-->

iklan banner

Sengketa Internasional

Dalam kekerabatan antar-negara, terjadinya konflik atau sengketa bukan merupakan hal yang baru. Hal tersebut masuk akal terjadi asal tidak hingga berlarut-larut. Apa sebetulnya konflik atau sengketa internasional tersebut? Hal-hal apakah yang sanggup mengakibatkan terjadinya konflik atau sengketa internasional, Bagaimanakah upaya penyelesaiannya ? Agar lebih jelas, mari kita pahami satu per satu.

Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional
Secara umum sengketa internasional sanggup diartikan sebagai pertengkaran, pertikaian, atau perselisihan di antara anggota masyarakat internasional, baik negara, organisasi internasional, maupun individu.

Ditinjau dari konteks aturan internasional publik, sengketa sanggup didefinisikan sebagai ketidaksepakatan salah satu subjek mengenai sebuah fakta, hukum, atau kebijakan yang kemudian dibantah oleh pihak lain.

Berdasarkan pengertian tersebut, sanggup kita ketahui bahwa sengketa internasional sanggup terjadi antara negara dengan negara, negara dengan individu, negara dengan korporasi asing, dan negara dengan kesatuan kenegaraan bukan negara.

Sengketa internasional tidak terjadi dengan sendirinya. Ada sejumlah faktor yang menjadi latar belakangnya. Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya sengketa internasional ibarat berikut.
  • Kemiskinan dan ketidakadilan. Kedua hal ini sanggup membatasi kesempatan bagi suatu bangsa untuk berkembang dan menjadi negara maju.
  • Perbedaan ras dan agama dalam kaitannya dengan status sosial. Misalnya, sistem kasta dan politik rasial.
  • Ekstremisme, yaitu perilaku dan tindakan yang selalu memaksakan kehendak kepada bangsa lain yang bahkan sanggup merugikan negara.
  • Kontroversi sebagai bentuk proses sosial antara persaingan dan konflik yang merupakan perilaku tidak bahagia baik secara sembunyi atau terus terang.
  • Diskriminasi, yaitu pembatasan terhadap suatu kelompok untuk masuk pada kelompok tertentu.

Selain faktor-faktor tersebut masih terdapat problem lain yang sanggup mengakibatkan adanya sengketa internasional ibarat berikut.
  • Masalah etnis. Sebagai contoh, kerusuhan etnis di negara-negara bekas Uni Soviet dan Yugoslavia.
  • Pelanggaran HAM pada umumnya terjadi hampir di setiap negara.
  • Ancaman pertumbuhan teknologi nuklir, kecuali bila dipakai untuk aktivitas damai.
  • Keadaan penduduk yang sangat cepat cenderung menimbulkan kerusuhan sosial bahkan permusuhan antar-negara.
  • Jumlah pengungsi internasional yang besar akan menimbulkan kekacauan, bahkan revolusi.
  • Merosotnya kualitas sopan santun yang cukup memprihatinkan. Saat ini ialah terjadinya banyak politisi yang menyalahgunakan kewenangan-kewenangan kekuasaan sehingga bertentangan dengan harapan-harapan manusia.

Berbagai pelanggaran terhadap aturan internasional atau perjanjian internasional sanggup mengakibatkan timbulnya sengketa internasional. Contoh sebab-sebab timbulnya sengketa internasional dalam hubungan-nya dengan problem politis dan batas wilayah sebagai berikut.

a. Segi Politis, Adanya Pakta Pertahanan atau Pakta Perdamaian
Pasca Perang Dunia II muncul dua blok kekuatan besar, yaitu Blok Barat (NATO) di bawah pimpinan AS dan Blok Timur (Pakta Warsawa) di bawah pimpinan Uni Soviet. Keduanya saling berebut dampak di bidang ideologi dan ekonomi serta berlomba memperkuat persenjataan. Akibatnya, terjadi konflik di aneka macam negara, contohnya krisis Kuba, Perang Korea hingga muncul Korea Utara yang didukung Blok Timur dan Korea Selatan yang didukung Blok Barat, Perang Kamboja, dan Perang Vietnam.

b. Segi Batas Wilayah
Antar-negara kadang terjadi ketidakpastian mengenai batas wilayah masing-masing. Kasus semacam ini sanggup kita lihat pada ketidakjelasan batas maritim teritorial antara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sipadan dan Ligitan (di Kalimantan), dan perbatasan di Kashmir yang hingga sekarang masih diperdebatkan antara India dengan Pakistan.

Terjadinya sengketa internasional sanggup mengancam perdamaian dan ketertiban dunia. Oleh lantaran itu, sengketa internasional harus segera dicarikan upaya penyelesaiannya. Bagaimanakah upaya penyelesaian sengketa internasional menurut aturan internasional? Pahami dalam uraian singkat pada postingan cara penyelesaian sengketa internasional berikut ini.

Sumber http://pkn-ips.blogspot.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sengketa Internasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel