-->

iklan banner

Apa Itu Coding Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu manusia. Dibalik kecanggihan tersebut, ada kode mesin yang hanya dimengerti oleh komputer sehingga komputer bisa melaksanakan sesuatu dengan atau tanpa komando dari manusia.

Orang yang menciptakan kode biasa disebut sebagai Programmer atau Developer. Seorang programmer biasanya mempunyai kemampuan spesifik, ibarat menciptakan aplikasi, game, atau situs web. Di artikel ini, anda akan mempelajari apa itu coding dan bagaimana cara kerjanya. Bahkan di artikel ini, saya akan mengajak anda menciptakan aplikasi sederhana dengan memakai kode!

Apa itu Code/Kode?

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kode mesin yang kita sudah bahas sebelumnya bisa menawarkan arahan kepada komputer apa yang harus dilakukan. Jika kita mencoba membacanya, saya jamin anda akan pusing sendiri. Kenapa?

Komputer hanya mengenal 2 angka saja yaitu angka 0 dan angka 1. Kombinasi dari 2 angka tersebut menciptakan komputer sanggup melaksanakan arahan tertentu. Berikut salah satu kode mesin: 01000001. Jika anda membacanya, niscaya anda tidak paham apa maksudnya. Lalu sebenarnya, apa arti kode tersebut?

01000001 kalau diterjemahkan di dalam komputer menjadi “A“. Ya, 8 kombinasi angka 0 dan 1 tersebut kalau diterjemahkan menjadi karakter A saja. Baru saja anda mempelajari kode mesin dan tentu kita bisa mempelajari kode mesin lebih lanjut, namun ada cara yang lebih mudah.

Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman hadir untuk menyederhanakan proses menciptakan aplikasi untuk komputer. Karena menciptakan arahan komputer dengan bermodalkan angka 0 dan 1 saja pastinya yaitu mimpi buruk. Dengan bahasa pemrograman, anda tidak perlu mempelajari kode mesin yang hanya bermodalkan angka 0 dan 1 saja.

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bahasa pemrograman menciptakan pekerjaan menciptakan aplikasi, game, atau situs web menjadi lebih mudah. Karena bahasa pemrograman mempunyai unsur bahasa insan yang biasanya memakai bahasa Inggris. Seperti kode perintah diatas, bahasa pemrograman yang dipakai yaitu bahasa PHP. Kata “echo” sendiri merupakan istilah bahasa Inggris yang artinya “gema” atau “gaung”. Itu artinya, perintah kode diatas mempunyai arti bahwa gemakan atau gaungkan kalimat “ini yaitu situs berbasis bahasa pemrograman PHP”. Jika dijalankan, maka kalimat tersebut akan muncul di layar komputer.

Apa itu Coding?

Coding yaitu proses seorang programmer atau developer dalam mengetik bahasa pemrograman, sehingga komputer sanggup melaksanakan sesuatu berdasarkan kode yang diketik. Seperti teladan sebelumnya, anda menginstruksikan komputer semoga menayangkan sebuah kalimat.

Seorang programmer juga harus teliti dalam menawarkan instruksi. Misalnya saja kita menginstruksikan komputer untuk berhitung dengan menambah angka 1. Namun jangan hingga lupa untuk menginstruksikan komputer untuk berhenti berhitung.

Hasil final dari proses Coding yaitu sebuah produk berupa jadwal atau aplikasi yang bisa dipakai oleh banyak orang yang tidak mengerti coding. Misalnya saja aplikasi Office di komputer anda ibarat Microsoft Word. Aplikasi tersebut juga hasil dari banyak programmer yang terus menerus menambah fitur hingga ketika ini.

Seberapa sulit mempelajari coding?

Layaknya keahlian yang lain, anda juga harus mempelajari dari dasar dan lalu secara perlahan mempelajari hal yang lebih sulit. Sulitnya coding sangat tergantung dari minat ataupun keahlian dasar anda. Jika anda yaitu seseorang yang menyukai permainan puzzle, atau suka berpikir logika, maka coding sangat sempurna untuk anda.

Karena dalam menciptakan jadwal aplikasi, keahlian logika kita sangat dibutuhkan. Namun bukan berarti bagi anda yang jarang bermain dengan logika-logika tidak cocok untuk ngoding. Membuat jadwal dengan kode yaitu sesuatu hal yang semua orang bisa pelajari dan buat.

Semakin anda mempelajarinya, secara tidak eksklusif anda melatih otak anda untuk berpikir kritis dan mengingat pola-pola dalam menciptakan program. Bahkan di beberapa negara ibarat Swedia menciptakan programming menjadi kurikulum yang wajib dipelajari oleh bawah umur kecil. Jika anak kecil saja bisa, anda juga niscaya bisa.

Seperti apa coding tersebut?

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika anda ingin tau bagaimana seorang programmer menciptakan jadwal atau aplikasi, anda bisa dengan gampang mempelajarinya sekarang. Karena kebetulan saya juga yaitu seorang programmer yang menciptakan aplikasi Web.

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Seperti artikel cara menginstall Laravel ini, anda bisa menciptakan Web dengan memakai bahasa pemrograman PHP. Bahasa pemrograman PHP merupakan bahasa pemrograman yang di spesifikasikan khusus untuk web, bahkan situs ini juga dibentuk dengan bahasa pemrograman tersebut.

3 Level pemrograman

Untuk menulis sebuah program, ada 3 level bahasa pemrograman yang bisa kita pakai. Berikut penjelasannya.

1. Machine Language – Bahasa Mesin

Secara tidak langsung, kita sudah membahas bahasa mesin sebelumnya. Ya, mesin hanya mengenal angka 0 dan 1 saja. Bahasa mesin merupakan bahasa dengan level terendah alasannya yaitu sangat sulit menciptakan kode hanya bermodalkan 0 dan 1 saja. Bisa dikatakan sangat tidak mungkin insan sanggup menciptakan jadwal jadi memakai bahasa mesin. Oleh alasannya yaitu itu, ada level lainnya.

2. Assembly Language – Bahasa Assembly

Bahasa Assembly bisa menjadi balasan semoga programmer bisa menciptakan jadwal lebih cepat. Dengan bahasa ini, programmer sanggup menyimpan konstanta atau data lain yang bisa dipakai di kawasan lain. Misalnya saja pi = 3,14. Anda hanya tinggal memanggil pi saja tanpa harus mengetik 3,14.

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Bisa dilihat pada gambar diatas, kode tersebut merupakan bahasa Assembly. Kode yang banyak tersebut fungsinya hanyalah memunculkan kata “Hello World” saja! Namun jangan berkecil hati, alasannya yaitu ada 1 level lagi yang menciptakan mencar ilmu bahasa pemrograman menyenangkan.

Bahasa Assembly merupakan Low Level Programming Language atau Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

3. High Level Programming Language – Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu bahasa pemrograman dengan yang sangat gampang dimengerti dan dipelajari alasannya yaitu banyak sekali elemen memakai bahasa manusia. Bahasa insan yang paling banyak dipakai dalam bahasa pemrograman yaitu bahasa Inggris.

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Seperti misalnya kode diatas. Nama bahasa pemrogramannya yaitu Phython. Saat ini, Phython merupakan bahasa pemrograman yang paling gampang dipelajari dan bisa dilihat pada gambar diatas. Bagian atas merupakan kode Phython dan dibawahnya yaitu hasil eksekusinya. Cukup mengetik perintah “Print” dimana artinya yaitu “Cetak” diiringi oleh “Hello, Phython!”. Artinya, kode tersebut memerintahkan komputer mencetak kalimat tersebut. Sangat gampang bukan?

Komputer merupakan benda canggih yang bisa melaksanakan banyak hal untuk membantu insan Apa itu Coding dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Contoh lainnya yaitu bahasa pemrograman C++. Kalau dibandingkan dengan Phython, sangat jauh sekali tingkat kerumitannya alasannya yaitu C++ mempunyai cara tersendiri. Jika Phython memakai perintah “Print”, C++ memakai perintah “cout” untuk mengeluarkan kalimat. Intinya, 2 bahasa pemrograman tersebut memakai bahasa manusia.

Dalam hal fasilitas dalam menciptakan program, bahasa tingkat tinggi jauh lebih gampang dibandingkan bahasa Assembly. Namun kekurangannya yaitu anda kontrolnya lebih rendah dibandingkan bahasa Assembly. Bahasa Assembly lebih luwes dan sanggup menyentuh hal terkecil sekalipun.

Terjawab sudah apa itu Coding

Menjadi seorang programmer di Indonesia ketika ini yaitu pilihan yang tepat. Karena bahkan Indonesia ketika ini sangat kekurangan programmer berdasarkan artikel dari CNN Indonesia. Jika anda mempunyai anak, mengarahkan anak anda menjadi seorang programmer yaitu pilihan yang tepat. Apalagi Indonesia kini memasuki periode digital Industri 4.0 yang digaungkan oleh presiden.

Lalu, bagaimana berdasarkan anda artikel apa itu Coding? Apakah masih ada pertanyaan di benak anda? Silahkan ketik di kotak komentar dibawah.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Itu Coding Dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel