-->

iklan banner

Bagian 3 Berguru Menciptakan Film Animasi Untuk Anak Sd

Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD ini merupakan kelanjutan dari dua tutorial sebelumnya. Pada bab terdahulu sudah dibahas mengenai pengetahuan umum mengenai knowledge pembelajaran animasi sederhana untuk siswa di level Sekolah Dasar, dan dilanjutkan dengan proses menganimasi disain abjad memakai aplikasi yang sanggup dipakai untuk nganimasi dan gampang dipelajari oleh anak usia SD tadi, pilihan yang sempurna yaitu memakai aplikasi presentation buatan Microsoft, yaitu Microsoft Office Powerpoint.

Mungkin sebagain pembaca ada yang belum mengetahui bahwa pada aplikasi Powerpoint terdapat tools yang sanggup dipakai untuk nganimasi (bahasa proteksi dari Mas Be, salah seorang pakar animasi Indonesia), atau mungkin sudah tau tapi gres menggunakannya hanya untuk keperluan menciptakan slide presentasi menyerupai menggerakan teks dan gambar secara biasa saja, padahal melalui tool Custom Animations kita sanggup menciptakan gerakan-gerakan sesuai prinsip animasi yang umumnya itu sanggup dilakukan memakai software canggih menyerupai Flash dan sejenisnya. Buktinya, film animasi sederhana pada tutorial ini sanggup anda buat hanya memakai aplikasi Powerpoint untuk nganimasinya.

Supaya tutorial ini sanggup pembaca pahami secara utuh, sebaiknya lihat dua tutorial sebelumnya, mulai dari tutorial yang ini; Belajar menciptakan film animasi untuk anak SD bab ke-2.

Membuat Adegan Mendebarkan Film Animasi

Headingnya serem ya, menciptakan adegan mendebarkan. Dalam alur dongeng mungkin ini disebut bab penting dari cerita, dimana tokoh utama memerankan adegan yang menciptakan penonton berdebar-debar, atau minimal fokus pada adegan tersebut sebelum karenanya menghela nafas sehabis adegan tersebut selesai. Serius banget ya….?

Storyboard Animasi

Sesuai alur cerita, dimana tokoh protagonis bertemu tokoh antagonis, yang karenanya terjadilah perkelahian antara dua abjad tersebut. Alur ceritanya sanggup dilihat pada tutorial bab satu dan dua. Tapi untuk mempermudah penafsiran, atau penggambaran, mari kita lihat storyboard panelnya berikut ini.

Dari storyboard diatas, berikutnya tinggal kita lanjutkan proses nganimasinya menyerupai langkah-langkah nganimasi memakai powerpoint dibawah ini;

 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD

Menganimasi Karakter Sesuai Storyboard

Ikuti tahapan menganimasi dua abjad animasi berikut;

1). Buat slide ke 4 dengan layout Blank
2). Klik Insert, pilih Picture, pilih gambar background dan dua abjad (gambar tersebut sudah disediakan sebelumnya), kemudian lakukan pengaturan semoga background menutupi semua area slide.
3). Pada Add Effect, pilih Entrance, pilih More Effects, pilih Appear.

 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD4). Pada Start, pilih With Previous.
Pada Advanced Timeline, geser timeline hingga ke angka 1.0s

 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD4). Tambahkan gambar imbas bayangan yang sudah disediakan, atur hingga dengan posisi menyerupai dibawah ini. Kemudian beri efek, pada Add Effect, pilih Entrance, pilih Appear. Pada Start, pilih With Previous.
 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD5). Tambahkan gambar petir yang juga sudah disediakan sebelumnya. Klik Add Effect, pilih Exit, pilih Disappear. Pada Start pilih With Previous.
 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD6). Tambahkan gambar bayangan yang sudah disediakan sebelumnya, dan atur posisinya hingga sempurna menyerupai dibawah ini. Kemudian beri efek, pada Add Effect, pilih Entrance, pilih Appear. Pada Start, pilih With Previous.
 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD7). Kemudian secara bersamaan tekan Shift, klik gambar petir dan bayangan, beri imbas dengan cara klik Add Effect, pilih Exit, pilih Disappear. Jangan lupa, pada Start, pilih With Previous.
8). Tambahkan gambar petir diatas kepala abjad protagonis, tapi dibentuk terbalik arahnya dari gambar petir pada tokoh antagonis. Caranya tinggal copy gambar petir pertama terus Paste, letakan diatas abjad protagonis, kemudan rubah arah (dibalik).
9). Tambahkan pula bayangan dengan cara yang sama menyerupai menambahkan gambar petir. Tinggal copy dan paste, kemudian dibalik arahnya, menyerupai tampilan dibawah ini.
10). Kemudian secara bersamaan tekan tombol Shift pada keyboard, klik gambar petir 2 dan gambar bayangan 2. Klik Add Effect, pilih Entrance, pilih Appear. Pada Star pilih With Previous. Dan pada Advanced Timeline, geser timeline ke posisi 0.3s.

 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD
10). Langkah berikutnya,  secara bersamaan tekan tombol Shift pada keyboard, klik gambar petir 2 dan gambar bayangan 2. Klik Add Effect, pilih Exit, pilih Disappear. Pada Star pilih With Previous. Dan pada Advanced Timeline, geser timeline ke posisi 3.5s.
 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD Bagian 3 Belajar Membuat Film Animasi Untuk Anak SD11). Simpan perubahan, dan untuk mengetahui hasil, tekan tombol F5 pada keyboard.

Tentang Efek Animasi

Ada beberapa imbas animasi yang dipakai dalam menganimasi abjad pada tutorial bab ke 3 ini. Efekn animasi tersebut yaitu; Efek Entrance Appear, dan imbas Exit Disappear.

Fungsi imbas entrance appear, ialah untuk memunculkan objek, dari tidak ada objek menjadi ada. Pada teladan diatas, pada objek petir dan bayangan satu. Semula tidak ada petir dan bayangan, hanya ada dua abjad bintang film protagonis dan antagonis saja.

Sedangkan fungsi imbas Exit Disappear, kebalikan dari entrance appear. Yaitu menghilangkan objek, dari ada ke tiada, atau menghilang.

Untuk menciptakan imbas petir sendiri, gotong royong kita tidak perlu menciptakan gambar petir terlebih dahulu. Kita sanggup membuatnya dengan memakai Shapes Freeform, dan memberinya imbas Entrance Wedge, dengan penambahan animasi awan memakai imbas flash bulb.

Lanjut ke Bagian 4 Belajar embuat film animasi untuk anak SD

Demikian tutorial bab ke 3 mencar ilmu menciptakan film animasi untuk anak SD ini, mudah-udahan membantu teman-teman pembaca semuanya. Terutama teman-teman guru TIK/ mulok komputer di Sekolah Dasar, dan mungkin para orang bau tanah siswa yang ingin mengajarkan sendiri pembelajaran ilmu komputer kepada anaknya.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagian 3 Berguru Menciptakan Film Animasi Untuk Anak Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel