-->

iklan banner

5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar Dan Banyak

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel-nya? Saya pun sering mengalami hal tersebut dan tips yang ada di artikel ini mudah-mudahan sanggup membantu anda untuk bernavigasi dan mengatur banyaknya data dalam Excel anda.

1. Freeze Pane

Dengan Freeze Pane, anda sanggup ‘membekukan’ baris atau kolom sehingga saat anda melaksanakan scroll ke bawah atas atau kanan kiri, baris dan kolom tersebut tidak bergerak. Hal ini sangat mempunyai kegunaan saat anda sedang mengecek data di Excel di kolom atau baris yang diluar jangkauan layar.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Untuk memakai Freeze Pane, pilih sel dimana baris atau kolom seharusnya dibekukan. Jika sudah, klik sajian View > Freeze Panes. Maka Excel akan membekukan baris dan kolom sesuai sel yang anda pilih sebelumnya.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Jika anda ingin membekukan baris saja atau kolom saja, anda sanggup menentukan “Freeze Top Row” atau “Freeze First Column”.

2. Split

Dengan Split, anda sanggup membagi layar anda 4 bab atau jendela. Dan setiap jendelanya, anda sanggup melaksanakan scroll secara berdikari tanpa mengganggu jendela lainnya. Salah satu fungsinya yakni untuk mengecek bab tertentu dari data anda dan anda sanggup mengubahnya.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Untuk memakai fitur ini, klik sel dimana Excel akan membaginya menjadi 4 jendela. Jika sudah, klik sajian View > Split. Anda tentu sanggup mengatur ukuran setiap jendelanya dengan klik dan geser garis jendelanya.

3. Menambahkan dan menghapus kolom dan baris dengan cepat

Anda sudah final menciptakan tabelnya, namun ada yang tertinggal dan anda harus menambahkan satu baris lagi di antara data-data tersebut. Bagaimana cara anda melakukannya? Caranya sangat mudah.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Yang perlu anda lakukan yakni klik kanan pada nomor baris yang ingin anda tambahkan baris gres diatasnya. Setelah itu, klik “Insert”. Untuk menambahkan kolom baru, lakukan hal yang sama yaitu klik kanan saja di abjad baris dan klik “Insert”. Dan untuk menghapusnya, silahkan pilih opsi “Delete”.

4. Mengubah ukuran kolom atau baris sesuai ukuran data secara otomatis

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak
Data pada kolom Email terpotong alasannya yakni ukuran kolom terlalu kecil

Jika sel yang memuat data terlalu banyak, maka Excel tidak akan menampilkannya. Anda harus mengubah ukuran kolom baris secara manual biar data sanggup muat untuk dimunculkan. Hal ini sangat merepotkan kalau anda mempunyai data yang banyak alasannya yakni anda tidak tahu ukuran kolom atau baris yang ideal untuk memunculkannya.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Namun Excel sanggup mendeteksinya secara otomatis dan mengubah ukuran kolom atau baris dengan mudah. Yang perlu anda lakukan yakni arahkan kursor ke sebelah kanan dari kolom yang ingin anda perbesar menyerupai animasi diatas. Jika sudah, klik dobel dan Excel akan memperbesar ukuran kolom secara otomatis sesuai dengan ukuran data terpanjang. Lakukan hal yang sama untuk baris.

5. Melakukan otomasi terhadap kolom

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Contohnya menyerupai anda mempunyai data mahasiswa beserta nilai dari 2 mata kuliah yaitu matematika dan bahasa inggris. Kemudian, anda ingin mencari tahu rata-rata nilai mahasiswa. Tentu anda tinggal memakai rumus “average” yang ada di Excel. Masalahnya bukan di rumus, namun masalahnya yakni banyaknya jumlah mahasiswa.

Pernahkah anda mempunyai data Excel yang banyak sehingga anda sulit mengatur data Excel 5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar dan Banyak

Tenang saja alasannya yakni anda juga sanggup otomasi seluruh pekerjaan tersebut. Pada kolom rata-rata, gunakan rumus “Average” menyerupai biasa. Kemudian sehabis selesai, klik dobel pada pojok kanan bawah sel tersebut menyerupai animasi diatas. Maka secara otomatis Excel akan melaksanakan rata-rata sampai data paling bawah.

Dengan cara diatas, anda tidak perlu klik dan geser ke bawah alasannya yakni hal tersebut melelahkan, apalagi kalau data anda sangat banyak. Dan tentu anda sanggup melaksanakan hal tersebut tidak hanya untuk rumus “average” saja.

Mengatur data Excel pastinya jauh lebih cepat

Excel memang sangat memudahkan kita dalam mengolah data berbentuk tabel. Yang perlu kita lakukan yakni menemukan cara-cara tersembunyi tersebut, menyerupai tips yang ada di artikel ini. Kami pun mempunyai banyak artikel Excel lain yang mungkin menarik untuk anda baca lebih lanjut.

Lalu, bagaimana berdasarkan anda tips-tips ini? Apakah anda mempunyai tips lainnya? Silahkan beri kesan dan tips lainnya kalau ada di kotak komentar dibawah


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Mengatur Data Excel Yang Besar Dan Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel