yang membandingkan.

Dalam pembuatan majas simile sangatlah mudah, dalam kehidupan kita sehari-hari pun sering kita ucapkan atau tuliskan, baik itu tanpa kita sadari dan sadari. Baiklah supaya anda lebih paham mengenai  majas simile ini saya akan memperlihatkan contoh. Berikut pola untuk majas simile.
  1. Persahabatan kami layaknya surat da prangko yang tidak sanggup dipisahkan
  2. Lelaki itu mirip buaya darat
  3. Rambutmu mirip mayang terurai.
  4. Wajahnya mirip rembulan yang bersinar di malam hari.
  5. Kau laksana bulan yang menerangi kegelapan.
  6. Kata-katanya pedas bagaikan cabe rawit
  7. Hubungan kami layaknya rantai yang tak terputuskan.
  8. Andi mempunyai badan mirip tiang yang menjulang tinggi
  9. Watak tomi mirip watu yang sulit untuk dilunakkan
  10. Wajahmu kolam rembulan di malam hari
Pengertian Dan Contoh Majas simile - Bagaimana dengan pemaparan di atas, apakah anda semua sudah memahi mengenai majas simile ini? Semoga saja anda semua menjawab “iya”. Baiklah Seperti yang sudah saya paparkan bahwa majas simile yaitu salah satu majas turunan dari maajs perbandingan. Majas ini menjadi turuann dari majas perbandingan dikarenakan majas simile mempunyai sifat sebagai pembanding.  Jadi, dapatdi tarik kesimpulan bahwa majas simile yaitu majas yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tetapi dianggap mengandng segi yang serupa. Demikian goresan pena ini semoga bermanfaat untk semua yang sedang membutuhkan artikel ini terutama mengenai majas simile. Terimakasih.


Sumber http://pensilaktif.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Dan Teladan Majas Simile"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel